Blog & Blogger, Keep Jepret, Kuliner

Seru – seruan di #ArisanIlmu Jogja


 

Repost Tulisan Mak Ika Koentjoro, siapa tahu ada pembaca blog saya yang pernah atau  akan kulineran di Jogja khususnya ke Resto Maple Tree yang ehem itu…..dan pengin ikut Blogging competition bisa daftar di kolom komen yaa…..

 

12421323_932071666882022_28410300_n

 

Lega rasanya akhirnya bisa menyelesaikan tugas negara tugas menjadi pembicara di #Arisanilmu Emak-emak Blogger, Sabtu tanggal 12 Desember lalu. Fotografi makanan memang selalu membuat saya bersemangat. Tapi.. kalau didapuk jadi pembicara, kok rasanya nggak pede. Soalnya saya belum ahli, masih fotografer abal-abal alias amatir. Apalagi motretnya pakai smartphone. Hmm.. biar keder akhirnya saya mau juga berbagi ilmu dengan emak semua karena di #Arisanilmu ini prinsipnya dari kita untuk kita (para emak blogger). Jadi, yo wis lah di pede-pede in aja 😛 Lanjutkan membaca “Seru – seruan di #ArisanIlmu Jogja”

Keluarga & Anak, Kesukaan, Kuliner

PANTAI MENGANTI, PESONA YANG TERSEMBUNYI


Menempuh perjalanan 2,5 jam dari Purworejo menuju Gombong, patokan saya setelah Gombong kota akan menemukan Rumah Makan Mang Engking Putra dan tak jauh lagi akan ada papan penunjuk ke arah Gua Jatijajar, Gua Petruk,Pantai Ayah dan Pantai Logending kita akan belok ke arah kiri melewati Terowongan Ijo, perjalanan masih tenang aman dan damai di tambah dengan suasana mendung pada hari Minggu kemarin, membuat Bungsu saya terlelap sepanjang perjalanan.

Lanjutkan membaca “PANTAI MENGANTI, PESONA YANG TERSEMBUNYI”

Kuliner, Serba - serbi

#BERANILEBIH : MENANTANG ZONA NYAMAN


“ Saya tahu bahwa setiap perempuan memiliki kekuatan melebihi apa yang bisa di bayangkan “ ( Evita Peron, Pemimpin Spiritual dan Ibu Negara Argentina 1946 – 1952 )
Keberadaan perempuan yang seringkali di kesampingkan, membuat sebagian dari kita para perempuan menjadi sosok yang lemah dan kurang percaya diri untuk ‘tampil’. Padahal di balik kelemah lembutanya tersimpan potensi dan kekuatan yang begitu besar untuk merubah suatu keadaan bahkan kemajuan sebuah bangsa.
Banyak teladan dari para perempuan yang telah membuktikannya, baik tokoh dari dalam negeri seperti RA. Kartini, Dewi Sartika maupun Evita Peron dan masih banyak lagi, mereka semua adalah sosok agen perubahan.
Lalu bisakah saya mencontoh sosok perempuan hebat tersebut di atas, meski dalam skala yang  sangat kecil ?
Lanjutkan membaca “#BERANILEBIH : MENANTANG ZONA NYAMAN”
Kuliner

TUMIS BUNGA PEPAYA


Sahabat blogger…

Lebaran Idul Adha kemarin, tentu masih banyak menyisakan  cerita tentang menu daging kambing atau daging sapi ya ? Demikian juga dengan saya, seisi rumah dengan menu selera yang berbeda – beda, so sayapun menuruti selera orang – orang tersayang, si Bapak pengin daging kambingnya di masak usik ( gurih manis ) dan sate, si Mbak maunya daging sapinya di buat empal, kemudian Adek minta daging sapinya di masak rendang. Nah, karena Ibunya gak punya ART, pas hari H cuma masak sate daging kambing dan rendang daging sapi. Lanjutkan membaca “TUMIS BUNGA PEPAYA”

Kuliner

KUE LEKER YANG MEMANG LEKKER…..


Sahabat blogger…

Masih ingat dengan kue leker ? Kue yang jaman saya kecil dulu yang di jajakan di depan sekolah oleh seorang kakek menggunakan pikulan dan wajan kecil, adonan di tuang tipis – tipis ke wajan kecil sebentar,  kemudian di beri beberapa irisan pisang raja , gula pasir sepucuk sendok kecil dan meises seiprit, kemudian di lipat menjadi dua, di bungkus dengan sepetak kertas kecil..dan nyaammmm …kriuk, legit , enak ! Jaman itu terasa wah sekali maem leker ini, secara leker termasauk jajanan mahal kala itu. Lanjutkan membaca “KUE LEKER YANG MEMANG LEKKER…..”

Keluarga & Anak, Kuliner

SARAPAN KESUKAAN ANAK – ANAK


Sahabat blogger…

Kewajiban pokok saya setiap pagi adalah harus memasak, memasak untuk sarapan pagi sekaligus makan siang, rasa – rasanya kok berdosa kalau saya ninggalin rumah tanpa ada masakan di atas meja makan. Enggak tahu, saya selalu merasa berasalah jika, misalnya bangun kesiangan, lalu gak sempat lagi masak buat anak – anak dan Bapaknya, meski sudah beli di warung makan  yang terenak di desa saya.

Beruntungnya rasa bersalah itu berkurang banyak, karena untuk sarapan pagi anak – anak maupun Bapaknya gak pernah rewel minta masakin ini itu, harus begini dan begitu. Jika di pagi hari banyak waktu luang, saya masih bisa menggoreng nasi atau membuat orak – arik telur buncis atau kol buat sarapan mereka. Tetapi  jika waktunya sempit saya cukup memasak buat makan siang saja, untuk sarapannya cukup roti oles selai coklat, kacang atau keju plus minum susu. Buat bekal sekolah juga sama…hahaha emaknya pemalas ya ? Lanjutkan membaca “SARAPAN KESUKAAN ANAK – ANAK”

Kuliner

BOLU GULA PALEM


Sahabat blogger….

Beberapa minggu ini, saya sedang antusias membuat kue, entah sedang kerasukan chef siapa saya ini, mudah – mudahan sih, chef Arnold yang ganteng tapi bukan sekoteng itu, yang merasuki saya 🙂 #mentang – mentang pernah di kasih hadiah apron dari doi,  plus tanda tangannya…… halah halah baru kek gitu aja, Mak Lies nggaya pooll ! 😀

Padahal nih, yang sebenarnya terjadi adalah rasa malu yang merasuki diri saya tatkala menyaksikan tayangan   Master Chef Junior di RCTI, lha wong bocah se upil -upil, tapi beuuhhh…. dahsyat banget cara dan hasil masaknnya. Saya cuma bisa berdecak kagum sepanjang tayangan itu, dibela – belain mandi cepet di hari Minggu sore, karena takut kehilangan momen – momen mengagumkan dari para bocah – bocah keren itu. Lanjutkan membaca “BOLU GULA PALEM”

Kuliner

BERBURU OLEH – OLEH DI RUMAH KETELA


Sahabat blogger….

Pernahkah mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Jawa Tengah ? Pasti lah yaa…siapa sih, yang belum pernah ke candi yang termasuk 7 keajaiban dunia ini. Kalau dari sana pastinya selalu membawa oleh – oleh buat kerabat dan sahabat. Dengan pangsa pasar wisatawan asing dan domestik tentu beragam pilihan oleh – oleh dari wisata Candi Borobudur sangat komplit, baik dari segi jenis maupun harga.

Meski jarak rumah saya  ke tempat wisata ini cukup dekat, tapi ternyata masih ada yang terselip dari pengamatan saya khususnya tentang oleh – oleh kuliner  yang khas dari sini. Dari jaman saya kecil sampai sekarang  tahunya hanya kuliner gethuk, slondok, ceriping, puthil yang semua berbahan dasar  ketela yang memang terkenal enak dari kota Magelang.

Nah, beberapa hari lalu saya iseng – iseng dolan ke Candi Borobudur dengan tujuan bukan ke candinya, tapi ke pedesaan sekitarnya. Asyik, tentu saja, dengan suasana khas pedesaan, menyempatkan mampir ke warung kupat tahu yang merupakan kuliner khas kota ini juga. Berbincang – bincang sedikit dengan si pemilik warung, ternyata berbuah manis. Dari obrolan yang singkat itu, saya menemukan destinasi baru untuk berburu oleh – oleh dari sekitar sini. Yaitu Rumah Ketela. Lanjutkan membaca “BERBURU OLEH – OLEH DI RUMAH KETELA”