BULLET JOURNAL : OTOMATIS VS MANUAL


“Mbak Lies, ada workshop Bullet Journal di JCM, ikutan gih, cek WAG, kuota terbatas lho”, begitu WA Mak Irul, salah seorang sahabat blogger yang tinggal di Yogyakarta di last minute penutupan jumlah peserta workshop. Beneran langsung buka WAG, semenit dua menit masih plonga plongo, opo kui Bullet Journal, dikira Mak Irul saya ini mudengan, canggih dan kekinian po, walah babarblas ora……hehehe.

Sejurus kemudian langsung mencari tahu apa itu Bullet Journal atau biar ringkes kita sebut Bujo aja ya…jangan keliru Bojo lho ya….itu mah lain, lalu apa itu Bujo ? Menurut versi saya Bujo adalah catatan penting, baik berupa perencanaan, jadwal ataupun sebagai buku harian yang di tulis secara manual di atas kertas. Di kantor saya juga mempunyai buku agenda yang sering dipergunakan untuk mencatat hal – hal penting yang harus di kerjakan ataupun untuk diingat. Kenapa gak saya tulis di gadget, entahlah ini hanya soal kebiasaan saja sih, padahal sebenarnya di gadget justru lebih kumplit dengan adanya alarm pengingat yang bisa di stel sesuai keinginan.

Dan dalam workshop Bullet Journal yang di selenggarakan oleh Standar Pen hari Minggu di Jogja City Mall kemarin adalah bentuk Bujo kekinian dengan variasi yang lebih kreatif dan inovatif.

Pas workshop kemarin sedikit flash back ke jaman putih abu – abu juga sih, duluuuuuuu…saya juga suka banget coret – coret di buku, yah mirip – mirip Bujo gitu, cuma gak se enak di pandang Bujo jaman sekarang. Iyah Bujo jaman sekarang justru sebagai ajang untuk mengaktualisasikan kekreatifan pemilik Bujo. Handlettering, dodling, crafting dan sejenisnya menambah variasi Bujo.

Gimana, penasaran ?

Enggak lah ya, membuat Bujo itu gampang kok….( padahal kemarin grogi ding hehehe ), kemarin alat dan bahan – bahan di siapkan dari Standar Pen berupa Block Note polos spiral ukurang sedang, iya biar mudah di bawa – bawa dan memudahkan kita untuk update kegiatan ataupun rencana – rencana ataupun apa saja yang menurut kita penting. Kemudian ballpoint jeli dan stabillo dengan berbagai macam warna kertas origami, stiker lucu – lucu, selotip kertas warna – warni, pita – pita tempel unyu – unyu. Gimana saya gak merasa balik ke jaman sekolah kalau kayak gini ya..hehehe.

Lalu apa saja yang mesti di tulis dalam Bujo, terserah saja mau rencana harian, mingguan, bulanan, ataupun tahunan macam Mapping Life gitu deh…eh lha kok tau Mapping Life segala ya. Lhawong bulan lalu ngintip si Sulung membuat Mapping Life sebagai tugas pertama mengikuti PKKMB ( baca : Ospek ).

Dan dalam workshop kemarin sebagai pemula yang baru belajar eh baru tahu Bujo, tentu saya pilih yang simpel – simpel saja setelah beberapa menit bingung mau nulis catatan apa di sana. Tapi beneran saya jadi kepikiran untuk membuat Bujo pribadi biar hidup saya lebih teratur utamanya teratur dalam membayar tagihan – tagihan bulanan yang harus saya bayarkan sesuai tanggal. Haduh..buka aib 🙂

Apa sih manfaat Bujo ?

Seperti yang saya tulis di atas, bahwa Bujo di pergunakan sebagai catatan – catatan penting hal apa saja yang menurut pemiliknya perlu di catat dan diingat. Hanya itu ? tentu saja tidak, Bujo kini telah menjadi semacam gaya hidup, aktualisasi diri, menyalurkan hobi dan mengasah kreatifitas. Dan kabar baiknya, disaat gadget menyediakan segala macam bentuk aplikasi yang otomatis, tanpa menguras isi kepala dan tenaga, Bujo menawarkan alternatif lain sebagai penyeimbang peradaban moderen dengan kembali manual, membiasakan untuk menulis, menggambar, menggunting, melipat, menempel sesuai kreasi masing – masing pemilik Bujo. Gimana seru kan ?

Iklan

4 pemikiran pada “BULLET JOURNAL : OTOMATIS VS MANUAL

  1. Iyo yo mbak, sak jane bujo wes familiar mulai biyen jaman rung ono internet. Kita saja yang gak ngasih nama, njur Om Ryder Caroll yang menamainya buJo. Nek disik mbak Lies yang ngasih nam duluan, bisa jadi skrg namanya bukan BuJo tapi BuLies, hehehehe

    ( kaboooorrr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s