BOLKUS MOCAF PALM SUGAR


Apa sih Bolkus Mocaf Palm Sugar ? Haaaa…ini istilah baru yang lahir semenit lalu sebelum menulis postingan ini. Yap ! Ceritanya hari Minggu kemarin saya membuat Bolu Kukus yang terbuat dari tepung mocaf dengan pemanis Palm Sugar. Ide ini sebenarnya sudah lama banget ngendon di benak, namun ide hanyalah tinggal ide, setelah berbulan – bulan cuma menari – nari di kepala, akhirnya mencari waktu yang luang  bersama anak – anak belajar membuat kue. 🙂

Lalu apa itu mocaf ? Mocaf adalah jenis tepung dari singkong atau istilah kerennya Modified Cassava Flour, yang saya dapatkan dari hasil jalan – jalan saya ke Rumah Ketela di desa sekitar candi Borobudur. Tentang Rumah Ketela nanti saya ceritakan lebih lanjut ya..# jadi tunggu postingan saya selanjutnya. :).

Trus Palm Sugar ? Hmmmm…ini adalah jenis pemanis sehat yang terbuat dari  air aren / nira, biasanya awam menyebutnya  dengan Gula Semut Aren. Palm Sugar  saya dapatkan dari Mbak Evi Indrawanto pemilik Arenga Sugar, untuk mendapatkan Palm Sugar inipun saya harus bermimpi dulu loh, pasalnya mesti bersaing menulis postingan tentang Pemanis Sehat dan akhirnya saya dapatkan juga gula semut yang di jamin menyehatkan ini. 🙂

Jadi Bolu kukus yang saya buat ini mempunyai beberapa kelebihan di banding bolu kukus yang ada di pasaran…#kibas jilbab !   Coba simak aja :

1. Menggunakan bahan pangan lokal ( bangga dengan pangan lokal )

2. Menggunakan pemanis sehat organik.

3. Tanpa menggunakan pewarna dan perasa tambahan.

Hmmmm…keren kan ?????

Dari tadi cerita terus ya, mana  belum menulis resepnya ya ? Sebentar sabar yaa….saya memakai resep sendiri yang gak ada di gugel maupun di buku resep kesohor, memakai ilmu kira – kira dan sesuai lidah aja…nih yaa….

Bahan :

  •  Tepung mocaf                                                        1 gelas
  • Tepung terigu segitiga biru / cakra             1 gelas
  • Palm Sugar / Gula semut aren                   1 gelas
  • Susu cair putih                                              2 sachet di tambah air matang 1 gelas, aduk
  • Telur                                                                  2 butir
  • vanili                                                                 1 bks
  • ovalet                                                                1 sdt

Cara :

  • Semua bahan di campur jadi satu di mixer selama 20 menit ( ini yang mengerjakan Sulung saya )
  • Adonan di tuang ke dalam cup kertas yang di alasi dengan cetakan bolu kukus, sampai 3/4 cup.
  • Kukus selama 20 menit.

Hasilnya……..ini dia !!!!

Bolkus Mocaf Palm Sugar !

Bolkus Mocaf Palm Sugar !

bolkus4

 

Bagaimana kelihatanya ? Yummy kan..?

So, selamat mencoba yaaaa…. 🙂

 

 

 

 

 

63 pemikiran pada “BOLKUS MOCAF PALM SUGAR

  1. Nama bolkusnya keren deh mbak, terus gambarnya montok begitu pengen nyomot langsung 😀
    Palm sugar? rasanya sdh lama mbak aku ndak makan gula ini, kmrn pas di Kinabalu beli gula coklat seperti gula Jawa, kalau dulu di kampungku sana disebut gula aren 🙂

    • Hehehehe…penamaan yang ngarang pake banget Mbak…
      Montok yaa..sayang yang bikin malah kurus ! 😀

      Palm sugar = gula aren dalam bentuk butiran kek gula pasir enak buat minuman juga Mbak, lebih wangi..kalo Mbak Ely deket tak kirimi Mbak, aku punya sekardus dari Mbak Evi.. 🙂

    • Satu sachetnya 300 gram, sekardus ada 20 sachet Mbak…harganya lebih mahal dari gula pasir biasa…dulu aku penasaran banget sama Palm Sugar Arenga punya Mbak Evi, trus ada kesempatan lomba blog di mbak blog mbak Evi…dapet deh Palm Sugar… 🙂

      • Exp sampe agustus 2017..
        Iya bener banget, wedang jahe pake gula ini sedep banget Mbak..dah aku cobain..kapan ya Mbak El pulang lagi ke Indo ? Soalnya aku pernah mimpi ketemu Mbak El hihihihi..ngayal banget aku ya Mbak.. ?

      • Msh lama ya mbak 🙂

        Really? wuii .. berarti kamu mikirin aku ya mbak? hihihi *ngayal* aku juga pernah mimpi beberapa kali ketemu blogger mbak, biasanya yg sering kontak atau chatting, mungkin krn sering ngobrol itu jd kebawa mimpi 😀
        Wah .. aku blom tahu lagi kapan mau ke sana mbak, tadinya sih mau tahun depan, tapi kutunda mbak, kasihan sama mamaku

    • Iya mikirin..dan yg jelas juga sering sebagai inspirasi Mbak…postingan Mbak Ely simple tapi pas gitu.. 🙂

      Mama mertua sehat tapi kan Mbak…mudah2an selalu sehat dan panjang umur…
      Kapan2 kalo ke Indo kabar2 ya Mbak..

    • Iyaa….cepet pula bikinnya, kalo untuk acara dadakan, kayak pengajian ato arisan, aku bikin kayak gini aja Mak…kalo yang di oven2 itu suka gatot ! hihihihi

    • Bunda Muna, pokoknya resepnya ngemix adonanya lama, pasti mekar deh…dulu pernah pas jaman SMA bikin bantet juga, boro2 mekar, retak dikit aja enggak, tapi dengan resep gejeku ini di jamin wes pasti mekar…dan tekstur bolunya lembut, dan gak seret ( susunya banyak )

  2. OOT : mbak Lies no 15 ternyata dah ada yg milih mbak, bisa hadir lagi buat milih yg lain? soalnya msh byk pilihan kartu pos cantiknya mbak, tak tunggu ya , thanks 🙂

    • Tepung mocaf itu tepung dari singkong Mak…di toko kue ada…ovalet = cake emulsifier = adonan bisa tercampur homogen, dan biar adonan gak turun kalo di mixer…

    • Enak Mak…pake adukan biasa yang ada dalam foto itu bisa kok….pokoknya yang lama aja ngaduknya….coba aja, gampang dan murah, pake gula pasir dan terigu biasa aja dulu.. 🙂

  3. Aku belum pernah ke Candi Borobudur mak, hiiks…. Ide tepung ketelanya kreatif, ya. jadi penasaan. Semoga kesampaian buat jalan-jalan ke Borobudur dan beli oleh-oleh cake dari tepung ketelanya. 🙂

Tinggalkan Balasan

