[Blog Review] Ika Koentjoro’s Blog


Sebagai Komandan BlogCamp, Pakdhe Cholik selalu menghadirkan beragam kreasi, inovasi dalam karya – karya terbarunya, pun ketika mengadakan beberapa Kontes Unggulan. Saya pribadi sangat mengagumi karya – karya Beliau dengan ide – ide baru, yang sering tak terpikirkan oleh blogger lainnya ( khususnya saya ! 🙂 ).

Begitu banyak Kontes Unggulan yang telah di adakan oleh Pakdhe Cholik, dari segi apapun semuanya unik dan menarik. Dan bisa dipastikan pula pesertanya akan membludak. Tak terkecuali dengan Kontes yang di selenggarakan kali ini, yaitu Kontes Unggulan Blog Review :  Saling Berhadapan. Saya tak mau mengulang kesalahan yang telah lalu, ketika mengikuti Kontes, Sehari Menjadi Srikandi, kenapa Bu ? Iyaaa, postinganku telat terpublish setengah jam dari waktu yang ditentukan , karena jaringan inetku yang ‘byar pet’. Belajar dari pengalaman lalu, maka jauh – jauh hari sayapun mempersiapkan draft Kontes Pakdhe, biar tidak  mengulang kesalahan yang sama. 🙂

Untuk Kontes kali ini, saya akan mereview Blog salah seorang sahabat blogger yaitu Mbak Ika Koentjoro, pemilik Ika Koentjoro’s Blog. Sedikit menengok awal perkenalan dengan Mbak Ika, ketika saya sering menyambangi blognya sebagai silent reader, saya suka dengan tulisanya yang simple tapi menurutku ‘berisi’. Apalagi ketika mengulas masalah keagamaan, selalu menyejukan dan mencerahkan kalbu. Tak mengherankan ternyata setelah kami dekat, kuketahui Mbak Ika  berlatar Pendidikan Pondok Pesantren yang kuat.

Ditambah ketika Mbak Ika menuliskan cerita bahwa dia sering bolak – balik Purworejo – Jogjakarta, terus terang saya jadi lebih intens menyambangi blognya. Dan ternyata Mbak Ika memang tinggal di Puworejo, wah akhirnya kutemukan juga teman blogger yang satu daerah. Cihuylah pokoke ! Sejak dari itu, makin semangatlah saya  mencari info tentang Mbak Ika di mana rumahnya dan sebagainya, jangan sebut namaku kalau masalah mencari alamat rumah sampai tidak ketemu, tak berapa lamapun sampai di depan pintu rumahnya ! Dan kini tak hanya berhadapan dengan rumah virtualnya tapi berhadapan langsung dengan si empunya Blog yang asli priyayi Jogja itu, so untuk mereviewnyapun tak akan menjadi sesuatu yang sulit, meski tak juga di bilang mudah. 🙂

Saya pribadi selalu lebih tertarik dengan konten blognya daripada lain – lainya, menurutku ini yang terpenting dari sebuah blog, jadi review kali inipun yang pertama saya bahas adalah konten blog 🙂

KONTEN BLOG

Membaca  Blog Mbak Ika, seperti belajar beragam pengetahuan yang mungkin sangat diperlukan oleh pembacanya. Dengan 17 pilihan Kategori, yaitu : Agama Islam, Belajar Bisnis, Buah Hati, Diskusi & Tanya Jawab, Info Kesehatan, Koleksi Buku, Mengelola Isi Kantong, Mlampah – mlampah, Nderek Matur, Nderek Sayembara, Produk, Profil, Rahapan, Tips dan Trik, Tulisan Yang Menang Lomba dan Warna – warni, kita di mudahkan untuk memilih dan memilah informasi penting apa yang kita butuhkan. Apalagi untuk Kategori Diskusi & Tanya Jawab bahkan di jadikan Halaman khusus, jadi para sahabat blogger bisa lebih leluasa untuk bertanya tentang segala hal yang ada dalam  konten blognya melalui alamat email : ikakoentjoro@gmail.com. Mareeee…. 🙂

DESAIN BLOG

Selain blogger yang ramah, Mbak Ika mempunyai karakter yang hampir sama dengan saya yaitu, penyuka kesederhanaan, tengok saja desain blognya yang bersih, simpel dan rapi. Pemasangan widget di sebelah kanan yang cukup komplit seperti fitur translate, Arsip per bulan, TOP 10, Label / Kategori, Baru muncul, Page Rank, Follow, Komunitasku, Alexa Rank dan Baner beberapa lomba yang diikuti.

Seingat saya sudah tiga kali Mbak Ika ganti template, yang dipilih selalu desain yang sederhana, dan yang terakhir ini menurutku paling sederhana. Dengan latar belakang putih, tulisan hitam, font yang sedang tentu memanjakan mata pembacanya. Membaca blog Mbak Ika mengingatkan pada lembaran – lembaran buku sekolah, tanpa banyak pernak – pernik di dalamnya.

ika1Sedikit saran buat Mbak Ika, biar agak asri, coba di tambahi foto – foto sebagai penyejuk mata biar tidak merasa sedang  membaca buku pelajaran, tambahi blog dengan latar belakang gambar atau warna yang lembut, saya rasa akan lebih membuat betah pembacanya berlama – lama di sini.

TRAFIK BLOG

Dengan follower 413, menandakan bahwa Blog Mbak Ika ini termasuk Blog yang banyak di sukai pengunjung, page rank 1/10, menurut saya termasuk bagus dengan usia blog yang masih relatif muda, yang tentu saja jumlah postingan juga belum terlalu banyak, tetapi sudah masuk dalam page rank 1, apalagi dengan alexa rank yang lumayan ramping di kisaran 824,004, ini menandakan bahwa meski koten berisi hal – hal atau informasi yang sederhana dan biasa tapi banyak di cari oleh pembaca.

pr

ika3Jika sahabat blogger ingin mengubek blog Mbak Ika ini lebih lanjut, bisa juga menengok 2 blog barunya yaitu Hamazza’s Blog, yang kata Mbak Ika berisi gado – gado, wah enak dong ya hehehe dan Blog Podjok Cerita yang berisi cerita Fiksi, ya kita berdua baru saja bergabung dalam  sebuah komunitas yang khusus untuk menulis fiksi, dengan harapan bisa belajar dari sana, maka di buatlah blog tersendiri untuk mewadahi segala ide dalam benak yang selama ini belum tersalurkan. 🙂  Blog ini selain berisi cerita fiksi juga  berisi Resensi Buku  dari berbagai macam koleksi buku dari perpustakaan pribadi keluarga Mbak Ika. Nah, bagaimana komplit bukan blog sahabatku yang satu ini, coba tengok blognya di jamin mantab pemirsa !  Sesuai dengan tag line blognya :

….. MENULIS UNTUK BERBAGI INSPIRASI …..

duo sahabat : Lies & Ika

                       duo sahabat : Lies & Ika

Artikel  ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Blog Review~Saling Berhadapan

riri-4-tahun-blogcamp1-300x187

Iklan

24 pemikiran pada “[Blog Review] Ika Koentjoro’s Blog

    • Hihiihii….di paksain nulis, biarpun semangat dan badan lagi drop, Mbak…

      Aku punyanya kripik rasa keju dan rasa bawang Mbak, yang kripik pedes gak suka 🙂

  1. eh ikaaaa.. ternyata ternak blog ya.. bisa fokus gitu dengan banyak blog?
    iya blognya sejuk isinya.. dan ternyata hantu lomba loh.. banyak menang pun..
    sukses buat berdua.. asik nih satu kota.. kog ga bareng ke jogyanya sama ika dari purworejo?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s