BOLU GULA PALEM


Sahabat blogger….

Beberapa minggu ini, saya sedang antusias membuat kue, entah sedang kerasukan chef siapa saya ini, mudah – mudahan sih, chef Arnold yang ganteng tapi bukan sekoteng itu, yang merasuki saya 🙂 #mentang – mentang pernah di kasih hadiah apron dari doi,  plus tanda tangannya…… halah halah baru kek gitu aja, Mak Lies nggaya pooll ! 😀

Padahal nih, yang sebenarnya terjadi adalah rasa malu yang merasuki diri saya tatkala menyaksikan tayangan   Master Chef Junior di RCTI, lha wong bocah se upil -upil, tapi beuuhhh…. dahsyat banget cara dan hasil masaknnya. Saya cuma bisa berdecak kagum sepanjang tayangan itu, dibela – belain mandi cepet di hari Minggu sore, karena takut kehilangan momen – momen mengagumkan dari para bocah – bocah keren itu.

Nah, kali ini karena stok gula palem Arenga saya masih banyak, maka kembali di hari Minggu, saya beraksi dengan resep geje bin ngasal, pokoknya memakai ilmu kira – kira. Kebetulan pula setiap malam Senin, ibu – ibu di lingkungan  rumah, mengadakan pengajian, pas kebeneran jatah yang membawa snack adalah saya. Klop !

Di bawah ini resep yang saya utak – atik sendiri….. Bismillah  🙂

Bahan :

  • Telur                  6 butir
  • Terigu                200 gram
  • Susu bubuk     2 sdm
  • Mentega           250 gram
  • Gula palem      250 gram
  • Ovalet                1/2 sdt
  • Roombutter     50 gram
  • Baking soda     1/2 sdt

Cara :

  • Kocok telur dan gula putih sampai putih
  • Ayak terigu, susu bubuk, baking soda, sisihkan ( bahan 1 )
  • Cairkan mentega .
  • Masukan bahan 1, mentega, ovalet, roombutter.
  • Aduk perlahan, hingga tercampur rata.
  • Tuang ke dalam loyang bolu segi empat 20 x 20 cm
  • Oven selama kurleb 20 – 30 menit
  • Keluarkan, biarkan dingin, potong – potong, sajikan.

Mudah ya kelihatanya, tapi aselik saya bolak – balik gagal total membuat bolu, kalau tidak bantat ya, kempes begitu di keluarkan dari oven. Nah kali ini, saya juga kurang beruntung, di tengah perjalanan, gasnya habis ! 😦 Trus,  gagal dong ! Enggak juga, hasilnya seperti penampakan foto – foto berikut…..

 

Gula palem di mangkuk putih, warna bolu coklat asli dari gula palem.

Gula palem di mangkuk putih, warna bolu coklat asli dari gula palem.

 

Mirip brownies ya ? Cocok sebagai teman minum teh :)

Mirip brownies ya ? Cocok sebagai teman minum teh 🙂

 

Karena ada sedikit kendala di gas, jadi bolu kurang mengembang sempurna tapi untuk rasa, tetap yummy dan unik, gula palemnya berasa nempel banget, mungkin kalau di tambah bumbu spekoek lebih nendang lagi. Kapan – kapan saya mau mencoba lagi dengan ditambah spekoek.

Dan, apa kata kata ibu – ibu di pengajian malam itu ?

” Mbak Lies, bolunya kok enak sih, beda..tapi apanya ya ?” saya cuma tersenyum penuh rahasia, kapan – kapan aja ngasih tau kunci rasa ajaibnya. 😀

Sahabat blogger mau tahu rasanya seperti apa ? Coba saja resep saya di atas…

So, happy baking yaaaa……

Iklan

37 pemikiran pada “BOLU GULA PALEM

  1. Mbak kalau nggak punya ovalet diganti apa nih? terus gula palemnya bisa diganti gula putih nggak? nggak punya je aku gula palem, ada satu gelondong gula Jawa/aren sisa oleh oleh kmrn, tapi buat rujakan mbak, tak eman eman gulane 😀

      • TBM itu apa mbak? 🙄

        iya mbak, cuma segelondong gula jawanya, tombo nek lagi pengen ngerujak hihihi

        btw, di sini ada juga gula pasir coklat mbak, tapi nggak coklat banget warna gulanya, jadi kalau mau warnanya seperti di atas ya dikasih aja bubuk coklat, banyak di sini mbak, harganya murah sekali 😀

      • Wuii …. aku motret makanan itu masih ngawur kok mbak, wong seringnya makanannya habis duluan sebelum dipotret hahahhaha jadi jarang bisa motret makanan 😀

      • Ngawur tapi cantik…

        Iya juga sih, klo makanan belum dipoto keburu abes ! hahaha..apalagi aku mbak, anak2ku podo seneng ngemil.. 🙂

  2. Sudah lama ngga buka WP, eehh langsung disuguhi kue hhmm nyam-nyam…

    TBM/Ovalet ngga ada dijual di toko/supermarkt Jerman mbak Lies, makanya kue disini mah ngga lembut spt kue2 di Indonesia.
    Ngga tau kenapa, yg berbau-bau kimia ngga ada disini.

    Tp kalau memang mau, kalau ndak salah ada di toko indonesia, bisa beli online juga.

    Tanpa tbm/ovalet bisa ngembang dan lembut, asal ngocoknya benar2 sampai mengembang. Dan kue Jerman itu irit telur dan banyak baking sodanya, ndak aneh kalau suka prul2 berguguran pd umumnya hehe..jauh deh rasa dan teksturnya dibanding buatan Indo 🙂

  3. mbaa roombutter itu apa?
    oya saya malah nggak pernah nonton junior master chef itu. pernah sekali nonton langsung merasa terintimidasi gara-gara lihat anak-anak itu pintar masak semua 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s