TIPS KETIKA KEHABISAN IDE MENULIS


Sahabat blogger…

Postingan ini masih berkaitan dengan postingan curhat sebelumnya, bukan tanpa sebab saya menuliskan di blog ini, tujuannya apalagi kalau bukan untuk memecut saya dan pengingat bila ide dan kreatifitas saya ‘mentok bin cuntel’ lagi pada suatu ketika nanti.

Dan mudah – mudahan kecuntelan saya ini tak menjalar ke teman – teman blogger lain ya… πŸ™‚ Kalaupun misalnya tertular semoga cepat sembuh hehehehe. Karena memang sebuah ide, kreatifitas ataupun inspirasi tak bisa di paksakan untuk datang begitu saja bukan ?

Di bawah ini beberapa hal – halΒ  sederhana yang mungkin bisa menyegarkan pikiran dan memunculkan ide baru untuk menulis.

  1. Saya suka sekali jalan – jalan, jangan di bayangkan bahwa jalan – jalan saya ini sebuah travelling yang ‘wah’ atau window shopping ya….Big No untuk saya ! Tapi bagi saya cukup jalan – jalan di sekitar desa saya, ke kebun atau sawah, entah jalan kaki ataupun bersepeda. Terkadang bertemu siapa dan apa di tengah jalan bisa melahirkan sebuah ide tulisan. Tak percaya ? Monggo di coba.
  2. Membaca, ya seorang blogger pasti suka membaca, seperti halnya saya. Saya hampir tak peduli entah itu buku, koran, majalah atau apapun sepanjang isinya baik akan saya baca, bahkan majalah anak – anak seperti Bobo atau Donald Duck koleksi si Bungsu selalu saya baca berulang – ulang.Β  Hebatnya dengan membaca akanΒ  membangkitkan imajinasi untuk menulis.
  3. Malas olahraga ? Janganlah ya…sesibuk apapun kita olahraga itu perlu lho, selain menyehatkan raga, dengan olahraga akan menyehatkan jiwa. Tak perlu olahraga mahal, cukup jalan kaki atau lari – lari kecil di lingkungan rumah, pikiran akan kembali segar untuk menangkap ide – ide baru yang bersliweran di benak.
  4. Hangout bersama sahabat atau teman se gank….haaaa…ini dia…pasti semua mengangguk setuju kan ? Bercanda, curhat, sharing atau apapun namanya selalu akan mencerahkan suasana. Rasa bahagia yang tercipta seketika akan memicu kreatifitas dan ide baru.
  5. Pernah merasakan lelah tanpa tahu penyebabnya ? Kalau ya…begitu tiba waktunya tidur dan beristirahat, segera hengkang ke kamar, lupakan segala pekerjaan, pikiran dan lain – lain. Terkadang kita hanya membutuhkan waktu cukup untuk istirahat untuk memulihkan kembali kreatifitas kita.

Kelima tips di atas manjur buat saya, mau ada yang nambahin ? Tulis di komentar ya….nanti akan saya tulis di posting berikutnya….Monggo…. πŸ™‚

 

26 pemikiran pada “TIPS KETIKA KEHABISAN IDE MENULIS

  1. Tips yang bagus, mbak Lies.

    Menemani anak belajar, membantu memecahkan masalah dalam pelajarannya, kadang juga bisa dijadikan inspirasi menulis. Karena banyak hal yang aneh-aneh kita temukan dalam buku pelajaran anak sekolah jaman sekarang.

Tinggalkan Balasan

