KETIKA ADEK BELAJAR VOCABULARY


Mengenalkan beberapa kosa kata dalam  bahasa Inggris ke Jagoan kecilku,  bukan berarti aku akan mencetak anak bilingual lho, ini semata – mata karena memang di SDnya mulai kelas satu sudah ada mata pelajaran Bahasa Inggris, yang kebetulan minggu kemarin di adakan tes tengah semester.

Bagus juga sih ya, mengenalkan bahasa asing di usia dini seperti ini, cuma yang agak bikin repot, karena masih di kelas satu yang membaca dalam teks bahasa Indonesia saja masih terbata – bata apalagi membaca dalam teks bahasa Inggris yang antara tulisa dan pengucapanya berbeda, sedangkan masing – masing anak mempunyai kemampuan yang berbeda – beda.

Padahal jamanku dulu, pelajaran Bahasa Inggris baru mulai diperkenalkan di kelas satu SMP, itupun juga pertama – tama belajar kosa kata benda yang gak jauh – jauh dari ruangan  kelas, misalnya, buku, meja, papan tulis, lemari, kursi, pulpen , kapur dan lain sebagainya.  Lain dulu lain sekarang memang.

Beruntung si kecilku ini meski belum paham benar dengan bahasa Inggris, tapi untuk menyebutkan bermacam – macam hewan dalam bahasa Inggris  cukup membuatku heran juga, dia bisa hapal luar kepala misalnya ayam, itik, macan, kuda, gajah sapi, keledai , kalkun, kelinci, anjing, kucing, tikus, sapi, kerbau dan lain – lain, apalagi bila ditanya domba itu bahasa Inggrisnya apa ya , Dek? Jawabnya pasti secepat dia minta uang jajan ke Ibunya, maklum penggemar berat sondeship..hehehehe    # sama banget kayak Ncit anaknya Kang Rawins.

Yang agak aneh , dia agak susah untuk menghafalkan anggota keluarga ato anggota badan dalam bahasa Inggris , pasti ke balik – balik dan bingung. Iya betul si kecilku ini bisa fokus belajar hanya pada sesuatu yang dia sukai, misalnya ya, nama – nama hewan itu,karena dari kecil memang dia sangat tertarik dengan bermacam – macam hewan yang ada di sekitarnya. Lha wong kalo di tanya cita – citanya kelak mau jadi apa pasti jawabanya gak pernah berubah : ‘ Mau jadi juragan sapi !’ Nah tuh, unik kan ?

Adek belajar vocabulary

Disisi lain, ternyata si kecilku ini kuat dalam pelajaran berhitung, dia bisa cepat sekali mengerjakan  soal berhitung dan jawabanya selalu benar dan selalu mendapat nilai 100 dari Ibu Gurunya. Kayaknya gak salah deh, kalo dia punya cita – cita jadi juragan sapi karena kan perlu juga hitungan yang  cepat dan akurat . Berbanding terbalik deh, dengan  Ibunya yang lemot dalam berhitung, apalagi kalo liat isi lemari dapur yang spacenya mulai terang benderang, alias mulai kosong bisa – bisa hitung – hitunganya ngaco dan mbleber ke mana -mana. 🙂

Lain anak tentu lain pula kemampuanya, begitu juga kemampuan antara Adek dan  Mbaknya, tapi apapun perbedaan kemampuan masing – masing itu, menurutku tetap yang terpenting memberikan landasan pendidikan karakter yang baik yang berlandaskan agama, sebagai pondasi pembentukan mental dan karakter anak – anak sejak dini, sehingga fenomena penyimpangan perilaku sosial dan keagamaan yang sekarang sering terjadi di harapkan tidak akan terulang lagi di masa mendatang. Semoga.

Iklan

24 pemikiran pada “KETIKA ADEK BELAJAR VOCABULARY

  1. anak sekarang lebih beruntung mbak belajar sangat mudah. dengan ditemukan jarimatika atau sempoa. Anakku yang no. 4 juga baru kelas satu begitu mudahnya berhitung kalau belanja. pernah ku ajak ke mall untuk belanja. Ia tak mau kubelikan dua baju. ia hanya mau beli satu baju saja.ia pilih sendiri. he he memilihnya bukan bagus dan tidaknya baju trsbut. Melainkan berdasrkan tarifnya. Barulah saya tahu maksudnya setelah di kasir. Bahwa ia milih baju dengan mebaca tarifnya agar ia dapat kembalian uang yang banyak. Maklum ia beli dari uang tabungannya mbak lies maka ia gak mau uangnya habis-bis.

  2. hihihi sama, aku dulu kenal bahasa inggris baru di kelas 1 smp. Kadang kasihan klo lihat kurikulum anak2 sekarang, banyak dan beraaat

    • Beban anak2 sekarang juga lebih berat ya Mbak…waktu bermainya juga sangat kurang, karena di sibukan dengan macam2 les agar tak tertinggal dengan teman2nya….perasaan aku mengalami les pelajaran ketika sudah SMP lho.. 🙂

    • Bukan males lagi Mbak, tapi berat maen layang – layang…. # pernah ketauan temen sekelas, besoknya langsung di ejek abis2 an huhuhuhu ..cah wedok kok ngoyak layangan hahahaha

  3. Menurut aku gak apa juga sih mbak ngenalin bahasa asing ke anak sedini mungkin, anak bisa cerdas berbahasa akan sangat berguna buat dia kelak…..

    Aih, si adik pinter deh, kecil2 dah tau aja tujuan hidupnya pengen jadi apa. Salut!

    • Betul juga Jeng… Mudah2an dia bisa dan mampu mengikuti pelajaran ini dengan baik.

      Adek nih, cita – citanya unik banget..yg denger pasti tersenyum, termasuk guru TKnya dulu..

  4. Aku suka ini mbak! 🙂
    yang terpenting memberikan landasan pendidikan karakter yang baik yang berlandaskan agama, sebagai pondasi pembentukan mental dan karakter anak – anak sejak dini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s