APA YANG KAU INGINKAN, NAK ?


“Langkah pertama untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan dalam hidup adalah ; putuskan apa yang kamu inginkan ”
Yups! Kata – kata itu pernah aku baca pada sebuah tabloid beberapa tahun yang lalu. Kata – kata itu pula yang sering aku tanamkan kepada anak sulungku : Alifa Aulia, yang bulan September besok genap berusia 12 tahun, sebagai anak sulung, aku menginginkan dia menjadi contoh buat adiknya kelak.

Menjelang ujian akhir di sekolahnya beberapa bulan lalu, aku tanyakan berkali – kali mau meneruskan sekolah menengah pertamanya di mana ?Diapun menjawab dengan mantab, memilih sekolah terbaik di kota kami. Akupun mengangguk setuju, dan selalu mengingatkan agar selalu belajar, mengurangi jam bermain, mengikuti beberapa macam les mata pelajaran yang di UAN kan, dengan harapan memperoleh nilai bagus agar mendapatkan sekolah impianya.

Dari beberapa latihan ujian, hasil nilainya cukup baik, akupun optimis dengan hasil ini, dan aku anggap mampu untuk mengerjakan soal – soal ujian akhir nanti. Hari ujianpun tiba, semua berjalan lancar seperti biasa, dengan harap – harap cemas menanti nilai akhir ujianya sebagai penentu bisa tidaknya masuk sekolah terbaik. Dan hari pengumumanpun tiba, betapa kecewanya aku, nilai akhir malah turun dari hasil nilai latihan ujian, aku tak mampu sembunyikan rasa kecewa itu, memberitahu dia pun rasanya tak tega. Dengan dikuat – kuatkan akhirnya kuberitahu pelan – pelan…kecewa di wajahnya membuat aku harus berpikir lain dan mengoreksi diri sendiri, bisa jadi aku ikut andil dalam hasil ini, mungkin aku terlalu membenani dia dengan banyak tuntutan, sehingga hasilnya tak maksimal. Entahlah yang jelas aku juga merasa ikut bersalah.

Ini salah satu pelajaran berharga buat aku, karena dengan memberikan banyak tuntutan kepada anak berefek tidak baik.
Untuk membesarkan hatinya, berkali – kali kukatakan padanya bahwa : Kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh nilai sekolah baik dan bersekolah di sekolah terbaik, ada banyak hal yang membuat seseorang bisa sukses, tetaplah belajar dengan tekun,berlatihlah ketrampilan yang kamu suka, capailah cita – citamu.. tetap putuskan apa yang kamu inginkan kelak..walau jalan masih teramat panjang untuk kau tempuh.dan tetaplah ceria dengan masa kanak – kanakmu.

10 pemikiran pada “APA YANG KAU INGINKAN, NAK ?

  1. memang benar mbak, kesuksesan seseorang nantinya bukan ditentukan oleh nilai sekolah

    aku ajdi inget murid muridku dulu mbak, ada yg mengeluh capek karena seminggu harus menjalani berbagai macam les, jadi tempat curhat deh aku dulu sama murid muridku

    oh ya mbak, kalau ndak keberatan, bisakah ceritanya dipotong potong dalam beberapa paragraf, biar enak membacanya, ini hanya usul lho mbak, jgn marah ya

    • Betul banget Mbak..itu jg aku tanamkan ke anak..biar ga merasa kecil hati.

      O, Iya Mbak Ely dulu kan Bu Guru ya, jadi pasti lebih tau .permasalahan dan jiwa murid2 seusia anaku, pasti jadi guru favorit semua murid. ya..^_^

      Aku ga bakalan marah Mbak, wong mau pinter kok marah2 hehehe..selain cepet tua juga ga pinter2 deh.. 🙂
      Nanti coba aku sunting lagi..
      Mbak, biar kayak punya Mbak yg dipotong tulisanya..trus continue reading..gmn caranya ya ? Yg postingan sebelumnya aku format galeri jadi, tp postingan tadi kok ga bisa di format ya..
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. Betul Mbak, itu juga yang selalu aku tanamkan ke anak – anak.

    O, iya Mbak Ely Bu Guru juga ya..pasti lebih bisa memahami jiwa mereka. Wah pasti jadi Guru favorit semua murid nih ! ^_^

    •‧::‧• ♥♏ªƙªsίђ♥ •‧::‧• lho Mbak aku banyak di kasih masukan, lah ga bakalan marah…selain cepet tua, nanti ga pinter – pinter ngeblognya hehehe…Aku coba sunting lagi, biar agak rapi.

    Mbak, kalo bikin ..postingan di potong ..continue reading..bgmn caranya ? Postingan yg terdahulu aku format galeri bisa, tp yg ini kok enggak ya ? 😦

  3. nggak tahu ya mbak, apa aku dulu di mata muridku guru favorit

    sekarang jadi cantik postingannya mbak, terus aku nggak ngos ngosan baca krn nggak ada jedanya, skrg enka dibaca mbak

    bentar ya mbak, tak lihat dulu , nanti Insya Allah tak beritahu lagi di sini gimana caranya

  4. ini caranya mbak

    1. masuk dasbor
    2. klik tulisan baru
    3. terus mbak Lies nulis apa yg mau ditulis sampai selesai
    4. di pojok atas kanan khan ada tulisan visual sama HTML ya, mbak Lies klik yang visual
    5. terus mbak Lies pilih sampai kalimat mana yang akan ditampilakan di postingan dan akan dipotong itu, terus diklik diakhir kalimatnya
    6. lalu lihat di di atas itu khan ada byk kotak kotak kecil yg diawali dgn kotak dgn tulisan *B*
    dihitung dari kiri ya mbak yg dari kotak *B* itu , mbak Lies klik kotak yg ke 12, nanti muncul deh kata*more* di dalam postingannya mbak Lies
    6.postingan bisa langsung diterbitkan dan akan keluar deh kata tobe continued itu

    ini berlaku cuma buat postingan baru ya mbak, postingan lama dah ndak bisa, nanti andia gagal, dihapus lagi postingannya mbak, dan dicoba lagi

    semoga membantu ya mbak, pasti mbak Lies bisa deh

  5. Mbak ELyyyyyy…اَلْحَمْدُلِلّهِ kabarnya baik…cuma belum coba pelajaran dari Mbak Ely…belum sempet buka komputer,,lagi sibuk cari sekolah anak2 Mbak…,aku coba pake smartphone a d fitur dashboard ga ada. Unggah / sisip…trus aku download WP for. . Udah ada unggah tp di publish ga bisa jg…hiks !

    • semoga sukses dgn pencarian sekolah buat anak anaknya ya mbak, santai aja mbak, ntar kalau ada waktu luang aja dicoba lagi

      mungkin gambarnya nggak kepublish krn nyelip di pustaka mbak, coba deh ke dasbor di sana ada media, terus klik pustaka, kali gambarnya nyangkut di sana

      atau kalau gambarnya nggak muncul muncul mungkin ukuran gambarnya terlalu besar mbak, aku biasannya foto tak kecilkan dulu mbak, jadi cepet dan nggak lama pas diungguh

  6. Alhamdulillahh anak-anak udah dapat sekolah Mbak, yg Mbarep dapat SMP Negeri yg ga jauh dari rumah, Adiknya jg dapat SD Negeri yg ga jauh jg dari rumahِ .

    Iya ..nanti klo waktu luang aku coba lagi dan lagi…gemes ga bisa2 :p”̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ..”̮ :p

    Mungkin juga ya, nyangkut di Pustaka..coba nanti tak cari2…

    Aku senengnya beberapa foto aku jadikan satu frame, kayak foto2 Mbak Ely. Itu, karena otomatis filenya jadi kecil…jadi cepet di unggahnya.

    Tapi untuk unggah di blog belum sukses. Juga. 😦

Tinggalkan Balasan

