DINNER BARENG DUBES KEMENLU RI


Haiiisss…..judulnya ? Mengundang tanya banget yaaa ? Mosok emak – emak ‘ndeso’ macem saya mendapat undangan makan malam bersama Duta Besar sik ! Tapi beneran, sumpah hati saya mendadak penuh bunga, ketika mendapat colekan undangan dari Mak Indah Juli, selaku admin dari KEB, Komunitas yang selalu menjadi kepercayaan penyelenggara untuk mengikutsertakan anggotanya untuk memenuhiΒ  undangan yang pasti sangat spesial. So, menjadi blogger itu memang spesial banget kan ?

Jadi, malam Jumat kemarin, 18 September 2014Β  bertempat di Mataram 3 Room, Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, saya dan beberapa rekan blogger, awak media cetak, elektronik dan online menghadiri Working Dinner dengan Duta Besar Kemenlu RI.Β  Dengan rangkaian kegiatan sosialisasi Komunitas ASEAN 2015, diskusi interaktif tentang ASEAN dan makan malam tentu saja. πŸ™‚

Sesi makan malam :

Sebelum acara di mulai undangan di persilahkan untuk menikmati hidangan makan malam yang telah tersedia di buffet belakang meja kami. Banyaknya pilihan makanan yang di sediakan, membuat saya yang sedikit ‘norak – norak bergembira’ dengan hidangan yang masih asing di lidah, harus hati – hati memilihnya.

Berhubung saya termasuk undangan yang tinggal jauh dari Yogyakarta, tentu saja lapar sudah melanda sejak di perjalanan, sayapun langsung ambil main course ! :). Sedikit nasi dengan lauk salmon teriyaki, daging sapi lada hitam, cumi telur asin, sambal kecap dan kerupuk. Kenyang pake banget ! Tapi, nanti dulu lihat kanan kiri masih oke hihihi, Mak Ika Koentjoro dan Mak Gracie Melia mencicipi berbagai macam salad, sup asparagus, dan tom yam, sayapun tergiur ikut ‘nyendok’ in milik mereka berdua. πŸ™‚

Yang sempet ke foto cuma ini :)

Yang sempet ke foto cuma ini πŸ™‚

Puas ikut mencicipi sana – sini, berdua dengan Mak Ika mengambil snack yang berupa sponge cake lapis krim dengan toping buah apa gak tahu namanya hahahaha plus brownies yang legitnya nempel banget di lidah !Β Β  kata Mak Gracie, crepes , puding coklat siram vla with oranges yang nyes-nya sampai ke hati. Masih kurang ? Ada buah – buahan segar pencuci mulut dan es teler yang gak berani saya ambil selain sudah kenyang juga gak berani karena ruangan sangat dingin.

Sesi diskusi interaktif :

Dibuka sambutan oleh Bapak Ir. Sigit Haryanta MT, selaku Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Pemprov DIY. Mendengar sambutan yang panjang lebar tentang ASEAN, serta merta Mak GracieΒ  yang duduk di sebelah menyenggol lengan saya, sambil menyodorkan kertas bertuliskan…duh, abot diskusine….hihihihi, saya cuma nyengir kuda, sambil terus menyimak kelanjutan sambutan Beliau. Yang inti sambutan itu adalah mensosialisasikan Komunitas ASEAN kepada masyarakat lewat berbagai macam media baik, cetak, elektronik maupun online.

Bp. Ir. Sigit Haryanta, MT

Bp. Ir. Sigit Haryanta, MT

Kemudian dilanjutkan diskusi interaktif yang di panduΒ  moderator Bapak Heru H Subolo, selaku Pejabat Sekretariat Direktorat Jendral Kerjasama ASEAN, yang membuat kita – kita bangga adalah ketika Beliau bercerita, bahwa ternyata setelah ngulik blog, banyak para blogger yang menulis tentang ASEAN. Ya iyalah, kita kan pernah ‘kejar tayang’ lomba menulis tentang ASEAN selama beberapa hari dengan tema berbeda di setiap harinya dan berbonus mendadak menjadi Diplomat kw-kw an. πŸ™‚ #colek Mak Diplomat Indah Nuria Savitri, kalau diajeng keren satu ini,Β  Diplomat asli yang sedang bertugas di negaranya Uncle Sam. Then,Β  suddenly miss her so much ! πŸ™‚

Pembicara yang pertama adalah Bapak Eddi Hariyadi, Beliau Duta Besar, Pejabat Senior Kementrian Luar Negri RI. Jabatannya sudah senior, tapi jangan bayangkan sudah berumur ya, Beliau tampak masih muda dan cute #masih kata Mak Gracie. Karena ini diskusi dengan forum resmi, dengan topik bahasan yang cukup berat bagi saya khususnya, rasa bosan hampir saja mendera, kalau saja tak ada jeda untuk ‘break’ sejenak untuk mengambil snack lagi, padahal sebenarnyaΒ  yang diinginkan secangkir kopi hangat loh ! Biar gak ngantuk ! πŸ˜€

Beruntung bisa hadir di sini, saya menjadi tahu apa itu MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ), apa itu KEA ( Komunitas Ekonomi ASEAN ), dan lain – lain. Indonesia yang sebentar lagi menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang di mulai pada tahun 2015 nanti, akan di hadapkan dengan perdagangan pasar bebas dalam segala aspek bagi seluruh negara anggota ASEAN. Hal ini tentu saja mengharuskan bagi negara kita untuk segera menyiapkan Sumber Daya Manusia yang terampil dan berkualitas agar siap bersaing mengisi pasar tenaga kerja di ASEAN. Untuk hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi instansi terkait karena beragam polemik terjadi di dunia pendidikan saat ini. Semoga dengan pemerintahan baru nanti terwujud sistem pendidikan yang lebih baik lagi.Semoga.

Suasana diskusi yang seru

Suasana diskusi yang seru

Pembicara ke-2 di isi oleh Bapak Iwan Suyudhie Amri, selaku Sekretaris Direktorat Jendral Kerjasama ASEAN. Perbincanngan dengan Beliau sedikit hangat karena diselingi candaan – candaan yang menyegarkan suasana yang sedari tadi serius. Beliau lebih menekankan kepada peran media dan humas dalam menyampaikan berbagai hal tentang Komunitas ASEAN 2015. Beliau berharap ASEAN bukan lagi menjadi kata – kata asing bagi masyarakat awam.

Isu – isu hangat juga di bahas seperti mengenai Komunita ASEAN seperti kabar gembira bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke negara Myanmar, dalam jangka waktu tertentu bisa tanpa visa, sejak penanda tanganan Persetujuan Pembebasan Visa bagi Pemegang Visa Paspor Biasa, antara Menteri Luar Negri RI dan Myanmar pada saat KTT ASEAN ke-24 di Myanmar beberapa waktu lalu. Nah, tuh yang mau ke Myanmar monggo…..:)

Beliau berharap peran media dan humaslah yang nantinya menyampaikan isu – isu positif ASEAN kepada masyarakat dengan cara yang lebih fleksibel dan bersahabat. Di akhir sesi diskusi ada tanya jawab, meski hanya di berikan kepada 3 orang penanya saja, tapi cukup mewakili uneg – uneg kami.

Pertanyaan pertama di sampaikan oleh Mak Lusiana Trisnawati wakil dari KEB, mengenai optimalisasi peran media sosialΒ  seperti twitter, facebook, path, instagram untuk menyampaikan pesan – pesan penting tentang ASEAN. Bagaimana mengolah hal – hal serius mengenai ASEAN menjadi sesuatu yang lebih ringan dan mudah diterima oleh masyarakat. Semisal menciptakan kalimat, tagline atau hestek yang easy listening maupun ear catching, sehingga masyarakat semakin paham tentang ASEAN.

Pertanyaan kedua diwakili oleh Bapak Presentius seorang wartawan dari awak media cetak mengenai peran penting media, sebagai corong utama berita terkini, jangan sampai menyampaikan sebuah berita yang salah dan berbeda. Namun di tanggapi dengan santai oleh Bapak Iwan Suyudhie, bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang dikhawatirkan, justru dengan perbedaan, maka khasanah berita akan semakin kaya, karena mengontrol ketat sebuah berita kini sudah bukan jamannya lagi.

Pertanyaan ketiga di wakili oleh Ibu Rina dari media elektronik yaitu Radio Star, Yogyakarta, beliau menanyakan bagaimana cara sharing informasi tentang ASEAN. Sebagai awak media tentu hal ini sudah menjadi makanan sehari – hari kan ya Bu Rina ? πŸ™‚

Sesi terakhir

Aji mumpung ketemu dengan Bapak Dubes….foto – foto….!!!!

Rekan KEB dan awak media yang hadir

Rekan KEB dan awak media yang hadir

Foto wajib !

Foto wajib !

Ketika Pak Dubes di ajak welfie ! :D

Ketika Pak Dubes di ajak welfie ! πŸ˜€

Iklan

49 pemikiran pada “DINNER BARENG DUBES KEMENLU RI

  1. Aku malah blas gak foto makanannya, Mak. Sekali laper, lupa deh moto-moto. Hihihi. Semoga lain kali bisa dateng acara beginian lagi barengan ya, Mak. Amiinn. Btw tampilan blognya baru ya kayaknya?

    • Percaya kalo laper, lha wong brownies yg begitu besar dan fuul coklat pait aja abis 3 ! hihihihi
      Sip, aku berharap kita slalu bisa datang di event keren begini…
      Iya blognya kuperbarui biar fresh kek dikau.. πŸ™‚

  2. Wah..sempet ya motoin makanannya. Aku tu paling ngga telaten klo motret makanan soale selak keburu pengen di makan.:) kpn2 kalo ke jogja gantian nginep di rumahku mak lies^^

    • Lha itu aja motone makananya udah kusendokin dan berantakan pula, tak sempet2in hihihii, aku juga laper berat !

      Iya, aku mau nginep di rumah Tayo yg asri itu…Insha Allah klo ada acara malam lagi yaaa…

  3. long time no see mak lies… makin takjub ma tulisannya…. aku dah kaku hahhahahahhaha
    seneng ya ikut komunitas yang keren kaya keb. aku kapan ya…. mungkin klo anak2 dah bisa ditinggal kali ya….
    #peyukkk

  4. Ping balik: Oleh-oleh Working Dinner bersama Kemenlu RI dan Pengelola Media di DIY | Segores Pena Phie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s