KIAT MERANGSANG KECERDASAN ANAK DENGAN APLIKASI ANAK CERDAS


Semua orang tua pasti akan mengangguk kuat, jika di tanya, “Inginkah mempunyai anak cerdas?”. Padahal mereka juga yakin, bahwa semua anak – anak yang kita lahirkan adalah anak – anak yang di berkahi kecerdasan, tinggal bagaimana kita sebagai orangtuanya membimbing dan mendorongnya untuk menjadi lebih terasah kecerdasannya.
IQ bukanlah satu – satunya ukuran mutlak kecerdasan dan prestasi anak, namun IQ adalah ukuran paling obyektif untuk mengukur kemampuan, kepekaan, pengamatan akan lingkungannya daya ingat dan kemampuan mempelajari hal – hal baru. Semua ini kualitaslah yang berperan penting dalam kecerdasan dan keberhasilan anak kelak.
Banyak yang berkata bahwa, tidak peduli apakah anak terlahir cerdas atau rata – rata, banyak cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengembangkan kecerdasan anak – anak. Memperlakukan anak sebagai manusia kecil yang butuh bimbingan juga dihargai. Menemani mereka belajar, bermain kreatif, mendongeng, membaca atau menulis bersama adalah aktifitas yang sangat mendukung bertambahnya pengetahuan si anak.
KIAT MENCERDASKAN ANAK ALA SAYA
Saya sebagai ibu dari dua orang anak, sulung beranjak remaja dan si bungsu yang baru berumur delapan tahun, banyak menerapkan konsep atau peraturan – peraturan yang saya buat, namun tidak memberatkan bagi anak – anak. Saya sendiri tak punya banyak waktu bersama anak – anak, karena harus bekerja penuh waktu di siang hari dan pulang menjelang magrib, ketika anak – anak sudah berangkat mengaji, jadi beberapa hal yang saya tekankan di sini antara lain :
Efektifitas penggunaan waktu :
Saya tekankan terhadap anak – anak , bahwa dalam satu hari ada 24 jam, ada banyak sekali waktu yang bisa di manfaatkan untuk aktifitas – aktifitas produktif seperti belajar, bermain, mengaji, maupun sekedar menonton televisi atau bermain game di komputer maupun gadget . Saya berharap mereka bisa menghargai waktu – waktu yang saya jadwalkan setiap harinya.

Mengembangkan pengetahuan dan minat anak :
Saya selalu membiasakan anak – anak untuk membaca, baik buku – buku kesukaanya , seperti buku dongeng, pengalaman, pengetahuan, majalah atau koran, juga belajar dari alam sekitarnya. Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan kecerdasan anak adalah dengan cara ‘enak’ meningkatkan kesadaran dan perhatian anak akan dunia sekelilingnya.

Menghargai kemampuan anak :
Pernah suatu kali si bungsu berkata begini, “Bu, Adek kayaknya gak dapat ranking”. Terus terang saya malah terharu dengan ucapan polos si kecil. Acung jempol dalam hati. Ya, dia sudah bisa mengungkapkan perasaan dan tanggung jawabnya. Saya lebih menyukai sesuatu yang alami dan wajar, tak pernah menekankan harus begini dan begitu, sesuai kemampuan anak saja, tak pintar dalam bidang yang satu mungkin menonjol dalam bidang yang lain.
Tapi di hari ini, jaman telah berubah, sekarang adalah jaman anak – anak gadget, maka sebagai orang tua, juga harus melek segala informasi yang berkembang sangat pesat khususnya mengenai dunia Informatika dan Teknologi. Saya harus lebih bijak dalam menyikapi kemajuan ini dengan mengkombinasi cara belajar ala saya dengan cara belajar di masa kini untuk lebih mencerdaskan anak sebagai pewaris masa depan.
KIAT MENCERDASKAN ANAK DI JAMAN GADGET

Sering merasa khawatir karena anak – anak lebih sering memegang gadget daripada buku pelajaran ? Sering banget ya, sayapun demikian, namun kini saatnya kekhawatiran itu kita buang jauh – jauh, karena Acer Indonesia telah meluncurkan aplikasi terbaru yaitu : APLIKASI ANAK CERDAS. Aplikasi ini bertujuan agar anak – anak bisa bermain sekaligus belajar dengan cara yang menyenangkan, orangtuapun dapat memantau semua aktifitas anak dan perkembangan belajar anak dengan rasa aman dan nyaman.
Bagaimana caranya mempunyai Aplikasi Anak Cerdas ?
Pertama – tama kita download dulu Aplikasi Anak Cerdas, dan login dengan menggunakan akun facebook kita.

Screenshot_2014-04-09-08-46-32

Setelah masuk ke aplikasi akan ada banyak pilihan menu aktifitas yang dapat di pilih, dengan fitur – fitur utama :
1. Dunia Anak, dunia anak adalah dunia yang paling menyenangkan, di sinilah saatnya kita memilihkan aplikasi yang pas dan aman bagi anak.
2. Latihan Yuk!, di aplikasi ini kita bisa memilih sesuai dengan kelas atau tingkat sekolah anak, karena di sediakan latihan buat anak – anak yang berumur 6 – 12 tahun, dengan mata pelajaran sesuai kurikulum pendidikan Indonesia seperti, Matematika, Sain, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia. Dengan soal latihan yang ada, dan berlatih secara kontinyu, di harapkan anak akan lebih siap dalam menghadapi tes atau ujian sekolahnya. Di sini disediakan lengkap dengan panduannya.

 

Screenshot_2014-04-09-08-51-41

 

Screenshot_2014-04-09-08-52-12

3. Mari Bermain, bermain adalah satu hal yang terpisahkan dengan dunia anak, maka bermain di aplikasi ini selain pasti menyenangkan,  juga disediakan permainan yang menantang dan berhadiah.  Dan yang pasti orang tua  tak perlu lagi membelikan video game yang menguras kantong atau download berbagai aplikasi permainan lagi, karena di sini direkomendasikan ratusan aplikasi untuk anak
dengan kategori game pendidikan dan e-book.

 

Screenshot_2014-04-09-08-56-38
4. Laporan Penggunaan, orang tua tak lagi merasa khawatir karena belajar anak dengan gadget terpantau, karena kitalah yang memilih aplikasi – aplikasi yang dibutuhkan dan sesuai dengan anak, berikut laporan yang kita terima via email.
5. Dunia Tekno, dunia tekno memang agak sedikit berat untuk anak – anak, namun dengan bahasa yang mudah di cerna, anak – anak pasti akan senang mempelajari berbagai teknologi yang sedang berkembang di masa kini.

Screenshot_2014-04-09-08-59-43

Selain fitur – fitur utama di atas masih banyak aplikasi – aplikasi lain seperti Cerita Rakyat Nusantara, yang tentu saja lebih mendidik dan mengangkat lokalitas, ada Kamus Bahasa Inggris, yang sangat memudahkan, di banding mebawa – bawa buku kamus yang gede dan berat.

Repot dan berat bawanya

Repot dan berat bawanya

Screenshot_2014-04-09-08-58-08

Banyak aplikasi edukasi lainnya seperti Pengetahuan agama, Rambu – rambu Lalu Lintas, serta Kamus Apa Aja, hhmmmm ….dengan gadget mungil tapi pengetahuan yang di dapat bisa seluas jagad raya bukan ?

 

 

Screenshot_2014-04-09-08-58-58

 

Screenshot_2014-04-09-08-55-19
Kini saya lebih merasa tenang dan nyaman jika si kecil mulai aksinya, dengan mimik serius menatap layar gadgetnya, meskipun masih saja berebutan dengan kakaknya, setidaknya mereka berdua lebih bisa terkontrol berselancar di dunia maya dengan Aplikasi Anak Cerdas.

Seriusnya si Adek

Seriusnya si Adek

Aplikasi ini  seolah menjadi guru baru, setelah saya  dan guru di sekolah. APLIKASI ANAK CERDAS sekarang menjadi teman belajar yang berkualitas dalam menciptakan suasana belajar yang aman, asyik, aktif, kreatif, berbudi pekerti dan tentu saja menyenangkan. Harapan ke depannya semoga langkah dari Acer Indonesia ini mampu menggerakan angin perubahan yang berguna bagi kecerdasan anak pada umumnya dan pendidikan di Indonesia yang lebih baik lagi di masa mendatang.

“ Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog Aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia “

 

Iklan

18 pemikiran pada “KIAT MERANGSANG KECERDASAN ANAK DENGAN APLIKASI ANAK CERDAS

  1. Aplikasi ini sepertinya menarik dan bermanfaat.
    Saya belum sempat explore dalemannya, jadi belum bisa ngasih komentar 🙂
    Kalau dalemannya menggunakan animasi flash untuk penjelasan materi pelajarannya yang rumit sehingga mudah dipahami, tentu akan menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s