Blog & Blogger, Serba - serbi

STORY BEHIND THE SCENE


Halah, mbaca judulnya aja sok idih banget..hihihi..padahal cuma mau nyeritain tentang kerempongan dan latar belakang kenapa saya  ikutan event #10daysforASEAN yang yang beberapa hari di adakan oleh Komunitas Asean Blogger dan tiap hari  tema nya itu loh  beyaaatttt pemirsah ! Khususnya bagi saya yang cuma tahunya urusan dapur. Hebat deh, yang nentuin tema – tema tersebut, angkat jempol  buat Pak dan Bu Mimin di Asean Blogger. Saya dan peserta lainya kayaknya harus dan wajib bilang WOW !

Sahabat blogger, pasti banyak yang penasaran kan ? Kenapa saya yang emak – emak rempong  ikutan event berat kayak gini, padahal pan biasanya nulisnya sering gak jelas ke mana arahnya. Hahaha. Itu karena di latar belakangi oleh kemalasan yang mendera selama beberapa waktu lalu, tak pernah blogwalking ataupun menulis postingan. Gak tau apa penyebabnya, tiba – tiba aja semangat saya drop – se drop – dropnya. Yang jelas selain memang badan gak fit, pikiran lagi gak fresh. Lanjutkan membaca “STORY BEHIND THE SCENE”

Blog & Blogger, Serba - serbi, Uncategorized

PERAN INDONESIA UNTUK ASEAN ( Jakarta, are you ready ? )


 
Ibukota tercinta  Jakarta !Tema #10daysforASEAN : Jakarta, Diplomatic City of ASEAN
Indonesia adalah negara terakhir yang dijadikan tema dalam lomba Blog #10DaysforASEAN yang diadakan oleh ASEAN Blogger Chapter Indonesia bersama dengan beberapa sponsor di antaranya US Mission.
Untuk tema kali ini dipilih Jakarta, ibukota negara Indonesia, yang juga menjadi markas ASEAN Secretary bertempat di Jalan Sisingamangaraja 70 A, Jakarta Selatan.  Keberadaan markas ASEAN Secretary di Jakarta merupakan suatu kepercayaan bahwa Indonesia bisa menjadi penghubung antar negara-negara anggota ASEAN atau Diplomatic City of ASEAN.
Menurut teman-teman blogger mengapa Jakarta bisa terpilih sebagai Diplomatic City of ASEAN? Apa dampak positif dan negatifnya bagi Indonesia khususnya Jakarta? Kesiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh Jakarta sebagai tuan rumah dari Perhimpunan Bangsa-bangsa ASEAN?

Lanjutkan membaca “PERAN INDONESIA UNTUK ASEAN ( Jakarta, are you ready ? )”

Blog & Blogger, Serba - serbi

OUR PEOPLE, OUR FUTURE TOGETHER !


#10daysforASEAN 9 : Brunei Darussalam

Sudah bisa menduga kan kalau negara yang akan dibahas kali ini adalah negara yang beribukota Bandar Seri Begawan, yang juga juga menjadi negara penyelenggara KTT ASEAN ke-22 pada bulan April 2013 lalu. Dalam KTT ke-22 di Brunei Darussalam itu,  tema yang diangkat adalah “Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan”, dengan pokok perundingan pembangunan badan persatuan ASEAN, dengan tiga pilar yaitu Persatuan Keamanan, Persatuan Ekonomi dan Persatuan Sosial dan Kebudayaan. Pembangunan Badan Persatuan ASEAN itu harus dirampungkan sebelum 31 Desember 2015.

Tema: Dengan ketiga pilar tersebut, bagaimana mencapai tujuan pembangunan badan persatuan ASEAN? Mampukah negara-negara ASEAN mewujudkan Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan?

Lanjutkan membaca “OUR PEOPLE, OUR FUTURE TOGETHER !”

Blog & Blogger, Serba - serbi

EKSPRESI BEBAS TAPI TERBATAS


#10daysforASEAN 8 : Filipina dan Kebebasan Berekspresi. 

credit
credit

Kebebasan berekspresi dan kebebasan informasi di negara-negara anggota ASEAN tidak sama. Beberapa negara, termasuk Indonesia, bebas atau longgar dalam hal kebebasan pers dan kebebasan berekspresi bagi para blogger, yang sekarang ini menjadi salah satu alternatif dalam penyebaran informasi atau jurnalis warga. Tetapi ada juga negara yang mengekang kebebasan berekspresi warganegaranya, dan ada negara yang memenjarakan blogger jika tulisannya menentang pemerintahan negaranya.

Bagaimana dengan Filipina? Apakah Filipina termasuk negara yang longgar dalam kebebasan berekspresi dan informasi bagi para warganegaranya, termasuk blogger atau jurnalis warga?

Sampai juga para blogger jadi tema di #10daysforASEAN, asyiklah hahaha…berasa gimana gitu,,, # hayah sok kepedean banget nih saya, kayak blogger bermutu ajah ! Wes lah yuk ah, kita bahas tentang kebebasan berekspresi kita  di ajang yang sangat keren ini…cekidot ! Lanjutkan membaca “EKSPRESI BEBAS TAPI TERBATAS”

Blog & Blogger, Serba - serbi, Uncategorized

SINGAPURA – MALAYSIA, BERDAMAILAH !


#10daysforASEAN 7 : Singapura dan Problematiknya

Tahun 2015 diharapkan ASEAN menjadi satu komunitas tunggal, yang merangkul seluruh negara di ASEAN.  Namun di antara anggota ASEAN, ada juga yang memiliki sengketa antar negara, terutama terkait dengan perbatasan antar negara. Seperti yang terjadi dengan Singapura dan Malaysia.

Singapura mempunyai sengketa perbatasan dengan Malaysia pada pulau di pintu masuk Selat Singapura sebelah timur. Ada tiga pulau yang dipersengketakan, yaitu Pedra Branca atau oleh masyarakat Malaysia dikenal sebagai Pulau Batu Puteh, Batuan Tengah dan Karang Selatan. Persengketaan yang dimulai tahun 1979, sebenarnya sudah diselesaikan oleh Mahkamah Internasional tahun 2008, dengan menyerahkan Pulau Pedra Branca kepada pemerintahan Singapura. Namun dua pulau lagi masih terkatung-katung penyelesaiannya dan penyerahan Pedra Branca itu, kurang diterima oleh Masyrakat Malaysia sehingga kerap terjadi perselisihan antar masyarakat.

Bagaimana menurut teman-teman blogger penyelesaian konflik ini terkait dengan Komunitas ASEAN 2015? Tulis pendapat teman-teman dalam satu postingan dengan tema di atas. Lanjutkan membaca “SINGAPURA – MALAYSIA, BERDAMAILAH !”

Blog & Blogger, Serba - serbi

LAOS MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN


#10dqysforASEAN 6 : LAOS

‘ Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya.

Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.  Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN ‘

Hmmmmm…membaca tantangan hari ke 6 #10daysforASEAN tadi pagi, membuat keningku makin berkerut karenanya, rasa – rasanya kok, gak bakalan mampu dengan tema berat begini, secara saya nya cuma Emak – Emak yang tahunya cuma bumbu dapur : salam dan laos yang buat masak sayur bening itu. 🙂

Meski masih meninggalkan sisa keraguan, tak patah semangat, mulai gugling sana – sini, untuk mengetahui lebih lanjut  tentang apa dan bagaimana negara LAOS itu. Inilah enaknya menjadi Emak – emak blogger, setiap hari wawasanya selalu bertambah tanpa terasa.

LAOS

Tepatnya Republik Demokratik Rakyat Laos, adalah negara anggota ASEAN yang tergolong masih muda, negara ini masuk dalam komunitas ini baru pada tahun 1997, di mana saat krisis moneter melanda Asia. Negara yang terletak dalam satu pulau di antara negara Myanmar,RRC, Vietnam dan Kamboja.

Laos adalah salah satu negara yang mempunyai kombinasi ideologi komunisme dengan sistem pasar terbuka, setelah negara China dan Vietnan. Laos tetap di kuasai oleh partai tunggal yaitu : Partai Revolusioner Rakyat Laos ( lPRP ), menurutnya lebih baik mempunyai partai tunggal karena akan lebih praktis dalam menentukan sebuah kebijakan. Meski ada beberapa keterbatasan namun itu bukan sebagai hambatan untuk kemajuan Laos, karena mereka mempunyai ideologi yang kuat bahwa partai melayani rakyat dan negara.

Laos dengan wilayah negara yang relatif kecil, terdiri dari daratan tinggi dan rendah yang diselimuti hutan lebat.  Kondisi alam yang bergunung – gunung dengan ketinggian mencapai 2.817 dari permukaan laut. Mekong merupakan  salah satu  sungai besar di Laos sebagai batas negara Vietnam dan Thailand.

Kondisi alam Laos hampir mirip dengan Indonesia, begitu pula dengan iklim tropisnya. Hal ini menyebabkan keanekaragaman hayati  Laos sebagai aset negara yang patut di banggakan. Sektor pertanian termasuk utama dalam menyumbangkan produk domestik / pendapatan bruto penduduknya. Sektor berikutnya adalah pertambangan emas yang sangat berpotensi, namun disayangkan Laos masih minim dengan Sumber Daya Manusia unggulan dalam bidang pertambangan. Tenaga kerjanya masih di datangkan dari negara lain termasuk dari Indonesia.

Sama seperti negara berkembang lainya, pertumbuhan ekonomi baru bisa di rasakan oleh kota – kota besar seperti Vientiane sebagai Ibukota Laos, kemudian di susul Luang Prabang, Pakxe, dan Savannaket.

Perekonomian Laos memang masih jauh  tertinggal, dari negara – negara sekitarnya Pendapatan per kapitanya tercatat 986 dollar AS per tahun. Pendapatan per kapita Thailand tercatat 4.700 dollar AS, Kamboja 700 dollar AS, sedangkan Singapura mencatat pendapatan per kapita tertinggi sebesar 37.000 dollar AS.

Namun dibandingkan lima tahun silam, sekarang kondisinya jauh lebih baik. Pembenahan-pembenahan terus dilakukan. Pertumbuhan ekonomi Laos mencapai 8 persen, selama 2 tahun terakhir, ini adalah sejarah tertinggi bagi Laos, di tandai dengan berbai macam pembangunan seperti salah satunya dengan membangun rel kereta api penghubung ke Thailand sepanjang 3,5 kilometer, juga masuknya perusahaan untuk menanamkan modal ke Laos untuk berbagai macam pembangunan sarana dan prasarana desa maupun kota, meski pertumbuhannya masih berkonsentrasi di sekitar ibukota Laos, Vientiane.

Lanjut, jika posisi saya adalah negara Laos, maka ada beberapa hal yang akan dilakukan antara lain.

Pembenahan Infrastruktur

  • Sebagai negara agraris, pertanian Laos merupakan konsentrasi utama untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya, yang masih dalam tingkat kemiskinan.
  • Potensi tambang emas yang ada di maksimalkan sebagai pendorong kuat ekonomi bagi negara Laos.
  • Peniadaan politik otoriter, dengan harapan, agar pertumbuhan ekonomi lebih optimal dengan berbagai macam pembangunan sarana dan prasarana  ( misalnya : jalan penghubung antar negara, sarana telekomounikasi) yang memadai sebagai modal pertumbuhan ekonomi.

Peningkatan Sumber daya manusia

  • Sarana pendidikan tingkat tinggi yang baik, agar penduduknya tak memilih mengenyam pendidikan di luar negri.
  • Pelatihan ketrampilan siap kerja.
  • Penyediaan lapangan kerja, agar angka kemiskinan bisa segera  teratasi.

Dengan langkah – langkah tersebut dengan harapan Laos dapat mengejar ketertinggalan ekonomi. Hal ini  harus mendapat dukungan dari negara sekitar, terutama dari ASEAN. Karena ini juga sebagai tanggung jawab bersama sebagai sesama anggota  ASEAN. Keberhasilan Laos dalam memacu perekonomiannya akan mempermudah ASEAN dalam mewujudkan integrasi Laos ke dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN, begitu juga sebaliknya Laos bisa ikut berperan serta dalam kemajuan komunitas ASEAN.

Sumber :
Wikipedia
http://www.bbc.co.uk
internasional.kompas.com
Blog & Blogger, Serba - serbi

CERITA DALAM SECANGKIR KOPI


#10daysforASEAN 5

 ‘ Sekarang ini, minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Hampir di seluruh penjuru kota, tidak hanya di Indonesia tetapi juga ASEAN, banyak tersebar gerai kopi. Di dunia, negara penghasil kopi terbesar adalah pertama: Brazil,  kedua: Vietnam dan ketiga adalah Indonesia. Kedua negara terakhir adalah anggota ASEAN. Menuju Komunitas ASEAN 2015 ini, mampukah Vietnam dan Indonesia merebut pangsa pasar kopi dunia? Bisakah kedua negara tersebut menjadi partner produksi kopi, bukan menjadi rival atau saling bersaing ‘

Anda pecinta kopi ? Kalau jawabanya, ya…toss dulu dengan saya ! Ini mungkin berawal ketika saya kecil selalu tergoda untuk  mneyeruput sisa kopi Kakek atau Bapak di meja dapur, jadilah saya  seperti sekarang ini, setiap pagi atau sore hari bersama suami selalu berucap, ngopi dulu yuk ! 🙂 Lanjutkan membaca “CERITA DALAM SECANGKIR KOPI”

Blog & Blogger, Serba - serbi

PERLUKAH VISA WISATA ?


“ Hampir semua negara di ASEAN, telah membebaskan pengurusan visa bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negaranya, namun tidak dengan Myanmar. Kenapa ya, berwisata ke Myanmar tidak cukup dengan mengandalkan paspor saja? Perlu atau tidak visa bagi perjalanan wisata? “

 

credit
credit

 

Sebelum menjawab pertanyaan di atas ada baiknya saya mesti tahu apa itu paspor dan apa itu visa. Meski belum pernah sekalipun bepergian ke luar negeri, tapi siapa tahu suatu saat nanti saya merasakanya, syukur – syukur berwisata juga. Amin. 

 

Lanjutkan membaca “PERLUKAH VISA WISATA ?”

Blog & Blogger, Serba - serbi

BRANDING NATION, BERANI BERBEDA !


Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar atau membaca kalimat : ‘ Kami Ada, Untuk Anda ‘ , ‘ Belanja Puas, Harga Pas ‘ , ‘ Jelas Lebih Enak ‘ , ‘ I Hate Slow ‘, ‘ The World In Your Hand ‘ Commited 2 u ‘ dan  ‘ Melayani Negeri Kebanggaan Bangsa ‘ ? Saya yakin pasti Anda akan segera tahu apa, siapa,  produk apa  yang dimaksud dengan kalimat tersebut. Kenapa kita bisa langsung tahu ? Yap, karena sebuah kekuatan yang selalu menempel di benak kita. Kalimat yang selalu ada dalam Top Of Mind.

Membangun sebuah tagline untuk menjadi kuat, memang bukanlah perkara mudah, namun juga bukan masalah sulit kalau ada kemauan kuat dalam sebuah perusahaan ataupun dalam skala besar, misalnya sebuah negara. Seperti contohnya Malaysia yang sukses membrandingkan Malaysia Truly Asia,  mereka adalah bangsa yang gigih dalam berjuang untuk mengenalkan negaranya pada khalayak dunia dengan taglinenya tersebut. Lanjutkan membaca “BRANDING NATION, BERANI BERBEDA !”

Blog & Blogger, Serba - serbi

SALON – SALON THAILAND BUKANLAH SEBUAH ANCAMAN


credit

Terus terang keikut sertaan saya dalam lomba #10daysforASEAN ini adalah hal yang paling nekad yang pernah saya  lakukan. Selain bluurrr tentang pengetahuan ke ASEAN an, juga kadang saya agak – agak ‘ telmi ‘, untuk menulis hal – hal yang serius gini. But, demi memecut semangat menulis yang sedang drop se drop dropnya, nekad saja daftar ke Mbak Ani Berta, mbak admin cantik dari Asean Blogger. Dan, yup langsung direspon balik.  Semangat ! Lanjutkan membaca “SALON – SALON THAILAND BUKANLAH SEBUAH ANCAMAN”