ALIAN BUTTERFLY PARK


Hujan rintik – rintik sore itu tak menyurutkan langkah kami untuk mampir ke Taman Kupu – kupu yang berada tepat di depan Pemandian Air Panas Krakal di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Rasa keingin tahuan tentang Taman ini ,makin menjadi tatkala melihat bentuk bangunan taman tampak dari luar sekilas mirip istana negeri dongengnya Peri Nirmala dan Oki di majalah anak – anak Bobo.


Membayar karcis Rp.15.000,- per orang, sebenarnya sih Rp. 20.000,- untuk hari – hari biasa, namun karena hari sudah mulai gelap dan cuaca mendung , kami mendapat diskon dari mbak – mbak cantik di Taman Kupu – kupu, eh ya gak tau juga deng, mengapa kami mendapat diskon. Hihihi

SANYO DIGITAL CAMERA

Sambil antri di depan loket saya membayangkan ada banyak bunga dan jenis kupu – kupu yang nanti bisa dibidik pake kamera jadul saya seperti apa yang terpampang di banner di depan loket.
Tapi tunggu…..


Memasuki taman kami hanya menemukan beberapa kupu – kupu, itupun yang sering saya lihat di sekitar rumah, hehehehe, but rapopolah, tetap jalan dan mengitari taman yang sebenarnya sih koleksinya bunganya 11 – 12 sama koleksi saya di rumah. Sekali lagi saya menelan kecewa.
KE MUSEUM KUPU – KUPU
Mengikuti arah jalan keluar taman, kami harus melewati ruangan lagi, ooooo…ternyata museum kupu – kupu. Terobatilah rasa kecewa saya tadi. Di sini bisa melihat berbagai macam dan jenis kupu – kupu yang telah di awetkan baik dari yang sudah langka maupun yang masih ada, juga jenis – jenis serangga dari berbagai macam daerah di seluruh Indonesia.

 


Pengetahuan tentang kupu – kupu dan serangga makin bertambah, mungkin jika tak ada museum ini saya sudah keluar sejak tadi, namun rasanya sayang untuk dilewatkan jika tak sejenak memandangi berbagai serangga cantik di sini yang sebelumnya tak pernah saya ketahui.


FAKTA UNIK TENTANG KUPU – KUPU
1. Kaki sebagai alat indera perasa.
Jika kita manusia dan sebagian besar hewan lainya indera perasa berupa lidah, tidak halnya demikian dengan kupu – kupu, serangga ini merasakan makanan lezat lewat kakinya. Pada saat kupu – kupu menghisap madu/nektar yang memberi sinyal bisa dimakan atau tidak adalah kakinya.
2. Metamorfosis sempurna.
Apa itu metamorfosis ? Mari kita buka lagi pelajaran jaman SD ya…hehehe
Ini bagannya : Telur >Ulat > Kepompong > Kupu – kupu


3. Memiliki mata 12000
Ya, kupu – kupu memiliki mata yang disebut mata Majemuk yaitu mata yang berbentuk seperti belahan bola yang membengkak pada bagian atas kepala.
4. Sayap yang indah
Kupu – kupu identik dengan sayap yang indah yang disebut dengan sayap sisik yang masuk dalam ordo ( jadi inget pelajaran Biologi nih !) Lepidoptera, sayap sebenarnya transparan namun karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis sayapnya jadi terlihat warna – warni.
5. Si Mulut Panjang
Kupu – kupu memiliki mulut panjang yang di sebut Probosis yaitu mulut panjang yang di gunakan untuk menghisap nektar / madu, seringkali kita melihat seperti belalai 2 di mulut kupu – kupu. Beberapa jenis kupu – kupu ada yang tidak mempunyai mulut, mereka bertahan hidup dengan sisa – sisa makanan saat menjadi kepompong.
6. Suhu tubuh
Kupu – kupu tidak bisa terbang jauh saat suhu di bawah 30⁰ Celcius, kupu – kupu bisa terbang ribuan kilometer jika dalam keadaan suhu hangat. Jadi kupu – kupu akan selalu bermigrasi menuju suhu hangat di belahan dunia manapun.
7. Ukuran Kupu – kupu
Setelah menetas dari telur menjadi kupu – kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh 27.000 kali, dan ukuran kupu – kupu berkisar 1/8 inchi sampai 12 inchi. Wow!

Kupu2nya mabur terus gak mau dipoto :D

Kupu2nya mabur terus gak mau dipoto😀

 

Penasaran ingin ke Taman Kupu – kupu ? Ajak anak – anak pasti mereka suka ke museumnya !

18 thoughts on “ALIAN BUTTERFLY PARK

  1. Dapat diskon karena yang datang cantik, mbak. secantik kupu-kupu hehehe. Btw, waktu aku ke taman kupu-kupu memang pernah dibilang, kalau siklus hidup mereka pendek, makanya kalau nggak rajin dibantu konservasi, keberadaannya akan sedikit karena menunggu mereka berubah lagi dr kepompong yang ternyata waktunya lebih lama dari waktu hidup mereka, kasihan ya kupu-kupu hehehe.
    Btw…aku suka fakta unik tentang kupu-kupunya, mbak. Hal baru buat aku. Nice Sharing…

    • Sik …sik…ambil kaca…lalau kacanya pecah dewe…hihihihi
      Tentang konservasi malah aku jadi mikir, di rumahku itu juga banyak kupu2 #maklum tinggal di desa, banyak ulat di sekitar rumah jadinya 😀 bisa jadi ide untuk bikin konservasi kupu2…. kupu2 emang cepet mati, suka banyak di teras kupu2 pada jatuh sendiri..
      Fakta unik kupu2 juga aku baca di pintu masuk taman itu Mbak…dan aku juga baru ngeh…🙂

  2. Museum kupu-kupu rasanya selalu berhasil menahan pengunjung mengamati dan menikmati lebih lama ya. Bagi saya, Jeng Lies juga kupu-kupu persahabatan ramah menyapa sahabat dengan khas renyah. Peluuuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s