ADA APA DENGAN BUNGA SEPATU ?


Bunga sepatu di jendelaku

Cuma satu !

Tapi kulihat sperti seribu

Karena kau tersenyum hanya untuku.

Yap ! Itu sebaris syair yang aku tulis di halaman depan buku sekolahku, semasa aku masih berseragam putih abu – abu dan duduk dibangku kelas satu SMU. Saat untuk pertama kalinya naksir seorang cowok  dan jatuh cinta diam _ diam  tanpa pernah dia tahu.:)

Tapi bukan cinta putih abu – abu ataupun tentang  Cinta Lama yang  Belum Kelar – kelar alias Ce El Be Ka , yang mau aku ceritakan di sini. Bukan banget pokoknya. Tapi tentang bunga sepatu yang sebenarnya, yang banyak tumbuh di sekitar tempat tinggalku sebagai tanaman pembatas pekarangan ataupun kebun .

bunga sepatu yang cuma empat, tapi kulihat seperti seribu 🙂

Padahal di rumah Mamaku sana, dulu aku sengaja menanamnya di dekat jendela kamarku, itupun dengan susah payah numbuhnya, eh sekarang di sini malah bertebaran di mana – mana. Terus apa dong yang mau diceritakan ? Jadi ,ternyata bunga sepatu yang sederhana namun cantik itu, banyak banget manfaatnya lho.

Dari batang, daun, akar  dan bunganya semuanya bermanfaat antara lain :

1. Tanaman yang mengeluarkan lendir apabila ditumbuk ini ternyata berkhasiat  untuk menurunkan panas dalam .

2. Zat – zat yang terkandung dalam bunga ini mampu bertindak sebagai anti oksidan dan berfungsi menetralisir radikal bebas.

3. Ekstrak etanol dari bunga sepatu bisa menghambat pertumbuhan rambut, jadi tak perlu wax lagi kan, tinggal oles – oles bunga sepatu aja di bagian yang perlu di wax. Murah dan mudah bukan ?

4. Bisa di buat teh  untuk penderita diabetes.

5. Mengatasi siklus haid yang tidak teratur

6. Sebagai obat flu

7. Dan tentu masih banyak lagi, yang bisa kawan cari di negeri pakde gugel.

Yang jelas aku sangat menyukai bunga sepatu ini dari dulu, selain karena bentuknya sederhana namun cantik, juga warna – warnanya segar ceria, pernah dulu punya cita – cita punya tanaman ini dengan koleksi beberapa warna yang pernah kutemui ada merah segar, merah fuschia, kuning, oranye pucat, putih dan  pink.

Tapi untuk sementara ini aku  cukup puas memandangi bunga sepatu yang ada di pagar pembatas pekarangan dan kebun milik tetanggaku ini dulu deh.:)

Iklan

15 pemikiran pada “ADA APA DENGAN BUNGA SEPATU ?

  1. suit .. suit .. lagi ingat pujaan hati wkt SMA ya mbak ? 😛 .. aduh … pasti asyik ya mbak kalau dibikin postingan berantai ttg gebetan jaman SMA dulu hahahhahaha

    bunga sepatunya cantik sekali mbak, di sini juga ada kembang itu mbak dijual di toko bunga

    • Hahahahaha….lucu ya Mbak kalo inget cinta jaman dulu, gak pernah sampe tuh cintanya karena malu dan takut juga sama ortu, karena doktrinya kan gak boleh pacaran hahahaha.

      Kalo di bikin postingan berantai ttg cinta jadul, kira – kira kupingku di jewer enggak ya, sama Bapake hehehehe

      Wah di Jerman jadi kembang mahal ya Mbak ? Padahal kalo di Indo banyak banget macamnya ..eh kalo di Malaysia malah jadi bunga. Nasional lho, keren ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s