Liburan anak – anak yang mur – mer ala saya


Tiap musim liburan sekolah seperti ini, aku selalu berfikir panjang   ‘Apa ya, yang membuat liburan anak – anak itu kreatif, unik dan bermanfaat sekaligus murah ‘.Ada banyak pilihan sih sebenarnya, seperti yang sering kubaca – baca di majalah keluarga, cuma terkadang terkendala beberapa faktor, selain situasi dan kondisi terkadang faktor finansialah yang menjadi faktor utama. hahahaha  # program ikat kencang dompet saya !.

Maklumlah di jaman seperti ini untuk liburan yang dekatpun ongkos perjalanan dan biaya masuk ke suatu tempat atau wahana tergolong mahal, karena tak mungkin kami hanya mengajak anak – anak   saja .Kurang seru rasanya  kalo gak bersama keponakan –  keponakan dan sepupu – sepupu  lainya, karena rumah kami yang saling berdekatan. Jadi bisa di bayangkan biaya yang akan kami keluarkan bila musim libur ini tiba.Nah, keadaan seperti itulah yang kadang memaksa saya untuk berfikir panjang jika mengajak mereka berlibur ke suatu tempat.

Untuk musim liburan kali ini, kami tak mengajak anak – anak untuk pergi keluar kota , tapi tetap di rumah dan tetap belajar. Di samping keadaan finansial belum memungkinkan untuk pos liburan, kami juga ingin mengajari mereka untuk mengisi liburan dengan melakukan aktifitas – aktifitas yang hemat, menyenangkan dan bermanfaat di kemudian hari.

Ada beberapa pilihan yang kutulis buat mereka dan anak – anak boleh memilih salah satu atau beberapa aktifitas yang mereka sukai, yaitu :

1. Masuk Pesantren Kilat, Mengikuti pesantren kilat selama liburan sekolah, menurutku ini sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian anak, yang nantinya buat bekal ilmu hidup di masa mendatang.

2.Membuat Kliping, Menyusun kliping dari koran dan majalah bekas yang berisi tentang ilmu pengetahuan yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan mereka .

3.Ide Kreatif,  Memanfaatkan barang – barang bekas untuk membuat barang baru yang bisa di manfaatkan dalam bentuk lain, misalnya :kaleng bekas cat, bekas lem, atau barang bekas lainya untuk di buat pot tanaman atau tempat peralatan sekolah mereka.

4.Memasak, Buat anaku yang sulung, karena dia perempuan aku sarankan untuk  belajar memasak selama liburan ini. Karena apa ? Jaman sekarang banyak makanan yang instan, takutnya nanti gak bisa membedakan mana merica mana ketumbar # dah ketahuan sih soalnya pas beberapa waktu lalu kemah dan lomba memasak dia bingung membedakan bumbu dapur.

5.Berkebun, Karena sekarang musim hujan, maka liburan kali ini, kami isi dengan mengajarkan mereka cara menanam tanaman. Tanamanya boleh pilih sesukanya, mau  tanaman buah atau bunga.

Pilihan yang kutawarkan liburan kali ini cuma lima karena, menyesuaikan dengan umur mereka. Dan pilihan mereka berdua cuma satu yaitu : Berkebun. Gak papa yang penting di  tahun – tahun mendatang tanaman mereka sudah ada hasilnya, dan itu adalah bukti jejak positif  aktifitas mereka selama liburan.

adek nyiram taneman

Dan ada tambahan satu lagi permintaan dari mereka , yaitu di hari Minggu dan  tanggal merah menginap di rumah Kakek dan Neneknya. Boleh kok, asal gak ngerepotin Kakek Neneknya di sana, tapi apa bisa ya…lha wong belum sampe rumah Kakek Neneknya aja udah heboh telpon minta ini, minta itu dan inu kok..hehehe…

Sahabat blogger, bagaimana liburan anak – anak tahun ini ? Menyenangkan pastinya ya..

Adakah ide liburan murah meriah lainya buat saya ?  Buat persiapan ide liburan di tahun yang akan datang…  :).

Iklan

34 pemikiran pada “Liburan anak – anak yang mur – mer ala saya

  1. Memang paling binguung kalau sudah libur sekolah itu yah mbak Lies, mana di Jerman mah khususna di negara bagian Bayern banyak liburnyaaa. Biasanya, rumah ndak pernah rapih, eh rapih bentar trs berantakaaaan 😀
    Tadi siang, Ina anak saya yg paling kreatip minta ijin buat bikin kerajinan tangan, bahannya cuma terigu, garam dan air, dibentuk adonan trs dia buat bermacam2 bentuk, ditengahnya dilubangi biar bisa jd gantungan, dibiarkan dulu biar mengering ya satu hari, trs panggang, trs warnai sesuai keinginan, ada bentuk Burger, HotDog, Kucing dll, ntar kalau sudah jd saya aplot foto2nya yaah 🙂
    Turun gunung saya sakit nih mbak Lies, sebetulnya sbelum pergi sudah sakit sih, cuma kasian anak2 kalau batal.

    • Wah enak yaa…banyak liburnya di sana Teh..
      Iyaaaahh kalo anak – anak emang hobinya berantakin, emaknya hobi ngomelin hehehe
      Ah Ina anak yg manis dan..kreatip banget, jadi itu semacam membuat clay, tapi dari gandum ya..? unyu – unyu pastinya tuh !
      # ingin segera liat poto claynya…
      Waduh, liburan malah sakit ya Teh…kalo di sini tak pijitin wis…sakitnya serius gak Teh ? udah di kasih obat belom ? pantesan gak posting2 …kangen bodoranyaaaah !!! hahaha

  2. Memelihara ikan lele di halaman. Bibit lelenya beli dari celengan anak. Kelak disaat lele sudah besar, orang tua membelinya untuk lauk pauk. Mungkin itu bisa mengajarkan anak berwirausaha,

  3. Liburan dirumah aja mbaaakkk hihihi cuacanya banjarmasin hujan mulu nih bikin udara dingin dan males kemana2, udah sempet mudik juga sih week end minggu kemaren jd minggu ini leyeh2an dirumah aja dah 😀

    • Yang se ide bilangnya sih keren Mbak…tapi banyak yg gak se ide di sini..hehehe
      Memang jarang sih, anak2 di ajak untuk berkebun apalgi yg tinggal di kota, lahanya yg udah gak ada.. 😦

  4. asiik nih. liburan yg bermanfaat sekali, daripada hanya sekedar main games online di depan kmputer. salam buat anak-anak ya mbak 😀
    kalo ntar punya anak, mau aku ajarin masak kue aja deh kalo liburan. 😀
    *padahal ibunya juga ga bisa masak*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s