MERENCANAKAN LIBURAN DENGAN SI KECIL


Sahabat blogger, khususnya para Ibu, seringkah  luluh hati melihat si kecil,  saat mereka meminta pergi jalan – jalan di musim liburan tiba ? Pasti lah ya ! Sebagai Ibu, pasti banyak yang terlintas di pikiran, dari biaya perjalanan hingga membayangkan bagaimana repotnya membersihkan rumah dan mencuci pakaian sepulang dari liburan nanti. Namun dengan perencanaan yang baik, kita bisa mengangguk sambil tersenyum mengiyakan permintaan si kecil. Lalu, perencanaan seperti apa yang harus kita lakukan ? Yuk bareng – bareng merencanakan liburan si kecil dengan baik dan menyenangkan.

1.      Persiapkan Rencana jauh – jauh hari.

Menyiapkan rencana jauh – jauh hari, tentu membuat liburan lebih mudah dan menyenangkan, berikut beberapa tips untuk menyiapkan liburan,

 ·        Kalkulasikan anggaran liburan. Jangan memaksakan diri untuk berlibur dengan wah, sementara dana tak mencukupi. Banyak liburan yang murah namun tetap berkualitas, kreatifitas sangat diperlukan untuk mewujudkan ini. Jikapun keinginan tetap berlibur yang agak wah, solusinya adalah menabung ! Rubah pola hidup, sisihkan dana untuk berlibur.

·         Sering – seringlah mencari informasi baik melalui media maupun internet, karena banyak makapai penerbangan yang memberikan potongan harga / diskon besar, jika pembelian tiket di lakukan beberapa bulan   sebelum berangkat berlibur. Perhatikan  apa saja fasilitas yang di dapay dengan tiket penerbangan yang murah ( budget airlines ), biasanya tidak termasuk biaya bagasi dan biaya – biaya lainnya. Untuk itu persiapkan juga untuk kebutuhan ini.

  ·      Berlibur tentu menyenangkan  dan kita tak ingin terjadi hal – hal buruk menimpa kita selama berlibur. Ada baiknya cek perusahaan asuransi kesehatan sebelum berlibur, mungkin kita memerlukan asuransi terpisah untuk kepentingan berlibur di luar negri.

 2.     Packing, packing dan packing

Packing adalah satu hal yang menyenangkan, bisa dilakukan bersama keluarga, terlebih  jika melibatkan si kecil, namun bisa juga menjadi hal yang menjengkelkan karena seringkali kita bingung, apa yang semestinya harus di bawa dan berapa banyak yang di butuhkan. Apalagi jika kita merencanakan berlibur ke luar negri. Untuk itu ada beberapa tips penting untuk liburan ini,

·         Cek kondisi cuaca negara tujuan, membawa pakaian yang tidak sesuai mungkin berakhir dengan pengeluaran yang tidak terduga, ini meyebabkan anggaran liburan menjadi membengkak, tentu hal ini tidak di harapkan bukan ?

 ·        Pilih barang dan pakaian yang benar – benar di butuhkan dalam liburan, jangan terlalu bersemangat untuk membawa barang  berlebihan, karena ini akan mempengaruhi biaya bagasi nantinya. Intinya secukupnya saja.

 ·       Yang tak boleh dilupakan untuk di bawa selama liburan bersama si kecil adalah mainan kesukaannya atau bisa juga buku, buku cerita dan alat tulis / gambar. Membawa video games mungkin terdengar ide yang baik untuk menghilangkan kejenuhan saat perjalanan. Namun tentu saja melihat dan menikmati  pemandangan indah di sepanjang perjalanan adalah sangat baik untuk menambah pengetahuan dan pengalaman batin  si kecil.

 3.     Tetap Jaga Kesehatan

Kesehatan selalu yang utama, untuk itu jika merencanakan liburan, menyiapkan tubuh yang sehat itu jauh lebih penting dari segalanya. Atur sebaik mungkin antara waktu beraktifitas dengan istirahat dengan baik.  Keletihan fisik akan membuat kondisi kesehatan menurun. Imbangi pola makan yang sehat dan mengkonsumsi multivitamin yang sesuai untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Jangan lupa pula selalu membawa obat – obatan dan kotak P3K selama berlibur.

credit

credit

Setelah  berlibur gembira bersama keluarga,  pemulihan diri dari kegiatan rutin dan bebas memperoleh kesenangan dan mempunyai waktu santai untuk beberapa saat, tentu saatnya kita kembali ke rutinitas seperti biasanya. Pulang ke rumah dan membereskan semua kebutuhan berlibur untuk kembali seperti semula. Apa yang pertama kali terlihat merepotkan bagi para Ibu ? Cucian ! Yup, bener banget ! Solusinya ? Tenang Bu, selain memilih detergent yang sesuai, simak tips berikut untuk mengatasi cucian yang menumpuk  pada saat pulang berlibur,

 

 Pisahkan pakaian berwarna dan pakaian putih dan cuci secara terpisah. Untuk baju yang baru saja dibeli saat berlibur, akan lebih jika dicuci secara terpisah untuk mengurangi kemungkinan merusak baju lain jika luntur.

  • Jika mendapatkan pakaian si Kecil sangat kotor atau terkena noda, bisa menggunakan penghilang noda pakaian terlebih dahulu. Jika terdapat noda tanah atau lumpur yang sudah mengering pastikan untuk menyingkirkannya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci.
  • Selalu ingat untuk merujuk kepada rekomendasi cara mencuci yang ada di label perawatan pakaian untuk hasil terbaik.
  • Gunakan deterjen favorit dan pilih siklus pencucian yang sesuai dengan jenis bahan pakaian.

Sahabat blogger, mumpung libur akhir tahun masih kurang lebih  sebulan lagi, yuk persiapkan  liburan dengan baik dan terencana. Dan jangan terkejut jika si Kecil  dan seluruh keluarga tersenyum lebar setelah berlibur dan memeluk hangat kita  serta bertanya, “Kapan kita liburan lagi, Bu ? 

Selamat berlibur……  🙂

 

Iklan

33 pemikiran pada “MERENCANAKAN LIBURAN DENGAN SI KECIL

  1. Di Jerman mah khususnya di negara bagian Bayern, libur sekolah banyaaaak… Bulan Desember-Januari 2 ninggu, sambung awal Maret 1 minggu, April 2 minggu.. trs awal Juni 2 minggu, sambung lagi akhir juli 6 Minggu.
    Pusing deeh.. 😀

    Berguna banget itu tips2 nya mbak Lies… Matur nuwun sanget, tapi paling enak kalau mau liburan kemanaaaa saja, kalau bisa sambil silaturahmi juga, selain ketemu saudara yg jauh2.. bisa gratis nginap hihihi..

    • Senengnya anak – anak sekolah di Jerman sana ya Teh ? Ortunya malah yg pusing hihihihi

      Yup ! betul, paling enak libur ke rumah saudara, alesanya ya itu menginap gratis hehehe

      Kapan liburan ke rumahku Teh ? 🙂

  2. iya mbak…kalau anak2 udah minta jalan2 ..rasanya pengen terus diiyakan.., secara mamanya doyan banget jalan2 juga
    ‘mama ayo ke Borobudur yuk..di kelas cuma aku sendiri yg belum pernah lihat”.(3 thn lalu).. he..he.., jadilah langsung cari2 kesempatan jalan ke Jogja

  3. itu kalo anaknya masih kecil2, mba.. klo udh gede mah lumayan #eh, nggak ya? sama juga.. malah hebohan emaknya?
    klo anak2 ke sini, malah kusuruh bawa secukupnya aja.. sisanya borong di sini, hiyaaaa

  4. Setuju bgt sama tips nya, Liburan ga harus selalu yg jauh, yg deket pun bisa seru kok.. Oya seru jg lo ajakan anak packing blj mandiri jg kn..Tp tetap diawasi jgn smp overload hehehe….
    Jd ga sabar pgn traveling lg… 😛

  5. Jalan2 memang asyik, tapi bisa jadi nightmare juga apabila tanpa persiapan. Tapi ada juga lo tipe orang yang suka travelling yang spontan gitu, katanya biar ada kenangan 🙂

  6. mbaaaaa…
    terima kasih buat tips2 keren nya inih yaaaah…

    Pergi liburan bareng anak2 emang butuh persiapan khusus yaaaah…
    Dan emang obat2an ituh yang selalu aku priortitasin mbaaaa…

    Kalo travelling sendirian mah lebih nyantai yah mbaaa…
    Aku mah asal udah bawa kaos kaki Lee Min Ho ajah, sudah tenang lah hatiku inih..*minta dijambak*…hihihi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s