Arti sahabat itu ….


” Satu – satunya jalan untuk memiliki seorang sahabat adalah dengan menjadi seorang sahabat “

Sepenggal tulisan dari Ralp Waldo Emerson dalam buku mungil yang kutemukan di laci gudang kantor tadi siang , menjadi inspirasiku untuk menulis tentang arti pentingnya seorang  sahabat.

Karena dengan bersahabat  menolong kita untuk jauh – jauh dari rasa depresi, menjaga hormon stres tetap terkendali. Masak sih ? Ya iyalah, lha wong kalo udah ketemu sahabat itu bawaanya selalu hepi kok…cerita ngalor ngidul tanpa beban…mau cerita aib atopun yang sedikit aib # eh!

Terus kabar baiknya lagi, dengan bersahabat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, menurunkan kadar kolesterol, memperbesar kemungkinan terhindar dari penyakit serangan jantung. Nah tuh keren banget manfaatnya. So, betapa pentingnya  punya sahabat bukan ?

Dan tahukah teman ? Bila aku mendengar lagu di atas itu,  ( jadul yak ! tapi tentu tetep keren kan ? Vina Panduwinata gitu loh ! )  yang terbayang dalam benaku adalah rumah sahabatku Enny Adisti, perasaanku langsung melayang terbang ke masa lalu, di rumah sederhana yang manis, kami kecil melewatkan waktu bersama dengan bermain, belajar, berantem, dan melakukan kenakalan – kenakalan masa kecil . Kami tumbuh dan berkembang bersama dari gadis kecil menjadi gadis remaja yang mulai mencari jati diri

Kebetulan selain rumahnya mempunyai teras yang luas di tambah halaman yang juga luas penuh tanaman bunga dan buah…hwaaa..ini yang kusuka bisa metik buah mangga sepuasnya bila musim buah mangga tiba. Makanya aku betah banget kalo dah nglemprak di teras rumahnya, sampe – sampe Mamakku perlu menjewer kupingku bila di panggil untuk makan tapi gak pulang – pulang. hahaha…

Selain itu, dari sanalah aku mulai mengenal apa yang namanya lagu keren, novel keren, buku cerita keren, film keren dan apapun yang gaulnya anak muda di masa itu. Yaaa…karena Mbak dan Masnya Ennylah yang membuatku jadi kenal tentang seluk beluk dan pernak pernik remaja kala itu. Kayaknya dulu dari rumah sahabatku itulah yang menjadi trend setternya anak muda di lingkungan sekitar tempat tinggalku.

Semasa kecil  aku sudah sering mendengar alunan merdu suara almarhum Chrisye dengan lagu yang  berjudul Badai Pasti Berlalu kalo gak salah kurleb taun 1976 – 1977 an ato berapa lupa aku…waaooowww keren kan, sampe sekarangpun lagunya masih asoy mbokde  syahdunya.. ( coba cari di youtube, pasti suka ! )

Belum lagi tentang  filemnya yang ahaaayyy romantis.. Mbak Christine Hakim masih cantik beud eh sekarang juga masih cantik ding, sama Om Slamet Raharjo yang guanteng..kalo filemnya aku cuma tau dari resensi majalah Film, setelah aku duduk di bangku SMA .

Kalo untuk urusan ca membaca dari kecil kita udah sok nyuri – nyuri baca novel – novel  karya Mbak Ike Soepomo, Mbak Mira W…dan sapa lagi yo lali aku. 🙂 Yang jelas banyak judul novel yang masih kuingat, nama tokoh2nya dan sedikit jalan ceritanya.

Padahal waktu itu bacaan wajib kita berdua Lima Sekawan nya Enid Blyton atau Trio Detektif. Tapi kita berdua emang doyan baca jadi bacaan si Mbak dan Masnya kita lahap juga hahaha.

Dan masih banyak lagi hal – hal indah, lucu, dan pelajaran berharga lainya yang kudapat dari persahabatanku ini yang Insya Allah sampe nenek nenek nanti.

Aku dan sahabatku, Enny

Aku dan sahabatku, Enny

Teman, punyakah kalian seorang sahabat dari masa kecil hingga masa kini ?

Iklan

32 pemikiran pada “Arti sahabat itu ….

  1. Salah satu cara untuk melihat karakter seseorang adalah dengan mengenal sahabatnya. Saya coba buka blognya enny Adisty, klik…… dan ….. belum ada isinya. Hahaha…. salam buat sahabatnya, ditunggu tulisannya.

    Empunya blog ini kayaknya seumuran hehehe….., tapi saya dulu bacanya nick carter. eh…. kabooooor.

    • Punya Enny blognya baru bikin Pak, dia lebih suka pesbuk sama BBm lebih simpel katanya, tapi tetep kuracuni dg blog hahaha

      Ya, paling kita seumuran Pak, sulungku aja udah klas 1 SMP.

      Aku dulu juga skali nyuri baca Nick carter klas 3 SMA, jebul koyo kui toh…yo wis..setelah tau isinya, gak pingin baca lagi..hahaha

    • Katam ya Pak ? hehehe
      Kalo buku sastra paling punya HB yasin, Angakatan Pujangga Baru..Siti Nurbaya, Salah Asuhan apalagi yaa ? wah jaman SMP banget ! 🙂
      Karena aku tetangga an dengan gedung bioskop sering juga sih nonton jaman jaman Kidung Cinta, Dari Jendela SMP, Gejolak Kawula Muda..dan apalagi yaa..Si Boy, Lupus dlsb..etc..

      • Nonton semua film itu, nyi blorong, nyi roro kidul, si buta dari gua hantu, joko sembung, gita cinta anak SMA, bahkan idia dan satria bergitar juga nonton. wis pokokmen lengkaaaap.

        Karya sastra dulu jaman kelas 1 SMA dulu disuruh baca siti nurbaya, yah,,, sampai lulus SMA juga belum selesai membaca. Untung ada filmnya. Hahahhaaa…..

      • Naksud saya, film seperti “Gejolak Kawula Muda, catatan Si Boy, Lupus” itu saya nonton semua. Bahakan sebelum era film itu seperti film nyi blorong, nyi roro kidul, si buta dari gua hantu, joko sembung, gita cinta anak SMA, dan satria bergitar juga nonton.

        Pertama kali pingin nonton film dan tidak kesampaian itu film “Superman”. Bapak tidak mengijinkan karena masih SD sekitar kelas 2.
        Setelah agak gedean, nonton film pertama kali adalah filmnya “bruce lee”. tapi sudah lupa semuaaaaa……………..

  2. wah .. beruntung ya mbak kalau punya sahabat dr sejak kecil, aku nggak punya mbak, kalau sejak kuliah sampai kini ada mbak, sahabat sejatiku

  3. Punyaaaa… Tapi laki-laki hehe
    Sobat dari SD sampai sekarang.
    Sobat berantem… Sobat curhat.. saingan di sekolahan, sobat ngenye2an 😀
    Cari2 dulu foto bareng dia waktu dia “nengok” saya ke Jerman…:)

  4. sahabat masih kecil terakhir kontak tahun 2009 januari..saat dia dinas ke jakarta..dan saya terbaring di RS, dia mengunjungi saya…. temen SD…tapi ga tau sekarang kabarnya..sempet nyari facebook nya malah..hehehe tapi ga nemu

    • Aku juga suka Mbak….kisahnya sesuatunya ideal banget yaa….mahasiswa kedokteran…pinter punya kekasih keren dan endingnya hepi….angan masa remaja yg indah ya, Mbak Min…

      Di simpan di hati, tak lekang oleh waktu ya Mbak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s