Hemat baterai yuk !


Apa sih, yang suka kelupaan jika Emak – emak macem aku keasyikan nulas – nulis sakarepe dewek di layar monitor netbook. Banyaaaakkk, suka lupa lagi rebus air buat bikin kopi sore hari, lupa harus jemput anak – anak pulangย  mengaji hehehehe…. Tapi ada yang lebih payah dari kelupaanku ini . Apa itu ? Lupa liatin gambar baterai netbook yang udah ‘ tipiiiis ‘.Nah ini dia yang jadi pemicu kena omelan suami..udah lupa ngecas baterai, lupa bikin kopi, lupa jemput anak – anak ! Komplit wis kealpaanku .

Balik lagi ke masalahย  netbook, piranti ngeblog yang satu ini juga butuh perhatian lebih lho, gak cuma tiap hari di pencetin melulu, tanpa perhatian blas..selain tampang netbook tetep harus bersih dan terawat, juga baterainya harus awet dan hemat..dan yang terpenting gak lobet, trus mati mendadak saat ide penuh dalam benak !

Trus apa aja yng perlu di perhatiin biar baterai netbook bisa awet ? Coba deh simak catetan emak – emak di bawah ini :

1. Mengurangi Cahaya Layar, karena semakin terang cahaya layar netbook, semakin besar energi baterai yang digunakan.

2. Kurangi atau matikan fitur Wifi dan Bluetooth , Wifi dan bluetooth dinyalakan jika diperlukan saja.

3. Lepaskan perangkat tambahan, misalnya modem, flasdisk, SD card dan lain – lain, bila sudah tidak dipergunakan lebih baik di lepas, sebab pendeteksian file juga menyerap energi dari baterai cukup besar.

4. Tidak membuka banyak program, nah yang satu ini aku agak sulit juga mematuhinya, karena aku yang notabene ‘ rakus’ info kadang membuka banyak tab, belum lagi pingin juga ngeblog sambil dengerin musik..halah ! Aktivitas seperti ini juga akan menyerap energi baterai cukup besar.ย  Jangan di tiru yaaa…# isone mung nulis, nglakoni dewe susyeeee ๐Ÿ™‚

Selain itu masih ada yang perlu di perhatikan juga ternyata, yaitu :

– Sebaiknya di cas saat netbook belum benar – benar mati, guna menghindari tegangan kimia di baterai.

– Bersihkan metal baterai dengan kain halus dan sedikit alkohol, agarย  transfer daya baterai ke netbook berlangsung lebih cepat

– JIka netbook tidak dipakai dalam jangka waktu lama sebaiknya baterai dilepas.

– Baterai ditempatkan di tempat yang sejuk dan aman, hindarkan dari sinar matahari langsung.

Mudah – mudahan catetan kecilku ini bisa manfaat yaa…atau ada yang mau nambahin lagi ? ๐Ÿ™‚

netbook

 

Iklan

27 pemikiran pada “Hemat baterai yuk !

  1. kalau yg beginian, suamiku yg ngeh mbak

    maaf mbak Lies, aku baru nongol di sini, lagi liburan , keluarga pada datang belum bisa blogwalking total ke seluruh kawan blogger .. ketinggalan byk cerita ya mbak aku

    • Emang kalo para suami tuh…suka tehnis banget yaa.., kalo para istri tinggal pake sak enake dewek hehehe

      Iya Mbak, aku juga baru bewe tadi siang, komen di Mbak Ely juga paling bontot ! kemarin2 sibuk di dunia nyata ..halah opo seh sibuknya..cuma ketawa ketiwi sama temen2 sekolah …reuni emak2 Mbak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s