MANFAAT JAMBU AIR


Tadi pagi tumben – tumbenan saya menyapu teras, sambil mengamati pohon jambu air yang berderet – deret di halaman rumah. Kok,  ternyata rimbun dan hijau seger di pandang mata. Hihihihi. Biasanya kalau menyapu cuma..sret..sret..matanya gak kemana – mana selain ke lantai. Jadi kepikiran sama manfaat – manfaat jambu air yang pas lebaran kemarin berbuah agak banyak. Meski sempat bunganya pada rontok karena musim hujan yang gak jelas datangnya. Iya, hujan lebat di saat musim kemarau. Rontok deh, bunga jambu di halaman.

j

Kami sekeluarga suka banget sama jambu air, ada 6 pohon di halam rumah, yang 4 sudah berbuah yang dua masih pendek, karena menanamnya belakangan. Ada beberapa jenis jambu air yang saya  tanam, tapi saya suka yang buahnya  merah merona, kalau orang desa saya bilang,  jenis ini dinamakan jambu air citra. Rasanya manis, segar dan dagingnya tebal renyah.

jambu1

Meski terlihat sebagai buah yang murah meriah dan rumahan banget, tapi ternyata banyak manfaatnya lho…

1. Jambu air mengandung vitamin A, seperti diketahui vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata, ini nampol banget buat saya, secara mata saya sudah dikurangi nikmatnya. 😦

2. Menambah imunitas tubuh, karena bisa memacu kinerja sel darah putih / leukosit sebagai pembentuk antibodi, serta anti virus.

3. Jambu air juga mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai anti oksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel – sel tubuh.

4. Menjaga kecantikan kulit.

5. Daunnya bisa dimanfaatkan untuk mengobati sendi keseleo, caranya, pilih dauh yang segar, kemudian di remas sampai halus, dan balurkan pada bagian yang sakit.

Tuuuhh…..kan selain enak di santap, seger di buat rujak, manfaatnya juga banyak, so yuk nanam pohon jambu air…gak sabar nunggu berbuah ? Mainlah ke rumah saya…mumpung pohon yang satunya  berbunga lagi… 🙂

Iklan

30 pemikiran pada “MANFAAT JAMBU AIR

  1. mbak…aduh…bumil ini nggak tahan lihat gambarnya…kalo dekat gitu udah aku samperin mbak 🙂 hehehe kapan hari dianterin tetanga yang jambu airnya berbuah..untuk bumil yang nyidam katanya hehehe..

    • Iya bener Mak Unun, kalo jambu biji di juz aja, biar bijinya ngendap di gelas..dan gak kemakan..aku punya satu pohon jambu biji merah, sering tetangga yang metikin buat juz katanya.

  2. dulu disamping rumah ada pohon jambu, enak banget tiap berbuah serumah makan jambu buanyaak sampe bagi2 tetangga.. sayang sejak renovasi rumah pohon jambunya teraksa ditebang huhuhu
    paling mantep pake bumbu rujak dan garam buah deh :9

  3. Aku juga sukaaa jambu air! Dulu di rumah mama ada dua pohon jambu air. Satunya merah gini, satunya lagi yang agak ijo dan lebih kurus itu mbak…duh, dua2nya sedap, even walo cuma dimakan pake kecap, garam, sama cabe rawit doang 😀

  4. itu daun yang muda bisa buat kalu keseleo lebam memar juga.. suka cari daun jambu air kalu gini, apalagi tetangga punya rantingnya njorok keluar jadi tinggal petik aja ga perlu bilang.. hihihi..
    jadi pengen nanam deh.. di rumah cuma ada nangka, alpokat, mangga, belimbingwulu.. panaspanas enak dirujak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s