KE KOPENG AJA YUK…


Ketika meeting siang – siang dan  si Bos bilang : ” Lis, besok coba sisir konsumen di daerah Magelang, Salatiga, Boyolali dan sekitarnya ya… “. Ups ! Yang terbayang di benakku langsung keyword’ Kopeng !’ Menurut teman – teman yang pernah ke sana , daerah – daerah yang akan di lewati menjanjikan pemandangan yang mempesona.  Dan aku gak perlu mikir dua ato  tiga kali apalagi sampe sepuluh kali, langsung saja anggukan kepala disertai kepalan tangan  : Yes !

Menyiapkan semua kebutuhan dan perlengkapan buat besok pagi dengan cepat dan demi Tuhan # bacanya gak usah bergaya ala Arya Wiguna yaa ? 🙂  aku belum pernah sekalipun bepergian ke daerah sana. 😛

Keesokan paginya,  dasarnya aku  gak bisa liat pemandangan bagus, sepanjang jalan bibirku cuma berucap Subhanallah tak putus – putusnya. Kenapa dulu aku  gak pernah main ke sini ya ? Menyesal ribuan kali lipat rasanya. Dan kalo ada temenku yang asli  Betawi kebetulan ikut duduk di sebelahku pasti akan nyela  :  Kemane aje loe, Lis ? Norak bener loe !  Dan jawaban kalem yang paling tepat adalah :  Gue cewe matre Bang,  jadinye ke laut aje..! 😀

Hawa dingin menyergap sepanjang dusun Tegalrejo, Pakis, Kaponan hingga Ngablak tak menyurutkan niatku untuk berhenti sejenak mengabadikan deretan gunung Telomoyo, Andong, Merbabu dan Ungaran yang  megah berdiri di depan mata. Meski saltum  tak membawa sweater atau jaket, tak mengurangi semangatku untuk sesekali membuka kaca jendela menghirup segarnya udara dingin  yang berkabut. Brrrr….. !

Meski tak sepenuhnya perjalanan ini untuk berwisata namun setidaknya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, eh sekali perjalanan kerja dua tiga jepretan pemandangan indah berhasil kudapatkan…dan inilah laporan pandangan mata dari  kameraku !

selamat datang, Lis !

selamat datang, Lis !

Ya, foto di atas kupotret dari sebuah kedai kopi sederhana di pinngir jalan,  ketika aku ngotot pengin turun dari mobil beberapa jenak untuk  menikmati indahnya lereng Gunung Merbabu. Rekanku bilang, aku gak boleh turun di sembarang tempat , tar ada yang  ‘lirik – lirik ‘  iseng ! Hih ! Ada ya yang begitu ? Kok ya rada – rada gimana juga  ya..tapi cueklah..yang penting bisa motret. Hehehe    # Lagian juga sadar diri, mana ada sih yang lirik2 sama Emak2 model kayak aku ginih ! Huuuuu…..

Dengan ketinggian dari atas permukaan laut sekitar 1450 m, tentu udara dinginya cocok untuk bertanam bermacam sayuran dan buah – buahan, sepanjang perjalanan yang kunikmati di kiri kanan adalah kebun kol, wortel, kentang, lobak, labu, bunga – bunga dan strawberryyyyy !!!! Cuma sayang karena ini perjalanan kerja jadi ga sempet motret – motret  itu semua deh ! Di maafkeun yak !

Monggo dipilih...dipilih...dipilih...!

Monggo dipilih…dipilih…dipilih…!

Daerah Kopeng yang masuk di wilayah Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang ini, tak cuma menjanjikan surga sayur mayur, buah – buahan ataupun bunga,  tetapi juga rekreasi yang menyenangkan bagi keluarga ataupun bumi perkemahan yang mengasyikan bagi pelajar dan remaja disediakan juga arena outbond yang teduh di antara rimbunya hutan pinus.  Kesejukan yang  menantang adrenalin ! Kayaknya boleh dicoba sekali – kali berflying fox di sini nih !:)

mendadak jadi kelinci nih !

mendadak jadi kelinci nih !

Sapa suka lobak ?

Sapa suka lobak ?

Untuk keperluan rapat atau seminar kawasan inipun terdapat fasilitas gedung yang oke punya. Sederet vila dan hotel dari kelas sederhana sampai kelas menengahpun ada di area wisata Kopeng ini, tinggal menyesuaikan isi dompet bukan ? Yang terpenting ke tempat ini  bersama keluarga tentu lebih aman dan mengasyikan.

Kebun kol, di kejauhan sana  kota Magelang, hayoo mana Gunung Tidar yg cuma keliatan puncaknya ?

Kebun kol, di kejauhan sana kota Magelang, hayoo mana Gunung Tidar yg cuma keliatan puncaknya ?

Di wisata Kopeng ini juga terdapat  wisata alam yang di namakan UMBUL SONGO ( Sumber mata air 9 ), yang konon ceritanya, ditemukan oleh para wali dari daerah Demak, untuk keperluan bersuci atau berwudhu. Umbul Songo terdiri dari  sekitar Tekelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng. Agar Umbul Songo menjadi lengkap maka ditambahkan dari daerah Peng Jero dan Kali Sati. Lagi – lagi akupun tak sampai ke sana, cuma bisa liat dari pintu gerbang Umbul Songo.

kebun tembakau dengan latar belakang jajaran gunung Andong dan Telomoyo yang sebagian tertutup kabut !

kebun tembakau dengan latar belakang jajaran gunung Andong dan Telomoyo yang sebagian tertutup kabut !

Bagi para pecinta gunung, Gunung Merbabu dengan ketinggian 3150 dari permukaan laut adalah pilihan baik untuk menantang keberanian untuk mendakinya, yang bisa di mulai dari perjalanan lewat desa Kaponan atau dari gerbang Desa Wisata. Agak menyesal juga, kenapa masa mudaku dulu tak sekalipun mencoba untuk jadi anak gunung ya…yang ada jadi anak dara yang bisanya cuma bermimpi bertemu dengan pangeran gunung dengan senyuman menawan, yang membawakanku setangkai edelweis bermahkotakan embun pagi. # Halagh !!!

Ada yang tau, ini bunga apa ?

Ada yang tau, ini bunga apa ?

Sahabat blogger, setujukah bilamana kita diberi kesempatan  kopdar, kemudian destinasinya ke Kopeng ?

Iklan

27 pemikiran pada “KE KOPENG AJA YUK…

  1. Sayurannya segar sekali …
    Kebun Kolnya Rapi sekali …

    Suatu saat saya pingin juga ke Kopeng nih …
    Udarannya pasti segar … (dan dingin ini …)

    Salam saya Bu Lies

  2. jalur Magelang-Sala3 lewat Kopeng ini memang sangat menawan. Yang lewat Keteb juga nggak kalah menarik mbak, jalannya juga lebih ‘menantang’ …
    *jadi kangen lewat jalan ini lagi … 😀

  3. Fotonya keren-keren Jeng, Terima kasih Kopeng dipromosikan. Inilah Jeng pandangan obyektif dari pengunjung Kopeng, syukur foto2nya saat berangkat ya, saat kembali ke Purworejo pemandangan Kopeng sudah berkabut. Foto terakhir bunganya foto no 3 dari atas Jeng. Salam

  4. Mbak Priiiihhh…Mbak Peri Kebun yang lembut hati…meski sua via suara aku nyeeess banget Mbak 🙂

    Beruntung motretnya saat berangkat Mbak, pulangnya tertutup kabut plus gerimis..sampe takut, jalanya pelan banget kemarin Mbak..

    Bunga wortel ternyata cantik juga yaa….

  5. Mbak mau nanya… kalau nyari villa di kopeng ada referensinya nggak? buat liburan sama keluarga bulan agustus ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s