Doa dalam nama anak – anaku


Tulisan ini adalah hasil dari jalan – jalan ke rumah si cantik Rara Mendoet, gak sia – sia keringeten sampe sana, karena ternyata sampe sana di suguhi macem – macem tulisan, puisi dan lagu enak. Manteb deh !

Trus ada satu lagi satu acara Giveaway di sana, meski bukan Rara yang ngadain sih, tapi Mbak Armita yang seorang konsultan  nama bayi dan nama perusahaan, tapi ingin teman – temanya ikut berpartisipasi dan merasakan juga bahagianya menunggu bayinya lahir, yaitu dengan mengusulkan  nama bayi,  karena si jabang baby  udah rajin nendang – nendang perut Mbak Armita pertanda sebentar lagi mau lahir, yang menurut hasil USG berkelamin laki – laki. Alhamdulillah.

O, ya aku juga mau sedikit cerita tentang pemberian nama ke anak – anaku dulu, agak unik juga si, karena sebetulnya gak ada persiapan khusus untuk memberi nama ke anak – anak. Terlebih dari anak pertama dan anak kedua aku gak pernah menjalani USG, bukan apa – apa cuma pingin surprise aja, dan harap – harap cemas dan dag dig dug nya itu yang bikin lebih maknyus ! Masakan kaleee :).

Pas anak pertama lahir kebetulan perempuan, tadinya mau aku kasih nama pake bahasa Jawa, jam 2 malem  setelah lahiran rencana mau aku kasih nama Sekar Pembayun yang arti kurang lebihnya, Anak pertama, perempuan yang harum semerbak bagai bunga. Tapi entah kenapa, pas keesokan harinya eh malah udah siang ding, Mbak Bidannya baru nanya ke aku, ” Siapa nama anaknya, Bu ?” . Yang terlontar dari mulut malah melenceng jauh dari rencana semalam, gak tau langsung aja apa yang ada di kepala saat itu yang terlontar. Walau memang sebelumnya aku sering numpang  baca – baca buku kumpulan nama – nama bayi dalam bahasa Arab, di Gramedia..hihihi maklum Ibu ekonomis jadi gak beli cuma numpang baca doang. 😦

Akhirnya nama dalam bahasa Arab yang tak terencana itulah yang kini jadi nama anak sulungku yaitu : Alifa Aulia Hanif yang arti kurang lebihnya begini : Anak perempuan pertama yang mulia dan cerdas, selalu berada di jalan yang lurus, teguh, bersih dan suci. Insya Allah, Amin.

Sulungku : Alifa Aulia Hanif semasa batita

Untuk anak keduaku tak kalah unik juga, karena sekali lagi aku gak menjalani USG, jadi aku menyiapkan dua nama, satu nama  bayi laki – laki dan satu nama bayi perempuan, karena anak pertama sudah memakai bahasa Arab untuk anak yang kedua juga memakai bahasa yang sama. Ternyata anak keduaku lahir laki – laki alhamdulillah banget, jadi pas sepasang deh, Dan kuberi nama : M. Dzikra Raihansyah yang arti kurang lebihnya begini : Anak laki – laki terpuji, yang ahli dzikir, Insya Allah  seharum  aroma surga , Amin.

Jagoan kecilku : M. Dzikra Raihansyah

Dan buat Mbak Armita usulanku nama bayi laki – lakinya juga pake bahasa Arab, mudah – mudahan berkenan ya..

M. ATHALLAH GHAISAN DHIYA’ULHAQ

Yang arti kurang lebihnya begini ( Ah tapi Mbak Armita jauh lebih jago dalam soal beginian ya ) tapi kucoba artikan ya Mbak : Anak laki – laki terpuji, karunia Allah yang rupawan, yang selalu membawa sinar kebenaran. Insya Allah Amin.

Itu Mbak ide nama dariku mudah – mudahan bisa meramaikan acara Giveaway ini yaa.. 🙂 dan mudah – mudahan juga menjadi, :

BEAUTIFUL NAME FOR SMART BABY by Armita Fibriyanti

Buat teman – teman blogger lain, yuk ramaikan acaranya Mbak Armita yang lagi dag dig dug menunggu pangeran kecilnya. 🙂

Iklan

32 pemikiran pada “Doa dalam nama anak – anaku

    • Gitu ya Pak ? Tapi Insya اللّهُ tetep ihktiar ya Pak..karena dokter juga manusia, penentu tetep ada di KuasaNya..

      Cerita sedikit Pak , dulu pas anak pertamaku lair, dia lair prematur, vonis dokter di mungkinkan jantung belum sempurna berkembang, jadi kelahiranya harus ditunda, pdhl air ktuban dah pecah di kantor…aku cuma pasrah atas kehendakNya…اَلْحَمْدُلِلّهِ lahir selamat dan sehat..tanpa kurang suatu apa meski bobotnya kurang. Tapi sekarang tumbuh menjadi anak baru gede yg tinggi tubuhnya melewati Ibunya hehehe

      Anak keduapun punya cerita ajaib : di bulan ke 2 kehamilan, aku terserang penyakit cacar cukup parah, vonis dokter janin harus digugurkan, di takutkan akan tertular virus dan terjadi kecacatan bila kehamilan diteruskan, tapi surat rujukan untuk menggugurkan aku cuekin, kembali pasrah kepadaNya, اَلْحَمْدُلِلّهِ lahir jagoanku yang lucu dan pinter itu..
      # sedikit cerita biar semangat ikhtiar ya Pak.. 🙂

    • Betul Mbak Min., entah kenapa aku gak tertarik USG, padahal beberapa temen kantor yg hamil bareng denganku, mengajaku untuk USG tapi aku gak bergeming…asik aja dengan dag dig dug ku itu 🙂 Intinya pasrah pada KuasaNya..

  1. Saya numpang lewat dan mampir ya.. 🙂

    Eh saya juga ikutan welcoming baby giveaway karena dikomporin sama Rara Mendoet.. *nuduh* *cubit-cubit Rara.. 😀

    Salam kenal ya mba.. 🙂

    Usulan namanya bagus..

  2. jalan-jalan yang membawa berkah ya Mba 🙂 hehee..
    sama nih mba, sy juga kalau punya anak perempuan pengen tak kasih nama yang ada unsur bunganya 😀 tapi itu mungkin nanti ya..
    nama anaknya mba lies bagus nih, begitu pula dg nama yang disarankan. tak coba discuss dulu dg suami ya.. semoga dia juga berkenan 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s