NGEBLOG DENGAN HATI


Akhir bulan kerjaan numpuk, lama – lama kok ya, jenuh juga…kangen buka blog dan pengin posting apa gitu…Sebenarnya sih, saya sedang puyeng oleh berbagai hal, tapi gak usahlah di share di sini ya…cukup simpan aja di hati terdalam, doakan saya sabar dan kuat menghadapi berbagai persoalan hidup atau cobaan ini ya…#gakbolehpenasaran!

Abaikan igauan saya tadi, kembali ke judul postingan saya, kenapa sih mesti ngeblog dengan hati ? Kalau gak dengan hati tentu postinganya gak bisa ngalir enak ya kan ?

Kata – kata ini juga yang saya dapat ketika mengikuti seminar ‘Passion Blogging’ beberapa waktu lalu di Jogja  Digital Valley yang ada di kawasan Sagan Yogyakarta #deketan sama Bumbu Desa Resto

DSCN0252

Ngeblog dengan hati tentu isi blog sesuai juga dengan isi  hati, suka – suka, dan pake bahasa diri sendiri  Eh, kayaknya saya juga seperti itu lho Mak Indah Juli….ngeblognya juga antara lain berisi, kegiatan sehari – hari, hal remeh temeh tapi asyik, kadang hobi saya yang ‘jeprat – jepret’ sakarepe dewek juga ditulis, trus, motivasi kadang – kadang ikut lomba kalau lagi kumat rajin, kadang juga review produk, lagu, film atau apa ajalah yang saya mau. 🙂

DSCN0253

Mak Indah Julianti Sibarani, pemateri pertama, Emak Sepuh dari KEB yang hits !

Trus  bagi saya, ngeblog itu juga sebagai rekam jejak kehidupan, yang kelak mungkin satu – satunya warisan yang abadi dan di baca oleh anak – cucu saya. Ihik !

Nah, karena saya ini termasuk blogger yang katrok bin gaptek maka melalui ngeblog saya banyak belajar apa itu CMS atau HTML ..itu lho kode – kode kalo kita mau masang banner, halah saya dulu itu masang banner aja sampe keringat dingin mengucur semua saking gak bisanya #pengakuandosa 🙂

Cita – cita mulia kalo udah jadi blogger sih, mau rajin nulis ke media, nulis buku dll dlsb dsb etc ..bla…bla..bla….tapi sayang cita – cita tinggalah cita – cita, kadang nulis postingan aja malesnya minta ampun. Duh !

DSCN0254

Baru sebagian yang tampak hadir…

Padahal ngeblog bisa saja di jadwalkan misalnya seminggu sekali posting yaa….tapi ya itu masih kalah sama males, kalo udah sampe rumah, mandi, ngurusin anak – anak plus pak suami, udah deh, tepar dengan sukses ! Blog ? Tar deh…Besok lagi nulisnya…..begitu teruuuss….kapan jadi blogger sukses kalo begini caranya Mamakeeee.. 😀

Mmmmm….padahal melalui ngeblog kita kan dapat network yang cukup luas, link yang aduhai yang kesemuanya itu bisa menghasilkan duit, iya duit, bahasa kerennya Get Money with Blog . Syaratnya blog mesti bagus, rajin posting, rajin blogwalking plus ninggalin komen dan tentu saja isi blog adalah yang utama ! Conten is the King ! Rite ? #lalusayanutupmukaingetisiblogdirisendiri

Lalu dalam hati saya berbisik, Contoh tuh … Mak Indah Juli sendiri, yang kalo  sekali review produk di hargai sekian dolar yang bisa untuk beli tas merk Dowa kumplit beserta seisinya #kedipinMakInjul

Atau lihat tuh, buku Jomblo Tapi Hafal Pancasila karya Mas Agus Mulyadi atau lebih hits dengan nama Gus Mul. Jangan anggap sepele penampilan pemateri kedua ini lho. GusMul yang asli wong Magelang ini #wehtetanggaandongkita :), ngetop abis, sukses jadi selebblog, udah nongol di tipi segala,  di NET tipi bareng Sule dan Andre. Apalagi di media cetak ato  online , wes biasane deknen ki ! Gak percaya ? Intip aja blognya, asal jangan ketularan candaanya yang suka bilang a*u! Hahahaha.

Tapi asli saya juga salut dengan wong Magelang satu ini, kesederhanaanya justru menjadi daya tarik blognya, selain kecerdasannya dalam membidik cerita berdasarkan fenomena dan segala kondisi yang ada di sekitarnya.

DSCN0255

Mas Agus Mulyadi, Wong Magelangan yang Jomblo tapi ngakunya hafal Pancasila ! 😀

Di sesi ini Mas Agus memberi rahasia suksenya yaitu untuk selalu  membuat postingan semenarik mungkin, bisa disisipi gambar, foto, atau video, pokoknya maksimalkan konten visual. O,ya Mas satu ini juga jago edit foto lho….coba deh buka blognya nanti banyak ditemukan foto – foto hasil editan yang ‘usil banget’ itu dan bikin kita ngekek dewek ! Apalagi isi blognya yang kreatif dan  selalu diselipin dengan candaan segar atau humor yang khas, itu juga merupakan salah satu rahasianya kenapa blognya selalu ramai kunjungan.

Rahasianya lagi, pakelah bahasa yang personal, iya bahasa sakarepe dewek istilah saya. Iya sih emang enak pake bahasa sendiri ya…jadi lupakan dulu Kamus Besar Bahasa Indonesia ! 😀

Topik tulisan adalah sesuatu yang hangat, bisa dari berita atau fenomena di sekitar. Trus, share postingan di berbagai media sosial, karena akan mempunyai efek viral yang sangat dahsyat. Blogpun tenar !

Kabar baiknya lagi Buku ke-2 dari si Mas yang satu ini juga udah ‘mintip – mintip’ mau terbit atau malah udah terbit sekarang, berjudul Bergumul Dengan GusMul, menilik judulnya aja udah menarik, ya kan ? Beli yuuukk !

DSCN0257

Mas Tomi Purba, si Raja SEO, siapa yang gak kenal doi ?

Yap ! Mas Tomi Purba memaparkan tentang perSEOan. Wedew, topik udah makin berat aja yah, secara saya masih newbie. Masih belum paham optimalisi blog dengan SEO ( Search Engine Optimation ), kalo bahasa sayanya, misal postingan kita di search pake Google bisa nangkring minimal di halaman pertama gitu.

Ah, saya paling banter nangkring di halam ke-3 … itupun saya udah memeras cucian pikiran gaspol,  untuk bisa mencapai halaman 3 …Nah siapa yang mau lirik blog saya kalo begini ya….lalu…lalu caranya bijimana dong Mas Tomi ?

Jadi ini nih, kata Mas Tomi rahasinya biar blog kita ‘tercium’ Om Google dan jadi yang pertama di hatinya…#haisshhh !

  • Keyword ato kata kunci sudah ditentukan dari awal.
  • Memasukan kata kunci tersebut pada postingan.
  • Title ( judul ) mengandung 70 karakter.
  • Menggunakan variasi kata yang menarik.
  • Meta discription ( 140 karakter di paragraf I)
  • Konten berisi minimal 250 – 500 kata
  • Ulangi kata kunci 3 – 5 kata
  • Ulangi di paragraf 1,2 atau di awal dan akhir paragraf
  • Kata kunci di link ke artikel yang sama dengan blog.
  • Big No ! untuk copy paste artikel lain dengan kata lain artikel harus unik !
  • Alternative text di setiap gambar——-> Alt Image jika memakai platform WordPress ada di—->Property——>Alt text ——>masukan kata kunci.

Nah itu yang aku dapatkan dari Mas Tomi tapi yang terakhir itu belum saya praktekan, karena belum patio mudeng juga. Hihihihihi.

So, yuk belajar bareng tentang perSEOan…beneran saya belum paham benar tentang ini.

25 pemikiran pada “NGEBLOG DENGAN HATI

  1. trima kasih udah berbagi ilmunya mbak lies…sy yg g ikut seminar jd pham hehe…saya klo ngeblog msh labil kdg make bhs sendri kdg kaku kdg juga malah terpengruh sm bahasa blog org yg sebelumnya saya bw in..hadeuuuhh

  2. Semangat Mbakyuuuuu! Tema materinya mirip postinganku beberapa hari lalu. Blog what you love and love what you blog. Jadinya ga pernah kehabisan ide. Ihik!

  3. Ping balik: BAHAGIA TAK SERUMIT YANG KITA KIRA | Lieshadie's Blog

  4. Kalo ketemu nama kota Yogja, pikiran saya selalu melayang ke Ngayogjazz yang saya hadiri thn 2014. Ketemu juga dengan teman blogger disana. Jadinya ya nonton jazz dan ngobrol dengan blogger yang baru jumpa. Saya tuliskan tentang hal ini di blog saya.

    Acaranya menarik banget. Ah ya, ngeblog dengan hati, saya suka banget dgn istilah ini. Dan mbak Indah itu saya belum pernah ketemu. Cuma sering bersapa saja di twitter.

    Mari tetap ngeblog dengan hati, Mbak.

    Salam dari saya di Sukabumi,

Tinggalkan Balasan

