Seru – seruan di #ArisanIlmu Jogja


 

Repost Tulisan Mak Ika Koentjoro, siapa tahu ada pembaca blog saya yang pernah atau  akan kulineran di Jogja khususnya ke Resto Maple Tree yang ehem itu…..dan pengin ikut Blogging competition bisa daftar di kolom komen yaa…..

 

12421323_932071666882022_28410300_n

 

Lega rasanya akhirnya bisa menyelesaikan tugas negara tugas menjadi pembicara di #Arisanilmu Emak-emak Blogger, Sabtu tanggal 12 Desember lalu. Fotografi makanan memang selalu membuat saya bersemangat. Tapi.. kalau didapuk jadi pembicara, kok rasanya nggak pede. Soalnya saya belum ahli, masih fotografer abal-abal alias amatir. Apalagi motretnya pakai smartphone. Hmm.. biar keder akhirnya saya mau juga berbagi ilmu dengan emak semua karena di #Arisanilmu ini prinsipnya dari kita untuk kita (para emak blogger). Jadi, yo wis lah di pede-pede in aja 😛

Nggak seperti biasanya, #arisanilmu bulan Desember ini bertempat di Maple. Jadilah tema disesuaikan dengan resto, yaitu tentang fotografi makanan. Hari itu mendung menggelayut sejak menjelang siang. Udah was-was bakalan turun hujan. Nyatanya memang hujan turun. Mana duereees banget ditambah angin dan petir yang menyambar-nyambar. Mana listriknya padam pula. Serem dan mencekam. Pesimis banget bakalan pada dateng.

Sampai di lokasi ketemu sama duo emak Kachan dan Ratri yang sudah duduk di pojok resto. Nggak beberapa lama, muncul mak Injul dan beberapa emak lain. Alhamdulillah, akhirnya kami ber-13 bisa kumpul, makan dan sharing ilmu. Hore…

Acara #arisanilmu kemarin saya isi dengan pengetahuan dasar fotografi seputar ISO, White Balance dan Exsposure. Ilmu dasar yang sering nggak diperhatikan orang yang nggak biasa pakai kamera SLR. Banyak pengguna kamera ponsel yang tidak men-set kameranya saat akan memotret. Biasanya sih asal cekrek aja. Padahal ponsel sekarang canggih-canggih. Bahkan ada smartphone yang bisa nyimpen foto dalam format RAW. Cuman harganya nggak bersahabat sama kantong. 9jutaan lebih. Hiks.

Balik lagi ngomongin ISO dkk, sumber cahaya disekitar kita itu akan memancarkan tone yang berbeda. Makanya kenapa kita perlu men-set kamera ponsel saat ingin memotret. Contohnya, kenapa saat memotret di ruangan yang minim penerangan seperti di cafe si obyek terlihat berwarna kuning.

#arisanilmu

Di acara #arisanilmu kemarin, selain pemaparan saya seputar basic food photography with smartphone, juga ada plating class dari pihak Maple. Kami diajari bagaimana menghias burger dan masakan bebek khas Maple Resto.

Oya, ada 3 voucher makan di Maple Tree Jogja dan 3 voucher MAP buat kamu yang beruntung. Gimana caranya? Cara ngedapetinnya gampang banget.

  1. Tulis review mengenai Maple Tree Jogja. Kamu boleh tulis seputar makanannya, suasana restonya atau apa saja yang membuatmu tertarik datang ke Maple Tree.
  2. Follow IG @Mapletree_Jogja Follow juga IGku ya di @ikakoentjoro
  3. Periodenya cuma 1 minggu, dari hari ini sampai 21 Desember pukul 21.00 WIB
  4. Cantumkan link tulisan di kolom komentar dibawah

Nah, gampang banget kan cara ikutannya. Yuk, ditunggu tulisan terbaikmu ya.

Note: penjurian oleh pihak Maple Tree, saya hanya bagian hore-hore aja 😀

Iklan

14 pemikiran pada “Seru – seruan di #ArisanIlmu Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s