HIKAYAT BUDAYA NEGERI SERUMPUN


Sudah pernah berwisata ke Candi Borobudur? Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur ada kemiripan dengan Candi Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Padahal, Borobudur dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada.  Apakah ini menandakan bahwa negara-negara di ASEAN itu serumpun?

Jawaban pertanyaan pertama, sudah dan berkali – kali, karena letak Candi Borobudur dari tempat tinggal saya, cukup di tempuh dengan perjalanan paling lama satu jam, menggunakan angkutan umum, jika menggunakan kendaraan pribadi, hmmmm…tentu lebih cepat sampai ke bangunan megah warisan budaya leluhur  kita yang termasyhur itu.

Kemudian untuk pertanyaan kedua sebelum menjawabnya  ada baiknya, saya mesti update ilmu pengetahuan tentang  negara – negara ASEAN.

LETAK  GEOGRAFI

Negara – negara ASEAN terletak dalam 2 benua yaitu : Benua Asia dan Benua Australia,  dan terletak di 2 samudera, samudera Hindia dan samudera Pasifik. Keadaan geografi tersebut tentu saja sangat dimungkinkan mempermudah hubungan regional  di antara negara – negara ASEAN sejak dahulu kala.

PERSAMAAN DASAR ADAT DAN BUDAYA

Kawasan ASEAN  sama-sama merupakan satu rumpun bahasa Melayu – Austronesia. Ini merupakan unsur budaya yang ada di daerah-daerah Asia Tenggara. Sehingga bahasa pada saat itu bisa menjadi alat komunikasi  di antara negara – negara tersebut.

Sistim pemerintahan pada masa dahulu dan sampai sekarangpun masih ada, di wilayah ASEAN adalah Kerajaan,  yang terbagi dalam dua kategori, yaitu kerajaan – kerajaan agraris dan kerajaan – kerajaan maritim. Kegiatan utama kerajaan agraris adalah pertanian, sedang kerajaan maritim adalah perdagangan melalui laut.

Kemudian, khusus untuk hubungan Indonesia  – Kamboja, ditenggarai sudah terjalin sejak sebelum Raja Jayavarman II, yaitu sebelum abad ke 9. Dan mengapa pula  relief pada Candi Borobudur  yang terletak di pulau Jawa atau tepatnya di wilayah Jawa Tengah dan Angkor Wat yang terletak di wilayah kota kecil Siem Reap,  Kamboja itu banyak kemiripan….?

Dimungkinkan terjadi karena Kerajaan – kerajaan di wilayah Jawa   dan Kerajaan – kerajaan di Kamboja seperti Kerajaan Ayutthaya dan Kerajaan Khmer adalah karena persamaan kategori sebagai Kerajaan agraris, sehingga dari sinilah kemudian muncul kebudayaan – kebudayaan yang sama di antara negara ASEAN, khususnya antara Indonesia dan Kamboja.

 Agama Budha dan Hindu aebelum abad ke – 13 adalah agama kepercayaan yang utama di negara ASEAN. Kerajaan-kerajaan di daratan  Asia Tenggara pada umumnya memeluk agama Buddha, sedangkan kerajaan-kerajaan di kepulauan Melayu (Nusantara) umumnya lebih dipengaruhi agama Hindu. Beberapa kerajaan yang berkembang di daratan ini, awalnya bermula di daerah yang sekarang menjadi negara-negara Myanmar, Kamboja dan Vietnam.

CANDI BOROBUDUR

Jauh sebelum Angkor Wat berdiri di Kamboja  Candi Borobudur telah berdiri dengan gagah di tanah Jawa. Warisan budaya leluhur yang adi luhung ini oleh adalah Bangunan monumen dan kompleks stupa termegah serta terbesar di dunia ini ramai dikunjungi pada pertengahan abad ke – 9 hingga awal abad ke – 11 oleh umat Budha  yang datang dari berbagai negara seperti India, Tibet, China dan Kamboja !    Dinding Candi Borobudur dipenuhi pahatan 2672 panel relief yang jika disusun berjajar akan mencapai panjang 6 km! Ini merupakan  sebagai ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. Sebuah mahakarya leluhur yang amat tinggi nilai seninya.

Tampak salah satu sisi candi Borobudur ( Kol. Pribadi )

Tampak salah satu sisi candi Borobudur ( Kol. Pribadi )

Kol. Pribadi

Kol. Pribadi

Relief Candi Borobudur

Relief Candi Borobudur

ANGKOR WAT

Angkor Wat sebuah kuil yang berada di Angkor, Kamboja, dibangun sejak pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II  dari Kerajaan Khmer , masih berdiri kokoh hingga kini. Bangunan terdiri dari lima menara tinggi menjulang dengan candi-candi kecil di sekitarnya.  di atas tanah seluas 200 hektar yang terletak di ibukota Angkor yang saat ini dikenal dengan Kamboja. Kompleks ini dibangun pada awalnya sebagai kuil Hindu ntuk menghormati Dewa Wisnu. Namun, pada abad ke-14 pemimpin setempat mengonversinya menjadi sebuah kuil Buddha.

angkor wat3

 Sumber :

Wikipedia

National Geographic

Iklan

10 pemikiran pada “HIKAYAT BUDAYA NEGERI SERUMPUN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s