LAOS MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN


#10dqysforASEAN 6 : LAOS

‘ Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya.

Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.  Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN ‘

Hmmmmm…membaca tantangan hari ke 6 #10daysforASEAN tadi pagi, membuat keningku makin berkerut karenanya, rasa – rasanya kok, gak bakalan mampu dengan tema berat begini, secara saya nya cuma Emak – Emak yang tahunya cuma bumbu dapur : salam dan laos yang buat masak sayur bening itu. 🙂

Meski masih meninggalkan sisa keraguan, tak patah semangat, mulai gugling sana – sini, untuk mengetahui lebih lanjut  tentang apa dan bagaimana negara LAOS itu. Inilah enaknya menjadi Emak – emak blogger, setiap hari wawasanya selalu bertambah tanpa terasa.

LAOS

Tepatnya Republik Demokratik Rakyat Laos, adalah negara anggota ASEAN yang tergolong masih muda, negara ini masuk dalam komunitas ini baru pada tahun 1997, di mana saat krisis moneter melanda Asia. Negara yang terletak dalam satu pulau di antara negara Myanmar,RRC, Vietnam dan Kamboja.

Laos adalah salah satu negara yang mempunyai kombinasi ideologi komunisme dengan sistem pasar terbuka, setelah negara China dan Vietnan. Laos tetap di kuasai oleh partai tunggal yaitu : Partai Revolusioner Rakyat Laos ( lPRP ), menurutnya lebih baik mempunyai partai tunggal karena akan lebih praktis dalam menentukan sebuah kebijakan. Meski ada beberapa keterbatasan namun itu bukan sebagai hambatan untuk kemajuan Laos, karena mereka mempunyai ideologi yang kuat bahwa partai melayani rakyat dan negara.

Laos dengan wilayah negara yang relatif kecil, terdiri dari daratan tinggi dan rendah yang diselimuti hutan lebat.  Kondisi alam yang bergunung – gunung dengan ketinggian mencapai 2.817 dari permukaan laut. Mekong merupakan  salah satu  sungai besar di Laos sebagai batas negara Vietnam dan Thailand.

Kondisi alam Laos hampir mirip dengan Indonesia, begitu pula dengan iklim tropisnya. Hal ini menyebabkan keanekaragaman hayati  Laos sebagai aset negara yang patut di banggakan. Sektor pertanian termasuk utama dalam menyumbangkan produk domestik / pendapatan bruto penduduknya. Sektor berikutnya adalah pertambangan emas yang sangat berpotensi, namun disayangkan Laos masih minim dengan Sumber Daya Manusia unggulan dalam bidang pertambangan. Tenaga kerjanya masih di datangkan dari negara lain termasuk dari Indonesia.

Sama seperti negara berkembang lainya, pertumbuhan ekonomi baru bisa di rasakan oleh kota – kota besar seperti Vientiane sebagai Ibukota Laos, kemudian di susul Luang Prabang, Pakxe, dan Savannaket.

Perekonomian Laos memang masih jauh  tertinggal, dari negara – negara sekitarnya Pendapatan per kapitanya tercatat 986 dollar AS per tahun. Pendapatan per kapita Thailand tercatat 4.700 dollar AS, Kamboja 700 dollar AS, sedangkan Singapura mencatat pendapatan per kapita tertinggi sebesar 37.000 dollar AS.

Namun dibandingkan lima tahun silam, sekarang kondisinya jauh lebih baik. Pembenahan-pembenahan terus dilakukan. Pertumbuhan ekonomi Laos mencapai 8 persen, selama 2 tahun terakhir, ini adalah sejarah tertinggi bagi Laos, di tandai dengan berbai macam pembangunan seperti salah satunya dengan membangun rel kereta api penghubung ke Thailand sepanjang 3,5 kilometer, juga masuknya perusahaan untuk menanamkan modal ke Laos untuk berbagai macam pembangunan sarana dan prasarana desa maupun kota, meski pertumbuhannya masih berkonsentrasi di sekitar ibukota Laos, Vientiane.

Lanjut, jika posisi saya adalah negara Laos, maka ada beberapa hal yang akan dilakukan antara lain.

Pembenahan Infrastruktur

  • Sebagai negara agraris, pertanian Laos merupakan konsentrasi utama untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya, yang masih dalam tingkat kemiskinan.
  • Potensi tambang emas yang ada di maksimalkan sebagai pendorong kuat ekonomi bagi negara Laos.
  • Peniadaan politik otoriter, dengan harapan, agar pertumbuhan ekonomi lebih optimal dengan berbagai macam pembangunan sarana dan prasarana  ( misalnya : jalan penghubung antar negara, sarana telekomounikasi) yang memadai sebagai modal pertumbuhan ekonomi.

Peningkatan Sumber daya manusia

  • Sarana pendidikan tingkat tinggi yang baik, agar penduduknya tak memilih mengenyam pendidikan di luar negri.
  • Pelatihan ketrampilan siap kerja.
  • Penyediaan lapangan kerja, agar angka kemiskinan bisa segera  teratasi.

Dengan langkah – langkah tersebut dengan harapan Laos dapat mengejar ketertinggalan ekonomi. Hal ini  harus mendapat dukungan dari negara sekitar, terutama dari ASEAN. Karena ini juga sebagai tanggung jawab bersama sebagai sesama anggota  ASEAN. Keberhasilan Laos dalam memacu perekonomiannya akan mempermudah ASEAN dalam mewujudkan integrasi Laos ke dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN, begitu juga sebaliknya Laos bisa ikut berperan serta dalam kemajuan komunitas ASEAN.

Sumber :
Wikipedia
http://www.bbc.co.uk
internasional.kompas.com
Iklan

4 pemikiran pada “LAOS MENUJU MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

  1. Kalau gak ikut tantangan dari asean blogger, saya gak tahu lho Mbak Esti, kalau Laos itu punya banyak persoalan ekonomi dalam negeri. Pantasan mereka diam-diam saja selama ini ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s