SRIKANDI BLOGGER, AKTUALISASI PEREMPUAN DI ERA DIGITAL


“ Salah satu komunitas penentu masa depan baik di Indonesia adalah komunitas perempuan ( women ). Karena by nature, perempuan itu lebih memegang prinsip dalam perilaku sehari – hari, perempuan multi tasking dan setinggi apapun kesuksesan seorang perempuan tidak akan kehilangan care-nya  pada keluarga terutama anak . “ 

( Superhero Juga Manusia, Hermawan Kartajaya )

 Menjadi salah salah anggota sebuah komunitas itu selalu banyak manfaatnya, seperti halnya saya, bergabung di sebuah komunitas perempuan yaitu Kumpulan Emak – Emak Blogger ( KEB ) adalah sebuah keberuntungan besar buat saya. Mengapa ? Disinilah saya banyak sekali mendapat tak hanya sahabat di dunia maya  ataupun dunia nyata. Banyak teman dan sahabat merupakan rejeki tersendiri  buat saya, belum lagi bertambahnya berbagai ilmu pengetahuan yang beragam, dan  ilmu berkehidupan saya yang semakin hari semakin baik.

Berinteraksi dengan sesama anggota dalam sebuah Facebook  Group ataupun Twitter Group membuat hari – hari saya semakin berwarna, saling mengunjungi blog satu ke blog yang lain, selalu mencerahkan  di kehidupan nyata, apalagi setelah di beri kesempatan olehNya untuk bertemu dengan beberapa sahabat  anggota Kumpulan Emak –emak Blogger ini adalah sebuah  anugerah yang tak ternilai harganya.

Komunitas Kumpulan Emak – emak Blogger memang baru berusia satu tahun, tetapi  kegiatannya bisa di katakan tiada hari tanpa kegiatan .  Dan itu sangat berarti ! Tak hanya kegiatan offline, tetapi juga kegiatan sosial, menghadiri berbagai undangan seminar  maupun talkshow,  menghadiri launching suatu produk atau di ajak bekerja sama dengan berbagai pihak bahkan berkali –kali menjadi nara sumber di berbagai media cetak, radio dan televisi. Angkat topi tinggi – tinggi buat KEB !

Tentu saja semua ini berkat kerja sama yang baik antara Makmin dan para anggota Emak – emak Blogger semuanya. Semangat menulis, semangat berjuang, saling menginspirasi dan selalu berpikiran positif  dalam menghasilkan karya terbaik, adalah niat utama bagi para anggota KEB. Jadi meski baru berusia satu tahun,  KEB  cepat berkembang dan menjadi salah satu komunitas perempuan yang besar di negeri ini.

Seperti beberapa hari lalu Kumpulan Emak – emak Blogger di ulang tahun pertamanya memberikan apresiasi terhadap para anggotanya dengan mengadakan ajang bergengsi yaitu  Pemilihan Srikandi Blogger 2013  dengan mengusung tema Aktualisasi Perempuan di Era Digital. Sungguh ide yang sangat cerdas. Di sini juri akan memilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan aktifitasnya baik secara online maupun offline.

Yang menarik adalah pemilihan nama di ajang ini dengan  kalimat Pemilihan Srikandi Blogger 2013. Menurut saya kata Srikandi Blogger adalah kata – kata yang tepat berkaitan dengan pemilihan ini. Ya, Srikandi ! Siapa yang tidak kenal dengan tokoh pewayangan ini. Seorang tokoh perempuan yang di gambarkan sebagai perempuan yang selalu bersikap, berpikir, dan berperilaku baik, meski semua itu tidak semudah membalikan telapak tangan untuk meraihnya. Banyak hal – hal yang perlu di pelajari dalam setiap kejadian yang ada di kehidupan kita. Tak hanya teori tetapi juga harus bisa melatih dan mampu mengambil hikmah yang baik dari setiap kejadian yang pernah kita alami.

Srikandi tak hanya baik dalam berperilaku, tetapi juga seorang perempuan yang memiliki kemampuan berperang layaknya seorang laki – laki, mungkin bisa kita interprestasikan bahwa  tokoh Srikandi adalah perwujudan kesetaraan gender pria dan wanita.  Di jaman serba digital, maju dan cepat ini,  kini tak lagi semua bidang di dominasi oleh kaum laki – laki, tetapi kaum perempuan pun tak kalah hebatnya di hampir semua bidang termasuk dunia blogger yang pada umumnya di dominasi kaum pria.:)

Seorang blogger perempuan di harapkan bisa seperti Srikandi  menjadi seseorang yang mampu membidikan panahnya dengan tepat ke sasaran  untuk menginspirasi tentang segala kebaikan, memberikan informasi yang  tepat dan akurat, memberi motivasi  yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, sesama, agama bahkan negara melalui senjatanya yaitu media digital berupa notebook ataupun  netbook untuk berbagi  ide, pikiran, pendapat, kisah  dalam sebuah tulisan maupun dalam karya dan langkah yang nyata .

Meskipun  saya belum bisa mengikuti  ajang ini, karena persyaratan pendaftaran yang belum bisa saya penuhi, sebab blog baru berumur 11 bulan, namun hal itu tak menyurutkan semangat  untuk tetap melihat dan mencermati  acara ini dari jauh  dan tentu saja dengan di adakanya ajang  ini, menjadikan  semangat menulis yang baik dengan  konten yang lebih baik semakin menggebu dalam diri saya, karena siapa tahu, Insya Allah tahun depan sayapun bisa ikut andil di ajang ini. Amin.

Sebenarnya  ingin sekali menjadi saksi  pada acara Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 yang diadakan pada tanggal 28 April 2013 di Gedung F Kemendiknas Jl. Sudirman, Jakarta. Jauh memang dari tempat tinggal saya, namun salah seorang sahabat blogger yaitu,  Bunda Yati Rachmat, Beliau adalah salah satu unggulan 50 Srikandi Blogger 2013, sempat menelepon beberapa kali untuk menyemangati saya, agar  bisa hadir di acara ini. Dan beberapa waktu sebelum acara ini berlangsung, saya di beri kesempatan olehNya untuk bersilaturahmi  dengan salah satu unggulan 10 Srikandi Blogger 2013 yaitu Mak Nchie Hanie yang supel dan ramah, yang tak henti – hentinya mengompori saya untuk turut menyaksikan senyum sumringahnya di atas panggung.

Mengutip  dari Buku karya Bapak Hermawan Kartajaya, bahwa  memang benar  ‘ suatu komunitas online bertambah solid jika memadukan aktivitas online dan offline. Sebuah komunitas akan rapuh tanpa ada kopdar (kopi darat, pertemuan) yang teratur. Pertemuan – pertemuan offline itulah yang membuat hubungan antar manusia di dalam komunitas semakin kuat. Komunikasi online akan semakin mempererat lagi. ‘. Hal inilah yang saya rasakan juga sejak saya  bergabung di Komunitas Kumpulan Emak – emak Blogger.

Tetapi tak menjadi soal ketika pada akhirnya saya  belum bisa hadir di acara tersebut, karena KEB juga menyediakan media Live Streaming bagi para anggotanya yang jauh seperti saya, agar tetap bisa mengikuti acara ini dari rumah. Dan sayapun serasa ikut hadir disana, merasakan kemeriahan,  gegap gempita, haru dan bergembira bersama di acara Penganugerahan Srikandi Blogger 2013. KEB memang top banget deh !

Saya yakin bukan suatu hal yang mudah untuk mewujudkan sebuah pagelaran seperti ini. Dari pemilihan para unggulan dari sekian banyak Srikandi Blogger yang  semuanya hebat dan menginspirasi dengan kelebihan dan bakat masing – masing, sampai dengan tercapainya kesuksesan di balik layar pagelaran ini. Terlepas dari adu pendapat pro dan kontra, suka tidak suka, puas tidak puas, tentu sebuah kompetisi tidak akan berhasil dengan baik, tanpa tim yang kompak dan berkomitmen.

Saya salut dengan para juri di KEB yang pada akhirnya menemukan pemenang dengan tepat. Yang makin membuat saya bangga dan merasa dihargai bergabung dengan KEB adalah ketika semua anggotanya dilibatkan dalam acara ini, baik sebagai pengisi acara maupun ikut andil dalam voting pemilihan kategori pemenang Blogger Persahabatan dan Blogger Favorit.  Dan vote sayapun menjadi salah satu Pemenang di ajang penghargaan ini.

Dari ke sepuluh unggulan Srikandi Blogger yang visi dan misinya  nyaris sempurna dengan segala daya upaya karya mereka, keberuntungan dan tentu andilNya turut serta menentukan kemenangan   sosok – sosok  Pemenang Srikandi Blogger 2013, yang beberapa juga sudah saya kenal yaitu :

1.      Mak ALAIKA ABDULAH , sebagai SRIKANDI BLOGGER 2013

Emak satu ini memang layak menjadi Srikandi 2013, selain konten blognya inspiratif, Mak Alaika juga menulis berbagai buku, bukunya yang berjudul SELINGAN SEMUSIM pun telah menjadi koleksi buku saya. Duh, bangga deh ! Emak ini juga menuliskan bahwa, menulislah dengan hati, rasakan kebahagiaan hakiki karenanya. Setuju banget Mak Al ! Langkah nyata di luar kepenulisan, Mak Alaika juga telah malang melintang di organisasi kemanusiaan Internasional sejak terjadinya gempa tsunami  Aceh dan sekarang bekerja  di badan kemanusiaan PBB yaitu United Nations Development Progamme ( UNDP ). Salut dan kagum sama Emak yang satu ini, pantaslah jika Mahkota Srikandi ini di sematkan padanya.

2.      Mak ANAZKIA, sebagai SRIKANDI  FAVORIT 2013

Mak Anazkia meski  bekerja dan tinggal jauh di negeri seberang tapi  kiprahnya untuk negaranya layak di acungi jempol ! Ya, karya dan langkah nyata Emak yang satu ini adalah gerakan Blogger Hibah Sejuta Buku ( BHSB ) yaitu menyalurkan buku ke berbagai daerah di Indonesia seperti di Aceh, Papua, Kalimantan, Yogyakarta dan lain sebagainya. Ajakanya untuk berbagi bukan hanya buku semata tetapi juga bercita – cita bisa memberikan beasiswa. Karena Mak Anazkia percaya bahwa selalu ada jalan untuk kebaikan. Hebat  dan mulia sekali cita – cita Emak Favorit ini.

3.      Mak MYRA ANASTASIA, sebagai SRIKANDI PERSAHABATAN 2013

Bundanya Keke –  Naima ini memang pas untuk menjadi Srikandi Persahabatan, selain friendly, juga mau membantu sesama anggota KEB yang masih baru seperti saya, contohnya ketika saya kebingungan dan hampir putus asa untuk mendapatkan Buku Cerita Di Balik Noda untuk Kontes Ngeblog Review Buku, dengan ringan tangan Mak Myra mengirimkan Buku itu kepada saya. Yang pada akhirnya sayapun bisa mengikuti Kontes tersebut dan berbuah manis. Terimakasih ya Mak Myra,  Emak memang layak menjadi Srikandi Persahabatan, karena ketulusan hatimu dalam bersahabat, membuahkan hal indah dalam langkah hidupmu.

Selain Pemenang Srikandi di atas, KEB juga memilih Blogger Inspiratif dan Blogger Lifetime Achievement yang di ambil dari 50 Unggulan lainya, yaitu :

4.      Mak HAYA ALIYA ZAKI, sebagai BLOGGER INSPIRATIF

Emak yang  bekerja sebagi  Editor Lepas, Penulis, Trainer Kepenulisan dan tentu saja Blogger yang sangat menginspirasi para Emak – emak lainya. Berbagai karya tulisanya telah di muat di berbagai media cetak, kebetulan sayapun mepunyai salah satu karya Mak Haya yang di muat dalam Majalah Sekar edisi 85/12, 13-27 Juni 2012, kisahnya yang berjudul  Tidak ada yang sia –sia ‘ sungguh sangat inspiratif dengan kalimat endingnya Allah telah mengganti semuanya dengan anugerah yang lebih indah, yaitu menjadi istri dari lelaki pemilik senyum bersahaja dan ibu penuh waktu bagi malaikat-malaikat cilik di rumah kami.’ Nyeeesss banget di hati !

5.      Bunda YATI RACHMAT,  Blogger dengan LIFETIME ACHIEVEMENT

Bunda yang satu Ini memang mempunyai daya tarik sendiri, dengan semangat menulis yang tak pernah terkikis walau usia tak lagi muda, ya Bunda telah berusia 74 tahun, tapi keenerjikan yang luar biasa dari Beliau patut kita tiru. Bunda yang pernah bekerja di Badan PBB yaitu United Nations Children Fund ( UNICEF ) ini telah menghasilkan beberapa buku antologi, salah satunya yang berjudul CINTA PERTAMA Jilid 1, yang juga telah menjadi penghuni rak buku saya, berikut tanda tangan Beliau di dalamnya. Saya bangga mempunyai buku ini karena mendapatkanya langsung dari Bunda, alhamdulillah saya menjadi salah satu pemenang, waktu Beliau mengadakan kontes ketika salah satu blognya yaitu Miscellaneous berulang tahun ke 4 tahun beberapa waktu lalu.

SRIKANDI BLOGGER 2013

SRIKANDI BLOGGER 2013

Senyum haru bercampur bahagia mengiringi kemenangan mereka, tak cuma buat para pemenang di atas, tetapi juga ke tujuh unggulan lainya yaitu, Mak Dina Begum, Mak Diadjeng Laraswati, Mak Eka Mayya, Mak Nchie Hanie, Mak Octaviani Nur Hasanah, Mak Shinta Ries, dan Mak Winda Krisnadefa yang juga tak kalah hebatnya. Dan KEB pun tak melupakan semua yang turut hadir di acara ini untuk mempunyai kesempatan membawa pulang hadiah, seperti lomba livetweet yang di menangkan tiga Emak blogger yaitu Mak  Ria Citinjaks, Mak Herdis Suryatna, dan Mak Caroline Adenan, lomba Best dress yang di menangkan oleh Mak Echa, mengenakan baju yang unik membawa berkah tersendiri ya Mak ?  Dan buat peserta yang paling jauh, yang tentu saja di menangkan oleh Mak Anazkia yang jauh – jauh datang dari Malaysia.

Acara yang berlangsung meriah bertaburkan hadiah games dan doorprize ini tentu akan menjadi hal yang mustahil jika tanpa kebesaran nama KEB yang mendapat dukungan penuh oleh  banyak sponsor  yang juga bernama besar dengan produk – produk terkenal yaitu : Acer, Rinso, Wardah Cosmetic , Samsung, Electrolux, Carrefour, Azza Hijab Store, Sari Husada, Samikuring juga Media partner seperti Id Blog Network, Blogdetik, Blogger Reporter dan Komunitas Koplak Yoband yang telah menyediakan live streaming, sehingga acara ini bisa di nikmati bagi para anggota KEB yang tidak bisa hadir di sana.

Keberhasilan terlaksananya ajang penghargaan yang megah  ini, menandakan bahwa tim KEB, yang terdiri jajaran tim solid yang terdiri dari Makpon, Makmin, Makpan  ( Mak panitia ), dan  semua anggota KEB yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam acara ini bersatu padu, bekerja tanpa mengenal  lelah dan waktu, yang tentu saja dengan  niat yang tulus suci memajukan KEB agar menjadi salah satu  komunitas perempuan yang makin besar dan eksis di negeri kita tercinta Indonesia.

Gaung Penganugerahan Srikandi 2013 masih menggema,  semua hasil jerih payah terbayar lunas dengan kesuksesan pagelaran ini, namun hari esok masih  panjang ,  sebagai  anggota KEB sudah sepantasnya sayapun harus bebenah diri  agar bisa juga menginspirasi dan memotivasi.  Kita semua telah menjadi Srikandi, minimal bagi diri sendiri karena telah  berani mengaktualisasikan diri, tanpa melupakan tugas utama seorang Emak yaitu mengurus keluarga dan berkehidupan sosial di masyarakat. Dan menjadi Srikandi  itu tentu tak hanya untuk hari ini,  tapi juga sampai nanti.  Setuju Mak ? Pasti !

Sumber :

  • emak2blogger.web.id
  • Facebook Group Emak2 Blogger
  • Twitter Group Emak2 Blogger
  • Blog anggota KEB
  • Majalah Sekar Edisi 85/12 13-27 Juni 2012
  • teaterpulih.wordpress.com
Iklan

45 pemikiran pada “SRIKANDI BLOGGER, AKTUALISASI PEREMPUAN DI ERA DIGITAL

  1. Kita semua telah menjadi Srikandi, minimal bagi diri sendiri karena telah berani mengaktualisasikan diri, tanpa melupakan tugas utama seorang Emak yaitu mengurus keluarga dan berkehidupan sosial di masyarakat. Dan menjadi Srikandi itu tentu tak hanya untuk hari ini, tapi juga sampai nanti. Setuju Mak ? Pasti ! <– SETUJU BANGET MAK. Sukses yaaaa! 🙂

    • Mak Allll….cepet banget komenya…dinihari masih OL ya ? Weeiisss …hebat ih !

      Setuju ya Mak ? Toss !!

      •‧::‧• ♥♏ªƙªsίђ♥ •‧::‧• Sukses selalu juga buat Mak Alaika ! 🙂

  2. Acara Srikandi Blogger kemarin emang keren banget. Meriah dan penuh warna-warna cerah. Maklum lah yang bikin acara perempuan semua, jadi aura cantiknya keluar semua Mbak Lies. Jadi Mbak Lies kemarin ada diantara penonton? Kita kok gak say hello ya? Hehehe

    • Iya ngiler deh aku Mbak,,,,liat yg keren2 gitu…

      Aku liat poto Mbak Evi juga keren dan cantik pake kebaya…anggun Mbak !!

      Lhah Mbak Evi ga liat aku yaa ? Aku kan yg di pojokan mlongo ampe ngences2 itu Mbak ! Huhuhuhuhuhu

      Semoga taun depan ada lagi acara seperti ini…#ngarep.com !

    • Betul Mbak Elsa….sangat menginspirasi kita semua…tapi Mbak Elsapun juga menginspirasiku lhoo…# pasti Princess Dija bangga banget punya Tante seperti Tante Elsa 🙂

  3. Setujuuuuu #paling keras suaranya ..
    kita semua adalah srikandi bagi keluarga, sahabat dan sesama..
    Mencoba menularkan virus menulis /ngeblog, salah satu bentuk aktualisasi ya..
    Semangat menulis yuukk#menyemangati diri sendiri 😛

  4. ya iyalah…
    sesuai dengan semboyan pemuda adalah tiang negara
    pemudi adalah tiang estri….

    selamat kepada para pemenang
    *komeng standar

  5. Alhamdulillah…. petang ini aku bisa sampai juga pada blog WP ini #gemas
    Mak… postinganmu lengkap nian… wis, gak nyiasin buat yang lain utk mengulasnya lagi deh hehehe….
    KEB emang te-o-pe-be-ge-te ya? Dan, berkat KEB juga kita bisa bertemu 🙂

    • Mau ke WEPE memang jlnya penuh terjal berliku.. 😦 #semalem juga postingnya ngos2an Mak…

      Mosok komplit sih…msh bnyk yg di ulas Mak…coba buka web KEB..banyak wis..tergantung sudut pandang dan pengalaman masing2 Mak. :). Abis ini lgs bikin ya Mak…
      Biar saling belajar… ocee ?

  6. Kita berdua sama2 duduk diam di pojokan, melihat gegap gempitanya perhelatan Srikandi Blogger ya Mak? hehehehe….
    Semoga saja KEB akan mampu melahirkan semakin banyak srikandi2 yang mampu mengaktualisasikan diri di era digital ini. Aamiin.

    • Gapapa Mak kita di pojokan, yg penting ikut jadi jadi saksi lahirnya para Srikandi…

      Next time sapa tau kita gak duduk di pojokan lagi.. 🙂

      Tapi ikut senyum di atas panggung…semoga !

  7. Emang keren tuh ide kontes Srikandi Blogger….
    Aku yang baru sebulan nyemplung di KEB jadi makin semangat ngikutin acaranya, sopo ngerti tahun ngarep iso melu yo mba? hihihi… *berdoa khusyuk* 🙂

    • Beruntung kita menjadi salah satu anggota dari kumpullan perempuan2 hebat ya…semoga tertular 🙂

      Makasih kunjunganya yaa..salam kenal kembali. 🙂

    • Betul..kerasa banget jadi semangat setiap hari…meski keadaan sedang ribet karena anak, kerjaan dan lain2 tapi tetep cerah ceria.. 🙂

      Makasih yaa..udah mau mampir ke sini 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s