ILMU MOTRET DARI EMPAT RANA


Sahabat blogger….
Adakah yang senasib dengan saya ? Nasib apa sik ? Senasib jadi istri sholekhah…yang tetap ikhlas menerima fasilitas minim namun berkemauan keras untuk belajar lebih…#helehdigetokmikrofonmesjid.
Emang apa sih fasilitas minim yang dimaksut ? Kalo yang sering mampir di blog ini dan akun pesbuk saya pasti tahu. Iya, bener banget, saya seneng motret apa aja yang di depan mata, tapi..????? Saya Cuma punya kamera saku jadul plus kamera handphone aja. Sedih ? Enggak juga, nyatanya saya bolak balik oplat aplot foto di akun pesbuk, mungkin yang liat ampe boceeennnnnn ! 🙂
Kabar baiknya, bagi yang rajin rajin ‘kepo’in instagram seperti saya, meski gak punya akun tersebut, akhirnya nemu deh buku yang menambah ilmu buat blogger yang punya nasib seperti saya. Hu’um saya nemu buku dambaan manusia macem saya yaitu Buku “LET’S HAVE FUN with Pocket Camera and Camera Phone for Food Photography”

K1

Nah kan, tanpa mikir dua kali, langsung deh beli via Instagram Dapur Hangus milik Mbak Ika Rahma, karena sangat kecil kemungkinan saya bisa menemukan buku keren seperti ini di kota tempat saya tinggal. Walaupun di tokbuk online pun ada, namun saya lebih memilih beli buku di toko milik teman sesama blogger, enak aja gitu rasanya, selain menambah tali silaturahmi, bisa konsultasi mengenai buku yang dibeli dan satu lagi yang penting, saya  seringnya mendapat inspirasi memotret  dari hasil liat – liat aplotan teman – teman blogger dan IGers. Ya kan..ya kan..! 🙂
 Lalu gimana isinya ?
Kumplit plit…sekumplit kalo kita maem gudeg di jalan Malioboro itu…halah analoginya lho yaaa…Udah gitu penyampaianya juga enak, karena yang mbahas juga para blogger perempuan yang berkompeten di bidangnya yaitu Mbak Riana Ambarsari, pasti yang suka baking dan cooking apal lah ya, Beliau selain photographer, baking instructor, homebaker juga mengelola situs web NCC ( Natural Cooking Club), kemudian Mbak Arfi Binsted, Beliau salah satu contributor resep dan foto di Desserts Magazine, Amerika Serikat, juga di artikel RasaMasa Indonesia, meski beliau menetap di Selandia Baru.
Yang ketiga Mbah Dita Wistarini, atau akrab di sapa Mamin, Mbak Dita lama berkecimpung di moto – memoto makanan, kemudian Mbak Citra Kusuma atau di IGnya bisa di kepoin dengan akun @BuCit, Belia juga pengajar di kelas Foodstyling for Home Food Photographer di NCC.
Beliau – beliau ini menamakan dirinya EMPAT RANA yang rela membagi ilmunya ke dalam buku mungil berjudul seperti di atas itu. Saya sih, cocok banget membaca ulasan dalam buku ini, penyampaianya detil di selingi joke – joke khas Ibu – ibu masa kini.
Di awali dengan Pengenalan Kamera Saku Digital, kemudian Fitur – fiturnya, Penggunaanya dilanjutkan dengan Camera Phone. Memang yang di bahas untuk jenis kamera saku dan camera phone yang canggih seperti Iphone 4s, Ipad 2, Samsung Grand Duos…lagi – lagi saya cuma bisa nyengir sambil ngelirik suami..hihihihi. But, no matter that..lanjut belajarnya. Dilengkapi juga dengan aplikasi – aplikasi recommended dari masing – masing camera phone. Ah, makin ngiler aja jadinya…
 Dan intinya tuh, kita harus mengenali betul, dekat semesra mungkin dengan gadget yang kita punya, pergunakan semua fitur yang ada, makin sering mencoba, hasil foto akan lebih baik dan lebih baik lagi. Jadi kesimpulannya seorang photographer cakep itu di tentukan oleh pengalaman dan banyaknya jam terbang memencet tombol shutter, sekalipun hanya seorang yang suka motret ala – ala macam saya.
Trus, juga mengenali cahaya yang ada, baik cahaya alami matahari maupun cahaya buatan dari lampu, dari mana arah datangnya, lembut kerasnya cahaya , juga sudut pengambilan gambar yang pas untuk sebuah obyek foto, juga properti pendukung yang sesuai, jika memotret  makanan.
Pengalaman pribadi menggunakan kamera saku, hasilnya selalu lebih oke jika menggunakan cahaya matahari dan untuk pemotretan metode  high light, detilnya lebih jelas dan makyus menurut saya, berkali – kali mencoba memotret dengan metode low light, kamera saku saya kurang bersahabat, hasil akhirnya justru foto berbintik – bintik kasar. Gimana dong, eikeh..masih perlu belajar banyak yak !
 Etapi, coba ya di setiap  foto  ada BTS ( Behind of The Scene ) nya, kan makin manteb mraktekinnya yaa…#dikeplaksamaIbu2kerenEmpatRana
Betewe eniwei, semua yang ada di buku ini patut di praktekan, dan kalo hasil foto saya kok masih kurang maknyus, makjrot, maknyak atau mak – mak lainnya, ya di maafkeun, berarti sayanya aja yang ‘dudul’, udah ada kamus tapi tetep aja amburadul.
41 pemikiran pada “ILMU MOTRET DARI EMPAT RANA

    • Sik…sik..Mbak Monda emang paling bisa bikin aku kpedean…

      Mbak aku kangen dirimu jee..kapan liburan ke Jogja Mbak ? Yang foto kita berdua di acara Srikandi itu sering buat DP bebehku.. 🙂

  1. Aku juga pake camera saku dan asal jepret aja deh klo moto, di auto aja, dan nggak pake pernak-pernik segala. Pake smarthpone bagus juga ya sepertinya, tapi punyaku hp jadul sih *eeh malah curhat. Kalo foto2 mak lies menurutku sudah baguuuus 🙂

  2. Ada buku empat rana yang bahas foto makanan pakai hape mbak Lies. Iya… pakai HP! Dan keren2 semua. Yow… karena mereka udah luwes banget sih stylingnya. So, pakai alat apapun keliatan bagus.

  3. Belajar menggunakan alat-alat yang sederhana … nanti kalau sudah bisa …
    dan insyaALLAH punya alat yang lebih canggih … saya jamin hasilnya dua tiga kali lebih oke

    Salam saya Jeng
    (6/6 : 26)

  4. Selama sya bca cerita atau pengalaman tentang segla kehidupan yg ada dunia ini 🙂 diblog disini ,. Semua sngat menarik …
    Sy jg penasaran arti nama blog ini .. apakah itu nama asli mbk lies hadi itu sendiri??
    Smga tmbah mengudara blognya…
    Slm kenal by irawan klaten…

  5. Asslamuallaikum wr wb
    Slm kenal sy irawan dr klaten..
    Sy sngat terinpirasi dri blog ini ..
    semoga menmabah ilmu sya 🙂
    tp saya penasran arti nama blog ini apakah nma asli dr mbak lies hadie sendiri kah ??
    hhh
    ada akun FB ato pin biar bisa saling sharing..
    smga blognya tmbah sukses mbak
    suwun

Tinggalkan Balasan

