KALENDER KEGIATAN LIBURAN ANAK – ANAK


Horeee libur……

Mungkin begitu pekik kegirangan dari si Bungsu Raihan yang baru kelas 3 SD, sedang kakaknya karena sudah kelas 3 SMP, jadi harus tetap mengikuti les di sekolahan.

Setelah terima buku rapot kemarin dengan nilai cukup menggembirakan dan rasa khawatir tentang cerita yang kemaren itu lenyap  , nilai hasil test Adek standar – standar saja sesuai kemampuan dia, gak ada perbedaan mencolok dengan nilai ulangan hariannya.

Terus, ya karena musim liburan kali ini Emaknya rada – rada ‘tongpes’ alias kantong kempes, maka liburan kali ini, ya cukup di rumah saja as ussualy selalu berkegiatan yang dekat – dekat dan sesuai lingkungan rumah dan murah meriah tentu saja.:)  Contohnya ? Berikut adalah kalender kegiatan liburan anak – anak yang saya buat supaya mereka tidak bosan.

1.SENIN BERKEBUN

Ah, Mak Lies kalau cerita soal berkebun selalu numero uno deh! Padahal ya…berkebunnya cuma gitu – gitu aja..hihihi. Berkebun merupakan kegiatan outdoor ringan yang diharapkan bisa menumbuhkan rasa cinta lingkungan sejak dini. Selain menambah pengetahuan dan wawasan buat anak, karena jadi tahu proses tumbuh kembang tumbuhan dan jenis – jenisnya.

Belajar menanan benih pohon sawo

Belajar menanan benih pohon sawo

Bahkan jika misalnya memanan sayuran, akan menarik minat mereka untuk mengkonsumsi sayuran yang mereka tanam sendiri, tentu lain ‘rasanya’ jika yang di konsumsi hasil kebun sendiri dengan membeli di pasar. Rite?

kebun mini ada  sawi dan kangkung

kebun mini ada sawi dan kangkung

Yes, berkebun tentu anak – anak akan bermain dengan kotor, tapi sering dengar slogan bahwa kotor itu baik!Benar dengan berkotor – kotor itu anak – anak akan belajar banyak hal, soal pakaian kotor, tak jadi masalah bukan ? Toh, ada sabun cuci ajaib yang siap menghilangkan segala kotoran dan noda yang membandel ! #kedikedipngarepinpaketsabunsatutruk 😀

2.SELASA PRAKARYA

Pernah merasa bangga banget pake tas atau apapun hasil karya sendiri ?Pernah ya…..so, yuk ajak si kecil membuat prakarya di rumah, di mulai dari hal – hal sederhana dan memanfaatkan limbah yang ada di rumah. Membuat celengan dari kaleng susu, membuat tempat pinsil dari kardus – kardus bekas dan lain – lain. Pasti mereka juga punya perasaan sama dengan kita, bangga memakai buatan sendiri.

Layang - layang buatan Adek

Layang – layang buatan Adek

Begitu juga dengan Bungsu kami, atau si Bolang kami menjulukinya, dia juga suka banget membuat mainanya sendiri, layang – layang, mobil  – mobilan atau apapun. Rumah kami kotor memang penuh ‘limbah eksplorasi’ tapi tak masalah jika si kecil  menjadi terasah daya kreatifnya serta  proses kognitifnya semakin berkembang bukan ?

3.RABU MASAK MEMASAK

Sebuah keberuntungan tersendiri ketika kedua buah hati saya suka sekali membantu saya di dapur, terlebih si bungsu. Sedari kecil memang gemar sekali ‘menganggu’ emaknya di dapur, sekarang di usia 8 tahun, cukup mandiri jika kebetulan emaknya tidak sempat masak di pagi hari karena harus buru – buru berangkat kerja. Si kecil dengan sigap membuat omelet mie atau telur dadar kesukaanya, bahkan cukup terampil membuat tempe goreng tepung.

Adek sedang masak omelet mie :D

Adek sedang masak omelet mie 😀

terigu

Bahan adonan kue yang siap tempur

Nah, liburan kali ini saya ajak mereka berdua membuat cemilan – cemilan kue yang mudah seperti donat, wafel, pancake dan lain – lain. Ribet tentu saja, karena selain emaknya tetep cerewet dengan instruksi – instruksi, karena  mereka juga masih semau gue alias suka – suka aja main – mainan bahan kue. 😀 Namun di balik ribet – ribet itu tentu manfaat yang didapat cukup banyak, indera penciuman dan motorik halusnya makin terasah. Dan yang pasti melihat keceriaan mereka di dapur dan melahap kue buatan sendiri dengan penuh antusias adalah  sebuah kebahagiaan tersendiri.

4.KAMIS NOBAR

Siapa bilang Nobar hanya milik orang dewasa kami juga menjadwalkan Nobar juga loh, karena emaknya penasaran banget sama film Frozen yang nge’hits’ itu. Selama ini cuma tahu dari si Sulung yang tiba – tiba suka mendendangkan soundtrack Frozen dan alih – alih minta sprei tempat tidur motif Frozen. 🙂

Kegiatan menonton film kadang – kadang di anggap kurang bermanfaat, namun bagi saya bisa meningkatkan daya imajinasi anak – anak dan membuat mereka terbiasa untuk berpikir out of the box.

Coba deh, ingat – ingat adakah film yang membuat kalian jadi terimajinasi untuk mendesain baju model Cinderella setelah menonton filmnya ? Atau tiba – tiba bercita – cita  menjadi seorang polisi, guru, pramugari, detektif  dan lain – lain ketika habis menonton sebuah  film dengan tokoh utama berprofesi yang saya sebut tadi, semasa  kita kecil dulu.

5.JUMAT MENCUCI ATAU MENYAPU

Lho….liburan kok di suruh mencuci, yang benar saja MakLies! Iya, tak ada salahnya anak – anak dilibatkan dalam kegiatan rumah tangga seperti mencuci, mengepel , menyapu dan lain – lain. Bukan modus untuk memperkerjakan si anak ya, tapi melatih mereka, agar kelak jika harus hidup mandiri sudah terbiasa.

Sering mendengar keluhan para ibu yang mempunyai anak – anak sudah remaja/dewasa tetapi masih menggantungkan orang lain bahkan orangtuanya untuk mengerjakan tugas – tugas intern seperti mencuci baju misalnya. Percaya deh, jika si kecil terbiasa mandiri, kelak dia bisa lebih bertanggung jawab dalam hal apapun.

6. WEEKEND BERSANTAI

Waktunya santaiiiiii………Hayuklah ajak anak – anak bersantai menikmati libur yang selibur – liburnya, mau bobo, baca komik, menonton televisi atau kegiatan apapun. Anak – anak juga butuh relaksasi seperti halnya orang dewasa. Sehingga jika liburan telah usai jiwa raga mereka telah siap kembali untuk berangkat sekolah dan belajar lebih semangat.

Begini nih gaya Adek kalo lagi santai.... :)

Begini nih gaya Adek kalo lagi santai…. 🙂

Eh, itu kegiatan saya selama liburan ini, semoga bisa memberi manfaat yaa….

” Selamat berlibur dan Selamat Tahun Baru semoga di tahun mendatang segalanya akan menjadi lebih baik ” Amin YRA.

TH3

Iklan

20 pemikiran pada “KALENDER KEGIATAN LIBURAN ANAK – ANAK

  1. Jadwal hari Jum’at bisa diganti … jalan-jalan ke Mall nggak ?
    (nawar … )(hahaha)

    Yang jelas … semoga liburan ini anak-anak bisa mengambil manfaat sebanyak-banyaknya …

    BTW : Foto-fotonya makin mateng aja nih Jeng … Keren !

    Salam saya
    (2/1 : 21)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s