WEEKLY PHOTO CHALLENGE : Geometry


Kalo mendengar kata geometri, anganku langsung melayang ke bentuk – bentuk bangun ruang beserta  rumus yang njlimet – njlimet itu. Sampe – sampe dulu jaman SMP atau SMA tak tulis di kertas kecil – kecil yang dibikin semacam notes untuk ngapalin rumus – rumus tersebut. Pernah terlintas untuk membuat contekan  rumus untuk mengerjakan soal yang super sulit menurutku, tapi ternyata yang ada malah keringat dingin yang mengalir deras dari jidat dan punggung saking takut dan gemetar mau nyontek. Alhasil tak jadilah aku menyontek  ulangan geometri di hari itu. 

Dalam pikiran kecilku dulu buat apa sih bangun ruang bersegi – segi yang kadang – kadang gak jelas berapa banyak seginya kayak gitu, di itung – itung segala, mana susah pula hahaha. Tapi  seiring dengan bertambahnya usia dan ilmu pengetahuan, ternyata memang banyak banget kegunaanya ilmu tung – menghitung geometri . Apalagi untuk urusan membangun suatu kontruksi bangunan dan semacamnya, dipakailah ilmu ini untuk menghitungnya.

Dulu sebelum Bapak pensiun, sering kulihat Beliau menggambar suatu rencana bangunan lengkap  dengan perhitungannya. Di mataku Beliau jago banget matematika, sering aku kecil menemani beliau  mengerjakan tugas dari kantornya sampai larut malam, meskipun aku selalu terlelap lebih dulu di kursi panjang sebelah meja gambar Bapak, sebelum Beliau selesai mengerjakan tugasnya. 🙂

Dan di usianya yang hampir 75 tahun, Beliau masih sanggup mengerjakan proyek – proyek kecil dari desa atau kelurahan, meski gak serumit pekerjaanya dulu, lagi tapi tetep aja membutuhkan hitungan – hitungan yang gak mudah bukan, secara usia Beliau sudah usia senja tapi ingatanya masih sangat tajam.

Cuma sayangnya kok gak nurun ke aku ya, jago ngitungnya itu 😦

Geometri dari sebuah kanopi

Kawan, susahkah pelajaran geometri itu menurutmu ?

Iklan

30 pemikiran pada “WEEKLY PHOTO CHALLENGE : Geometry

  1. bangun ruang tu ga sulit asal tau rumusnya :mrgreen:
    babenya mbak lies arsitek toh?!
    *cita2 saya dulu saat masih sekolah yg ga kesampaian 😦

  2. Yap ! kalo tau rumusnya tinggal masuk2in angka2nya yaa..beres deh 🙂

    Bapak cuma sekolah di teknik bangunan, jaman dulu jarang sekali yang melanjutkan sampai perguruan tinggi. Cuma di kantor Beliau, Bapak cuma satu – satunya yang mampu mengerjakan tugas seperti itu, untunglah sesudah Bapak mendekati pensiun sudah ada generai muda penerus yang melanjutkan tugas Beliau..

    Biar cita2 ga ksampean Insya Allah nanti di teruskan oleh Abi dan Acing. Amin. Semoga.

  3. Ping balik: Weekly Photo Challenge: Geometry (5) « What's (in) the picture?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s