BRANDING NATION, BERANI BERBEDA !


Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar atau membaca kalimat : ‘ Kami Ada, Untuk Anda ‘ , ‘ Belanja Puas, Harga Pas ‘ , ‘ Jelas Lebih Enak ‘ , ‘ I Hate Slow ‘, ‘ The World In Your Hand ‘ Commited 2 u ‘ dan  ‘ Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa ‘ ? Saya yakin pasti Anda akan segera tahu apa, siapa,  produk apa  yang dimaksud dengan kalimat tersebut. Kenapa kita bisa langsung tahu ? Yap, karena sebuah kekuatan yang selalu menempel di benak kita. Kalimat yang selalu ada dalam Top Of Mind.

Membangun sebuah tagline untuk menjadi kuat, memang bukanlah perkara mudah, namun juga bukan masalah sulit kalau ada kemauan kuat dalam sebuah perusahaan ataupun dalam skala besar, misalnya sebuah negara. Seperti contohnya Malaysia yang sukses membrandingkan Malaysia Truly Asia,  mereka adalah bangsa yang gigih dalam berjuang untuk mengenalkan negaranya pada khalayak dunia dengan taglinenya tersebut.

Branding Nation merupakan identitas bangsa yang mampu menciptakan respon ikatan emosional pada  kualitas maupun nilai yang di miliki pada sebuah bangsa / negara. Tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang tinggi dan kesan yang tersampaikan adalah sinyal suksesnya sebuah tagline.

Lalu ?

Bagaimana dengan negara tercinta kita Indonesia, yang begitu banyak mempunyai ragam budaya, adat, agama, sumber alam melimpah dan bentangan panorama tak  kalah indah dari negara tetangga sebelah ?  Tentu sebenarnya tak sulit untuk membuat Indonesia itu berbeda dan unik sebagai syarat utama untuk menciptakan sebuah Branding Nation. Tantanganya, mampukah kita selalu bisa konsisten dengan ‘brand’ yang telah tercipta.

Membangun citra bangsa  yang baik dalam sebuah bangsa adalah langkah awal untuk memposisikan diri kepada khalayak dunia . Kedua  tampilkan sebuah perbedaan yang kuat agar sebuah identitas bangsa lebih ‘bersinar’ dari yang lainya. Ketiga bangun secara terus menerus brand yang telah tercipta dan dipromosikan setiap waktu.

Tagline apa yang cocok untuk Indonesia ?

Saya agak berpikir keras untuk menjawab pertanyaan ini, meski modal awal yang di miliki Indonesia sangat melimpah.  Ada beberapa list yang saya coretkan di kertas sejak tadi pagi, begitu membaca tema hari ke – 3 #10daysforASEAN ini.  Pertama dalam benak saya adalah : Indonesia Is Yours, tetapi ternyata tagline ini telah dimiliki  oleh negara tetangga  kita Singapura yang mempunyai tagline Your Singapore. Saya kurang wawasan rupanya.

Sebenarnya tagline Indonesia : WONDERFUL INDONESIA cukup pas untuk menggambarkan kekayaan  bangsa kita. Tagline yang baru menggantikan tagline lama yaitu Visit Indonesia, diperkenalkan oleh Kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tetap mengusung logo burung garuda warna-warni. Kemenparekraf mengusung 5 kriteria Wonderful Indonesia: Wonderful Nature, Wonderful Culture, Wonderful People, Wonderful Food, Wonderful Value for Money. Bentuk logo mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai lambang negara. Branding ini cukup  sukses mengangkat pariwisata Indonesia dengan  meningkatnya kunjungan wisatawan yang cukup signifikan.

Kemudian coretan tagline kedua yang saya  tulis adalah : INDONESIA IS BEAUTIFUL THINGS IN YOUR LIFE ( Hmmmmm…kepanjangan, jangan di ketawain pemirsa ! ). Ya, saya merasa bahwa kekayaan Indonesia baik berupa  ragam budaya, adat, suku, alam Indonesia yang terbentang dari Sabang Merauke menjanjikan sebuah keindahan dalam kehidupan yang akan selalu terbawa pada siapapun yang pernah berkunjung ke Indonesia.

Kekayaan alam boleh sama dengan negara lain, tapi saya yakin jika Indonesia  mampu menampilkan sesuatu  yang berbeda dan selalu menjaga reputasi bangsa ini dengan lebih baik lagi, Indonesia seperti  bintang yang bersinar lebih benderang dari ribuan bintang lainya. Semoga !

Indonesia itu cantik !    : credit

Indonesia itu cantik !
: credit

 

 

 

 

Iklan

17 pemikiran pada “BRANDING NATION, BERANI BERBEDA !

  1. Brandingnya Indonesia itu adalah Merah Putih dan Garuda Pancasila …
    Slogan atau Taglinenya … Bhinneka Tunggal Ika …

    Masalahnya mungkin perlu terobosan untuk mengemas kembali elemen-elemen “Branding” tersebut … yang disesuaikan dengan ke kini an

    Salam saya

      • gapapalah kalo tema begini. pembahasannya bisa berkembang dan ga terlalu monoton.

        paling nyebai kalo kontes tukang obat apa produk tertentu. ngetan ngulon isine kembar, ga menarik blash buat bw…

      • aku malah belum berani ikutan kontes. kayane ada beban mental yang berat kalo musti nulis sesuatu yang belum pernah ngalamin. kasian kalo ada yang tertarik trus nanya nanya detil. moso dijawab yo mbuh yo…

        haha mending sampluk panci daripada ilang kemaluan digituin…

  2. Good morning, Lies, how are you, my dear? It seems that we have the same thought about giving Indonesia a nation branding: Wonderful Indonesia, hehehe….tetapi gak jadi bunda kasih branding itu, sebab sebuah Travel udah lebih dulu mem-brandingnya dengan nama Wonderful Indonesia. Anyway, no matter what kan ya, itu our opinion dan buat mengisi postingan untuk sampai ke hari yang kr-10. Nice posting, Lies.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s