MANFAAT DAUN CINCAU


Selamat siang ….sahabat blogger….

Tumben banget ya, siang – siang gini posting yang agak – agak serius judulnya. Sssttt…ini semua berkat kemarin jalan – jalan di kebun depan rumah yang mulai rimbun, liat gitu kok agak gimana gitu, takut ada ular ngumpet di situ. hihihihi.

Musim hujan begini membuat tanaman di kebun menyemak tak terkendali. Lagi asyik – asyik jalan sama pacar pak suami, eh, malah nemu tanaman cincau dua buah. Wih, seumur hidup baru saya lihat tanaman ini lho…duh katrok bener saya ya. 😀 Beruntung setelah  tinggal di desa pengetahuan saya tentang tanaman melonjak drastis dibanding sebelumnya. Haiyaaahhh…ngaku aja kalo sebelumnya emang dudul pelajaran biologi!

 

Ini nih penampakanya..

Ini nih penampakanya..

Iseng deh nanya ini itu sama pak suami, yang pengetahuan tentang tanaman lumayan deh, di banding saya..hihihihi. Malah doi ngajak bikin cincau….yah sapa takut yaa..wong pada dasarnya saya kan doyan masak makan, doyan ngemil dan sebangsanya !

Jadi hari Minggu kemarin kami berdua pacaran di dapur, pak suami asik banget tuh bikin cincau dari daun cincau yang udah dicuci bersih satu piring penuh kemudian  diremas – remas pakai air dingin kurleb 2 liter,  di saring dan di diamkan, tapi aku masukin kulkas ding, biar cepet jadi kata Beliau. Sembari nunggu cincau jadi sayanya bikin sirop gula Jawa dan mlipir ke warung beli santan sunk*r*. 😀

Seketika  inget nostalgia  masa kecil yang minum  es cincau di pasar karena simbah saya yang juragan itu suka ‘nyuap ‘ cucunya dengan es cincau biar cucunya ini, mau bantu – bantu di pasar. 😀 Rasanya yang maknyus kalo orang sekarang bilang  itu  masih ‘nyesep’ di ingatan. Pokoke seger, anyes alami gitu.

Kayaknya memang semesta mendukung hari Minggu kemarin, matahari cukup terik dan rombongan tamu abegeku pada memenuhi teras depan. So, jamuan es cincau siang itu ludes dalam hitungan menit.

Es cincau rasa Jadoel..sapa mau..?

Es cincau rasa Jadoel..sapa mau..?

10933809_10203211189511736_5274193952981628224_n

Belum lagi bungsu saya yang baru  pulang main bola langsung nyruput ..nambah..dan nambah lagi…seger ya Dek ! Eh itu banyak manfaatnya lho Dek, kayak yang Ibu baca di internet di antaranya..

  • Bisa ngobatin demam tinggi
  • Mencegah hipertensi ( buat Bapak cocok nih, Dek hihihihi )
  • Mencegah vertigo nah, ini cocok buat Ibu
  • Mencegah kanker, kolesterol dan maag kronis juga.
  • Mengobati sakit perut.

Emang iya sih, kalo habis maem cincau semua jadi berasa dingin, di mulut, di tenggorokan, di perut, di kepala  dan terutama di hati…#eaaaaa

Gak percaya ? Cobain aja…. 😀

Iklan

23 pemikiran pada “MANFAAT DAUN CINCAU

  1. mbak dulu kami tanam di rumah, dirambatin di teras supaya sekalian jadi penahan sinar matahari
    sebelnya klau sulur2nya kering, jadi kelihatan jelek

    tapi cincaunya emang enak ya mbak

  2. Pernah bikin juga mba. Cuma gak dinginin di kulkas, jadi ya lumayan lama nunggunya. Tapi memakan yang hasil jerih payah sendiri lebih nikmat rasanya *walau ada aneh rasa juga gak peduli*

    Saya baru tahu malah soal manfaatnya Mba. Makasih infonya. Mau cari daunnya sekarang susah. Dan saya masih ngakak baca komennya Mba Nani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s