MENYAMBUT BULAN RAMADHAN


Beberapa hari lagi bulan ramadhan datang. Masih agak lama  juga sih, but how exciting ! Suasana ramadhan selalu memberikan kesan tersendiri. Di mana – mana terasa semarak ramadhan, di jalan, di kantor, di rumah, pasar, pertokoan dan lain sebagainya. Semangat menyambut ramadhan selalu gegap gempita.

Pada bulan ramadhan berpuasa adalah wajib hukumnya bagi umat Islam. Berpuasa menahan lapar dan haus dari waktu Imsak ( dini hari ) hingga  saat Magrib tiba, membuat rasa haus, lapar dan lemas bercampur jadi satu. Sehatkah ? Tentu saja sehat karena Allah memberikan kewajiban umatnya tentu juga untuk kebaikan dan kesehatan umat itu sendiri. So, bagaimana mengatasi segala hal yang berhubungan dengan fisik yang lemas itu ?

Ada beberapa masalah kecil  ( menurutku ) yang mempengaruhi ibadah berpuasa, misalnya jika sahabat blogger mempunyai :

  • Penyakit maag

Di dunia kesehatan dianjurkan tidak berpuasa bila  sakit maagnya kambuh, sebab saat sakit maag, lambung mengalami luka, jika tidak ada makanan yang harus di cerna, maka luka akan terkena asam lambung, Inilah yang menyebabkan rasa perih pada perut. Tetapi boleh percaya boleh tidak pengalaman dari teman saya yang mempunyai penyakit maag, justru sembuh setelah menjalankan ibadah puasa penuh. Jadi menurut saya, tak jadi masalah ketika harus berpuasa meski mempunyai penyakit maag.🙂

  • Hamil

Sebenarnya tidak jadi masalah juga berpuasa saat hamil, karena jutaan Ibu di dunia ini tetap berpuasa saat kehamilan. Dan semua baik – baik saja. Meski secara medis tidak di sarankan untuk berpuasa. Mengapa ? Sebab janin dalam kandungan membutuhkan cukup pasokan gizi, jika si Ibu berpuasa tentu akan berkurang suplai makanan yang di terima janin, yang akan merpengaruh pada perkembangan dan kesehatanya. But, itu semua bisa di atasi dengan saat kita sahur atau berbuka dengan makanan yang lebih bergizi bukan ?

Tips sederhana buat sahabat blogger ketika menjalankan ibadah puasa🙂

  • Makan sahur

Suka malas makan sahur ? Jangan ya ! Biasakan makan sahur dengan cukup asupan karbohidrat yang merupakan sumber energi biar tidak lemas di siang harinya nanti. Sumber karbohidrat adalah nasi, roti dan sejenisnya. sahur dengan makan nasi dengan sayur dan lauk pauk adalah yang paling baik, karena lebih komplit kandungan gizinya berupa lemak dan protein. Yang terpenting jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu asin, makanan yang mengandung banyak garam akan mengundang masukan air, jadinya akan terasa lebih haus.

Sedang untuk makanan yang pedas atau asam akan memicu asam lambung yang akan membuat sakit perut.  Jangan sekali – kali mencoba makanan di luar kebiasaan makan kita atau menu asing di lidah kita. Karena kalau tidak terbiasa, efek sampingnya bisa menyebabkan sakit perut yang akan menganggu ibadah puasa.

  • Berbuka puasa

Saat berbuka puasa menyantap makanan dingin atau hangat cuma tergantung selera. Berbuka puasa sebaiknya jangan cepat – cepat menyantap makanan berat. Karena lambung telah mengecil dan kosong , kalau langsung diisi dengan konsumsi makanan dengan porsi besar, lambung belum siap dan terkejut, alih – alih kenyang tapi malah membuat sakit perut sehingga untuk menjalankan ibadah sholat Magrib sampai sholat Tarawih jadi terganggu.

Saat berpuasa sebaiknya lebih dahulu menyantap makanan dan minuman manis, karena untuk meningkatkan / menormalkan  gula darah dalam tubuh. Saat berpuasa kadar gula darah akan turun secara menurun secara perlahan, yang menyebabkan tubuh terasa lesu dan lemah. Mengkonsumsi minuman manis akan menormalkan kadar gula, sehingga tubuh akan terasa segar kembali.

Ada yang mau menambahi tipsnya ?

Sahabat blogger, yuk  sambut bulan ramadhan dengan kesiapan lahir dan batin🙂

38 thoughts on “MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

  1. Betul..persiapan untuk puasa di bulan Ramadhan mendatang memang harus betul2 nih, baik kesiapan rohani maupun jasmani, puasa kali ini 18 jam lebih.

      • Semoga Allah meringankan dan memberi kekuatan untuk semuaaa umat Islam yg akan menjalankan ibadah puasa di Benua Eropa..aamiin.

        Mbak Lies… Dua tahun bertturut2 krmaren teteh masuk TV indo buat diwawancara lhoo ttg puasa di Jerman *pengumuman tak penting hihihi*

    • Siap2 beli tipi gede, sahabat bloggerku mau di wawancara tipi lagi neh kayaknya…# Teteh pantes juga loh jadi artis beneran sumpah !

      • Hahaha… Bisa ajaaaah..*ketjup ketjup muaaach*
        Dulu kebetulan ko, tiba2 diminta buat “cerita” ttg puasa panjang di Jerman.

  2. betul sekali mbak… saya setuju sekali dengan penyakit maag dan ibu hamil..
    saya sendiri penderita maag kronis,, tapi dengan puasa maag saya justru jarang sekali kambuhnya, ibu saya yang sedang hamil tua puasa 1 bln full dan alhamdulillah semuanya baik-baik saja..

    Karena apa yang di anjurkan oleh Alloh SWT adalah yang terbaik untuk umatnya…

    Selamat datang Ramadhan

  3. iya, ga terasa sebulan lagi dah masuk bulan puasa.
    Kedua anakku dulu lahirnya pas bulan ramadhan mbak, jadi pas hamil yo ga ikut puasa
    Puasa…. puasa…. sebulan penuh puasa………..

  4. tipsnya ?
    Sederhana saja …
    Niatkan apa yang seharusnya diniatkan
    Lakukan apa yang seharusnya dilakukan
    Niatkan dan Lakukan … pada waktu yang seharusnya pula

    Dan untuk mengetahui “Yang Seharusnya” itu … kita harus terus belajar !

    Salam saya Bu Lies

  5. Selain penyakit maag, puasa juga memberi banyak keajaiban mbak.. Contohnya yang ketagihan rokok bisa rehat sedul-sedulnya hehe

    terima kasih tipsnya mbak Lies.. selamat menjelang Ramadhan ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s