TIP DAN TRIK BICARA DENGAN ANAK PEREMPUAN


Menyambung ide dari Komunitas Emak – emak Blogger kemarin ( #DearDaughter ), mau sedikit sharing cara untuk memperlancar komunikasi dengan anak perempuan kita. Kebetulan si Sulung saya iniΒ  agak pendiam dan cenderung tertutup ( cenderung mirip Bapaknya kayaknya πŸ™‚ ). Terkadang saya agak – agak susah juga, mengajaknya mengobrol dengan santai tanpa ada sekat antara Ibu dan anak, apalagi sekarang dia sudah menginjak masa ABG ( 29 September besok, genap 13 tahun ).

Sepertinya saya yang harus mengevaluasi hubungan antara anak dan emak. Agar komunikasi dan hubungan anak – emak bisa selaras. Dari berbagai macam cara dekat dengan anak, saya lebih memilih untuk menjadi ‘sahabat’nya. Seperti layaknya seorang sahabat, Emaknya harus dan wajib memenuhi beberapa hal berikut ini :

1. Peduli dan perhatian

Selama ini saya bekerja penuh waktu, berangkat pagi pulang menjelang magrib, di mana anak – anak sudah berangkat mengaji, sepulang mengaji, emaknya udah setengah watt, so kapan bisa peduli dan perhatian ya kan ?

Anak perempuan butuh perhatian lebih, so saya harus menyediakan waktu buatnya, sesibuk apapun dengan pekerjaan saya.

2. Raih kepercayaanya.

Sebagai Emaknya harus juga menjadi andalan bagiΒ  dia untuk menumpahkan segala keluh kesahnya, baik untuk urusan belajar, sosial maupun emosinya. Tanpa kepercayaan dari anak, musthil dia mau bercerita terbuka dengan Emaknya. Dan tetap jaga kepercayaan itu.

3. Selalu mengungkapkan hal – hal positif.

Beri panggilan sayang buat dia, pujilah dia untuk hal – hal yang baik seperti kesukaanya, seleranya atau apapun meski bertentangan dengan selera kita misalnya. Selalu memberi masukan dengan tidak mengecilkan hatinya.

4. Tunjukkan kekurangan kita.

Sebagai Emak, tentu tak luput dari segala macam kekurangan, akuilah. Jika melakukan kesalahanpun, tetap harus meminta maaf kepada anak.

5. Selalu mengajaknya bercerita.

Ceritakan hal – hal posistif, negatif, lucu, konyol dan dampaknya bagi kehidupan yang akan datang. Perlu juga bercerita hal – hal yang pernah kita lakukan pada saat seumur dia. Anak selalu tertarik dengan cerita masa kecil orang tuanya.

Lalu yang mesti di hindari dengan anak – anak yang menjelang ABG, berikut adalah pengalaman saya πŸ™‚

1. Menghindari konfrontasi dengannya, karena anak kita yang manis dan penurut tiba – tibaΒ  berubah menjadi anak yang pemberontak, berani yang sering menyulut emosi Emaknya. Sebisa mungkin hindari pertentangan apalagi sampai marah – marah, stay keep calm.

2. Jangan menghakimi.

Tanyakan baik – baik jika terjadi masalah, kenapa dan apa sebabnya. Beri tahu akibatΒ  yang ditimbulkan. Jangan sudutkan dengan kesalahannya.

3. Jangan buat dia minder.

Tak dipungkiri terkadang kita kesal dengan sikap dan tingkah laku anak, tapi sekali lagi jangan sampai keluar kata – kata kasar atau mengumpat dengan kata – kata yang kurang pantas. Apapun adanya anak, baik secara fisik maupun mental, dia adalah karunia berharga yang paling membanggakan bagi orang tuanya.

Sahabat blogger, ada yang menambahi tip dan trik di atas ? Tulis di komentar ya… πŸ™‚

So, yuk jadi Emak andalan yang siaga bagi buah hati kita….

Iklan

25 pemikiran pada “TIP DAN TRIK BICARA DENGAN ANAK PEREMPUAN

  1. Saya dari kecil pendiam, mba. Trus sama ibu juga kurang sering ngobrol. Kadang khawatir juga ntar kalau jadi ibu bisa nggak ya saya dekat sama dia?
    *malah saya yang curhat πŸ˜€

  2. Akang nggak ikut nambahin Mbak, jadi pembaca aja buat bekal nanti kelo anak akang udah berumur 10 thn keatas πŸ™‚ Lagipula akang 5 bersaudara laki-laki semua jadi kurang tahu dengan dunia anak perempuan.

  3. Sulung sudah menjadi remaja putri sahabat Jeng Lies, pola komunikasi ibu-anak sudah bergeser jadi pendamping ya Jeng. Terima kasih berbagi tip dan trik. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s