NOT GUT, NO GLORY !


Darimana  aku dapet kalimat cerdas sebagai judul postingan di atas ? Tumben – tumbenan pinter yaah !🙂 Ini tak lain dan tak bukan ini semua berkat para Makmin  di Komunitas Kumpulan Emak2 Blogger ( KEB ), yang telah berbaik hati mendaftarkan daku untuk menghadiri acara talk show yang bertajuk ” Kopdar TDA Jogja with Freelancer.co.id ” Turning Your Talent into your Business “.

Meski sebelumnya sudah baca di wall FB KEB bahwa bagi para Emak yang tinggal di daerah juga mempunyai kesempatan untuk mengikuti acara yang bermanfaat ini, tak urung membuatku kegirangan juga karena Makmin bilang sudah didaftarkan dan boleh membawa suami. Wow ! Mantab !

Etapi, nanti dulu suami mau gak ya, nganter aku ke Jogja yang jauhnya kurang lebih 60 km dari tempat tinggalku ini ? Mana acaranya malam pula..beeuhhh ! Komat – kamit dalem ati sih terus bergumam, mudah – mudahan mau nganter atau minimal mengijinkan. Hihihi. Musti pake rayuan pulau kelapa dulu nih ! Dan berhasil ! Horeeee ! Aku mau di anterin ke Jogja !

But, the last minute, suami mendadak ada acara di lingkungan kampung, ya weslah akhirnya berangkat sendiri. Gak papalah sekali kali jadi Emak yang mandiri, toh nanti di sana juga banyak bertemu dengan teman – teman satu komunitas plus pulangnya juga bisa nebeng mobil temen. Ya..ya..ya…akhirnya aku dating sama Mak Ika Koentjoro yang sama – sama blogger dari Purworejo, meski Mak Ika asli wong Jogja tapi sekarang tinggal di Purworejo. Cap cus go Jogjaaaaa !

Sampe  tekapeh di Edu Hostel Jogjakarta suasana masih sepi, aku mendapat nomer registrasi 7 sedang Mak Ika nomer 1, iyah soalnya kami berangkat sendiri – sendiri, Mbak Ika duluan, aku menyusul kemudian. Karena aku langsung berangkat dari kantor, so bisa dipastikan mukaku kumel dan badan bau asep..hehehe…mending bersihin diri dulu deh plus sholat magrib , biar lebih seger dan fokus  ngikutin talkshownya. Heleh !

kalo lagi maem jangan nggosipin, gadis yang lagi galau di samping itu yaa..mau ikut talkshow ato galo si mbak ?

kalo lagi maem jangan nggosipin, gadis yang lagi galau di samping itu yaa..mau ikut talkshow ato galo si mbak ?

Setelah makan malem yang di sediain panitia, acara talkshowpun di mulai…taraaaaa pesertanya meluber sampe tempatnya ga cukup, aku aja sampe nyempil – nyempil di pojokan ke jepit di antara para mahasiswa Jogja yang antusias sama acara ini. Wes ..wes..Emak – emak ngalah aja deh..nyimaknya  ndeprok di pojokan, sambil sesekali senggal senggol Mak Reni Judhanto blogger dari Madiun yang rajin banget mencatat paparan dari para nara sumber,  mau ujian besok Mak ? Hehehe

Acara pertama dibuka oleh komunitas TDA ( Tangan Di Atas ), yang beranggotakan para   blogger yang berbisnis maupun yang pure berbisnis,  yang  bertujuan untuk membentuk pengusaha – pengusaha  tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban. Weisss keren banget yak ! Trus juga menumbuhkan jiwa sosial dan mau berbagi di antara para anggota. Ya,  tangan di atas selalu lebih baik dari tangan di bawah bukan ? Dan yang membuatku makin melongo adalah Komunitas TDA juga mempunyai misi menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi. Wew, secara aku gagap teknologi, jadi mau tidak mau aku mesti lebih rajin belajar tentang teknologi ah ! # Nggaya !

Acara yang di pandu oleh Dimas dan Diajeng Jogja ini makin inspiratif ketika mengadirkan nara sumber dari pengusaha terkenal dari Jogja, siapa lagi kalau bukan Bapak Achmad Noor Arief, pendiri dan CEO PT. Aseli Dagadu Djokdja ! Siapa yang tak mengenal kaos Dagadu yang terkenal seantero nusantara itu, kaus yang berlogo gambar mata itu seolah menjadi ikon oleh – oleh khas Jogja. Sahabat blogger pasti tahu ya, apa arti kata dari Dagadu itu ? Yups, bener banget Dagadu itu artinya matamu, di ambil dari bahasa gaul anak muda Jogja.  Boso jape methe, Dab !

yang pake baju shock pink itu Mbak Helma, sebelahnya Mas Yudi..

yang pake baju shock pink itu Mbak Helma, sebelahnya Mas Yudi, dan Pak Achmad Noor Arief ( Dagadu )

Beliau bercerita bahwa bisnis ini berawal dari kesukaan Beliau menggambar dan melukis, yang pada akhirnya  kesukaan dan hobinya itu menjadi industri kreatif yang berkembang sesuai dengan tuntutan jaman. Jadi modal kesukaan dan bakat itu menjadi   ‘ sesuatu ‘ dan point penting dari permulaan sebuah bisnis.  Kalau kita suka menulis… ya menulislah siapa tahu kelak menjadi sumber penghasilan terbesar bagi kita, kata Beliau. So,  jangan anggap remeh hobi atau bakat kita, apapun itu, hobi menulis, memasak, membuat prakarya, mendesain, menjahit dan lain – lain, siapa tau di masa mendatang, justru dari bakat terpendam itulah yang menjadi kerajaan bisnis bagi diri sendiri.🙂

Beliau juga memberi pencerahan bahwa kalau kita berkecimpung dalam industri kreatif, sudah bisa di pastikan menjadi sasaran empuk pembajakan. Solusinya ? Cari pengaman dong ! Apa itu ? Hak paten, Dab…! canda Beliau. Karena ‘ngopi’ ala Jogja itu 3 N yaitu : Niteni, Niroke, Nambahi  ( mencermati, menirukan, menambahi ) , jadi produk kreatif itu mudah di tiru oleh banyak orang.  Jadi dengan mematenkan hak ide kreatif kita, di jamin para peniru  akan berpikir seribu kali untuk ‘ngopi’ sebuah produk hasil ide kreatif kita.

Session kedua di isi oleh Mbak Helma Kusuma, Mbak cantik dan cerdas dari Freelancer.com, doski adalah Indonesia Country Manager, wah pantesan saja omonganya nancep dan mak jleb di hati, ketika nerangin segala macem tentang Freelancer.co.id

Mau tahu Freelancer.co.id ? Simak terus ya...!

Mau tahu Freelancer.co.id ? Simak terus ya…!

Indonesia sebagai pengguna internet terbesar no 4 di dunia, menjadikan masyarakat Indonesia lebih mudah mendapatkan pekerjaan online. Dengan Freelancing tentu dapat mengasah keahlian dan memperluas jaringan network yang di butuhkan orang untuk membangun bisnis sendiri.  Banyak orang berbakat, tetapi tidak menyadari potensi yang ada untuk membangun kerajaan bisnis dari talenta tersebut. Seperti Mr Einstein bilang bahwa : ‘ The secret to creativity is knowing how to hide your sources ‘

Untuk itulah Freelancer.co.id menjembatani untuk mencari atau mengakomodasi keahlian dan bakat kepada dunia tanpa perlu meninggalkan rumah atau kantor. Tak melulu hanya soal mencari tambahan penghasilan tetapi juga memperluas jaringan klien bagi pertumbuhan bisnis.

Melalui Freelancer.co.id diharapkan lebih banyak orang Indonesia mempunyai kesempatan bagi para freelancer dan entrepreneur di Indonesia untuk dapat menemukan pekerjaan atau pekerja dari seluruh dunia dengan hanya menekan satu tombol online !

antuasime anak muda Jogja ! termasuk saya yang tua ding ! hihi

antusiasme anak muda Jogja ! termasuk saya yang tua ding ! hihi

Session ketiga hadir nara sumber seorang freelancer yang telah sukses yaitu Mas Prayudi, atau panggilanya Yudi anak muda asal Bandung yang sekarang lebih betah di kota Jogja. Masih muda,  berusia 29 tahun, tapi telah berpenghasilan lebih dari 20.000 US dolar setiap bulanya. Sekali lagi,  melongo aku !🙂

Mas Yudi bercerita, awal mula bergabung dengan Freelancer.co.id di karenakan krisis keuangan untuk membayar kuliahnya di UGM yang tak kelar – kelar. Berangkat dari iseng – iseng tapi keterusan, membuat akhirnya menjadi anak muda yang menurutku koaya roaya…🙂. Mau tahu hobi Mas Yudi ini ? Yap ! Seperti kita – kita juga, dia suka sekali menulis di blog !  #kedip kedip . Dengan bergabung di Freelancer Mas Yudi menemukan beberapa proyek pekerjaan yang menurutnya pas dan bisa di kerjakan  di kos – kosnya dan hasilnya…wuaaahhh !

Tapi tentu saja jalan  menjadi sukses tak semudah membalikan telapak tangan ya, selain musti gape dalam bidang internet juga musti gape bahasa Inggris, karena bergabung di Freelancer.co.id ini, ada tesnya segala loh, tesnya pun menggunakan bahasa Inggris, proyek – proyek yang ada juga menggunakan bahasa Inggris. Nah kan…kudu les lagi deh kayaknya kalo mau gabung di sini.🙂 Dan benar banget apa  kata Mbak Helma yang aku cuplik buat judul postingan ini yaitu : Not Gut, No Glory !  Tanpa ketekunan dan keuletan mustahil bisa berhasil dan sukses ya kan ?

Di akhir acara ada session pertanyaan, ada banyak sekali pertanyaan yang di ajukan oleh para peserta, tapi karena mata udah mulai sepet dan pikiranku udah rada – rada berpaling ke orang rumah nun jauh di sana, aku jadi kurang nyimak deh ! Paling sesekali liat livetweet yang terpampang jelas di layar depan mataku, kreatif – kreatif, lucu – lucu dan bikin mataku agak melek .

Tak ketinggalan teman blogger yang duduk di sebelahku yang sama – sama dari KEB juga sibuk ngetwit tanpa henti, sapa lagi kalau bukan si kecil imut manis Argalitha / Tha / Artha Amalia. Tweet – tweetnya yang cerdas dan kreatif beradu cepat dengan peserta lainya. Ck..ck..ck…gadis muda yang lincah ngetik ini berhasil, membawa pulang hadiah kaos dan flashdisk dari Freelancer.co.id…selamat ya Tha…heuheuheu.

Tak ketinggalan Mak Ika Kuntjoro juga rajin pesbukan di sepanjang acara, tak urung membuahkan hasil kaos dan flashdisk pula…selamat ya Mak manis , pesbukmu emang layak menang, kereeennn…tak jadi masalah jika  lupa password akun sendiri, kemudian  pake akun si Abi hehehehe. ( Bi, Uminya lupa password tuh🙂 )

Dari wakil KEB yang lima gelintir ini, dua orang mendapat hadiah, Hidup KEB !  # aku, Mak Reni Judhanto dan Phie Jatuasri cukup jadi pompom girl aja wes ! Buat Phie Jatuasri jangan patah semangat yaa..besok kalo ada acara kayak gini lagi musti bawa tulisan gede : Dari Redaktur Jurnal Fak. Pertanian UGM !  Biar keliatan sama moderatornya, dan puas nanya !🙂

Samsung Galaxy Tabnya, relakan kepada seorang mahasiswa yang lebih membutuhan, Allah Maha Tahu,  siapa sih yang paling membutuhkan gadget itu. Kalau emak – emak macem aku yang di butuhkan ya ilmu – ilmu macem begini. Hahaha.

kesempatan bernarsis ria di photobooth Freelancer, Mak Ika, Tha, Phie, Mak Reni Judhanto..dan sopo embuh ! :P

kesempatan bernarsis ria di photobooth Freelancer, Mak Ika, Tha, Phie, Mak Reni Judhanto..dan sopo embuh !😛

Sahabat blogger, itu oleh – olehku dari Jogja beberapa hari lalu, semoga bermanfaat ya…

Salam……

74 thoughts on “NOT GUT, NO GLORY !

    • Betuuulll, kemarin Mbak Tiara dari Freelancer juga cerita ttg Teh Nchie, Teh Dey dan Kang Aswi waktu ngadain acara di Bandung…whoaaaa…tenar deh dirimu, Mak…🙂

      Embuh sik baju kuning kui sopo, aku gak kenal blas !

    • Kan berkat dirimu Mak Reni, aku nyontek catetanmu..hihihihi

      Itu kan tak curi waktu kita maem malem, sambil pandangin suasana Jogja di waktu malem dari lantai 5 Edu Hostel ! Ah kereenn !

  1. Keren nih reportasenya, jadi ingin segera aktif deh di freelancer.co.id, menangguk dolar, walau bukan usaha yang mudah, pastinya ya, Mak?🙂
    Trims ya utk liputannya yang keren abis.🙂

    • Aduh, Mak Al…komenya bikin gede kepala nih ah !

      Kayaknya kalo Mak Al yg gabung pasti josss deh..nek aku masih gagap Mak…gaptek sih !
      Betul harus kerja keras untuk mewujudkan sebuah kesuksesan…seperti Mak Al..mendapatkan gelar Srikandi blogger 2013, tentu telah melewati perjuangan panjang sebagai seorang blogger, begitu kan Mak…

      Sama2 Mak Al…sukses buat Mak ya..dan semua jadi berkah dengan gelar yang kini tersandang…# kagum dan salut Mak !

  2. Wuahaahaa… sik asiik jadi pom-pom girl, sayang…, mau tanya tapi ga bisa. Nyempil begitu sayanya, Mak😥
    Tapi, tenang saja yang penting ilmunya dan segera daftar freelancer.co.id😀

    • kita jadi pom – pom girl aja Phie…mayaannn hahaha
      Kita emang nyempil di pojokan,,,tapi gak masalah…yang penting ilmunya..ya gak ?
      Phie, kapan ketemu lagi ? Ajari aku gabung di freelancer ya…boso Inggris kabeh, mumet jee..hehehe

      • iya, Mbak Lies.. bener yang penting ilmunyaa:mrgreen:
        kapan-kapan kalau ke Jogja, Mbak bolehlah.. belum kopdar sama mbak CarRa juga ta? hihi ditunggu😀

    • Insya Allah tgl 26/27 Mei aku ke Jogja lagi Phie..tar ketemu di IBIS Hotel yaa…
      Iya nih belum ketemu sama Mak Carra…mau nyontek ilmu fiksinya jeee..🙂

  3. imut?
    *ngaca
    *ngakak

    hihi.

    eh Mak, saya baru tahu kalau Dagadu itu artinya sama kayak ‘matamu!’ hihi … Terus kadang bingung juga, kenapa sih orang Jogja kalau manggil temannya ‘dab’? beradab atau gimana?

    oiya… ditambah, Mak. ATM: Amati + Tiru + Modifikasi

    • Lha pancen imut kok ! # ngaca lageee hehehe

      Yup, Dagadu itu bahasa slanknya anak muda Jogja Tha…ilmunya dari huruf Jawa ha na ca ra ka…dst…tar nek ketemu lagi tak aajari wes !

      Dab, itu artinya Mas ( panggilan buat laki2 )
      Wes mrene les boso Jogja nang aku wae…hahaha

    • Nek istilah nggo wong wedok jarang di pake krn kedengaranya agak2 aneh gitu…yg di pake biasanya yg enak di dengar di kuping aja sih !…tar kalo ktemu lagi tak bisikin yaaa…

    • Hahahaha…yuk kenalan #salaman plus pasang senyum imut🙂

      Hwaaaa, Bunda Samara kuliahnya di Jogja to ?
      Hadeehhhh yuk motor2an sama aku, tp aku mbonceng yo….wes sepuh dadi sok loro boyok hehehe

    • Seru banget Hind, anak2 muda seusia dirimu..seneng bgt liat mereka smart dan enerjik di event ini..🙂

      ga papa rejeki kan udah di atur Hind hehehe
      Sik dapet juga jape methe, so ikhlas bangetlah….

      Nek kangen istilah koyo kuwi, yo sangi Dab ! Hahahaha

  4. This is the beauty of Blogging …
    Bu Ika – Bu Lies … eeehhh nyambung juga dengan Bu Reni …
    kebetulan saya kenal semua tuh … tiga-tiganya …
    (walau di alam maya …)

    Salam saya

    • Exactly, Om…!
      Betapa bahagianya menjadi blogger ternyata yaa…
      Teman atau sahabat di alam nyata atau maya adalah rejeki terbesar dariNya..
      Pengin juga tar sekali waktu ke Jakarta ketemu temen2 di sana🙂

      Salam juga dari saya Om.

    • Aseeekkkk…kapan Mama Hilsya pulang ke Indo ? yuk…yuk..kopdaran !

      Muahahahaha…kayaknya sih gitu kita satu gank …masih sama2 abg sih ! # benerin jilbab, benerin celana jins, pake sepatu kets, gendong ransel item ..goooo ! hahahaha

    • Ada kok artinya di postinganku….tapi itu hanya interprestasiku aja…maklum ya..interprestasi seorang emak2 yg taunya cuma garem di dapur🙂

  5. waaah… mantap nih oleh-olehnya.
    makasih mbak udah berbagi. Sempat liat sekilas iklan tentang freelancer, sekarang jadi makin tahu setelah baca postingan ini

  6. Ping-balik: Sepenggal Cerita: Kopdar TDA Jogja dan Freelancer Indonesia | Segores Pena Phie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s