10 BUKU JADUL DALAM INGATAN


Sahabat blogger,  kali ini saya mau cerita tentang 10 Buku Jadul yang masih segar dalam ingatan, kenapa sik, tiba – tiba bernostalgia kayak gini ! Bukan kenapa – napa, beberapa hari lalu di colek cantik sama sahabat blogger sekampung, yang sudah hijrah ke kota Bandung Mak Uwien Budi. Dari si Mak yang masih muda bingit ini saya di kasih pe-er untuk menulis 10 buku jadul yang pernah saya baca. Duh, pengin tutup muka deh rasanya….pan nanti kalau saya jembreng di sini ketahuan banget, berapa usia saya dan angkatan tahun berapa saya dilahirkan…hihihihi.

But, its no matter…di bilang tuwir ? Sapa takut..hahahaha..Hmmmmm, mulai dari mana ya cerita tentang bukunya ? Begini deh, saya memang dari kecil suka membaca, kalau gak salah semasa TK saya sudah bisa membaca majalah Bobo, jadi saya kenal Oki, Nirmala, Bona dan Rong – Rong sejak TK, begitu masuk SD kenalan sayapun bertambah banyak dari majalah Kawanku, Donald Bebek, Ananda dan si Kuncung ( 2 yang terakhir ini sekarang sudah gak ada ).

Masuk SMP, membaca bukunya makin menggila, setiap jam istirahat bisa dipastikan saya lebih banyak menghabiskan waktu di perpustakaan sekolah, selain membaca Majalah MOP ( Majalah Regional Jawa Tengah untuk SMP ), juga membaca buku – buku angkatan Pujangga Baru, Angkatan 66 dan lain – lain ( lupa ! 😀 ) semacam Roman – roman gitu deh ! Biarpun bukunya jadul dan bau ngengat, tapi ada keasyikan tersendiri membaca cerita – cerita yang menurut saya sebuah karya sastra yang tak lekang oleh jaman. Apa saja sih ? Kalau anak sekarang mungkin sangat asing ya, tapi yakin deh, buku – buku karya lama ini sangat recomended !

1. Siti Nurbaya, karangan Datuk Mojoindo

2. Layar Terkembang, karangan Sutan Takdir Alisjahbana

3. Rindu Dendam karangan JE Tatengkeng

4. Belenggu karangan Armijn Pane

5. Salah Asuhan

6. Sengsara Membawa Nikmat

  lainya lupa..😀

Eh, kok udah 6 aja yah..hihihii, jangan kira saya hanya membaca yang berat – berat loh, serial Lima Sekawannya Enid Blyton, Trio Detektif juga saya lahap habis selain majalah – majalah remaja kala itu seperti Gadis, Mode, Hai dan apalagi saya udah lupa pake banget !

Memasuki dunia SMA….jaman saya masih jamannya Lupus happening bin ngehits deh ! Buku karangan Hilman Hariwijaya ini te o pe be ge te di jamannya. Tahu kan ya, tokoh Lupus tuh, cowok krempeng rambut kriwil berjambul  plus ngelembungin permen karet plus tali tasnya panjang banget sampai kewer – kewer…hahahaha.  Trus buku – buku yang pernah saya baca dan berkesan…..

7. Anak Bajang Menggiring Angin,  karangan Sindhunata, kenapa berkesan ? Selain buku ini setebal batako, isinya penuh filsafat kehidupan, dan bergaya sastra banget, puitis, perlu mikir panjang tapi asyik. Kisahnya kayak kisah pewayangan, pokoknya latar belakang budaya Jawa yang kental.

8. Sayap – sayap Patah, karangan penyair Lebanon Kahlil Gibran

9. Sang Nabi, masih karangan Kahlil Gibran

10. Ronggeng Dukuh Paruk, karya Ahmad Tohari

Nah tuh, komplit ya 10, kalau banyak – banyak, tar yang pada baca pada gak tahu deh, lha wong sayanya angkatan jadul banget jeee…..eh buat yang masih muda dan kinyis – kinyis, jika mau tahu apa yang pernah saya baca itu gugling aja ya….😀

Mak Win, lunas yaaa…PR saya, dapet nilai berapa nih ?

 

29 thoughts on “10 BUKU JADUL DALAM INGATAN

  1. Kalo buku jadul yang saat ini aku baca–> Tenggelamnya Kapal Van der Wijk. Ada juga sih, Robohnya Surau Kami. Tapi, gimana ya mak, buku jadul itu kan kertasnya udah lapuk banget. Jadi, aku sering tertidur deh, kalo lagi baca. Hehhehe….

    • Kertasnya bau ngengat cruil – cruil lagi…ah semoga di baca sama penerbit, kemudian di cetak ulang dengan kualitas kertas yang lebih baik, biar anak cucu kita bisa membaca karya sastra lama yang keren – keren itu…

    • Sepertinya nggak harus yang jadul teh Dey, soalnya saya baca punya temen2 juga bermacam tema.😉
      Tapi kalo mau ambil tema jadul juga nggak papa. Kayak tulisan mbak Lies ini, jadi menambah daftar pencarian buku2 bekas. Jadi nggak melulu memburu buku baru. hehehe😀

      • Hehheee,.. *berasa dinasehati emak
        kalo bagus sih saya udah gak meragukan lagi mak, tapi terkadang bahasa sastranya itu terlalu tinggi jadi saya rada susah memahami *halah EYD aja berantakan mau sok2an sastra😀

  2. Beberapa familiar sama judulnya kayak Ronggeng Dukuh Paruk, Salah Asuhan, Sang Nabi, dan Siti Nurbaya… Yang lain babar blass nggak tau >_< . *langsung guling-guling, eh gugling*
    Oiya, Trims udah recomendasiin buku2 nya ya mbak Lies. Bisa menambah daftar bacaanku ini. Semoga bisa memperkaya rasa😉

  3. Karena baca punya Kahlil Gibran mikirnya lama…hihihihi trus alih bahasanya kadang kaku…#akusringramudeng !😀

  4. Jangan pernah merasa jadul …
    Tidak ada kata jadul untuk judul buku …

    Salam saya (yang lebih jadul …hahaha)
    Buku fenomenal saya berjudul … “Wiro anak Rimba”.🙂

    (3/10 : 1)

    • Hihihihi…Om saya berasa masa kini terus karena terinspirasi dari Om loh !
      Dan Buku Jadul itu tetep berkelas sepanjang jaman…

      Buahahahaha…iyaa Wiro Anak Rimba, happening juga tuuhhh !

  5. Maaak, bacaannya keren-keren.
    Itu 6 judul buku pertama itu aku juga baca tapi karena tugas sekolah sih. Kalo enggak, mana mau aku baca. Pusing.
    Hahahahahhaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s