JENITRI


ini lho penampakan pohon, buah dan daun jenitri

ini lho penampakan pohon, buah dan daun jenitri

Ada yang tahu dengan kata – kata ‘jenitri’ ? Agak gak familiar ya ? Begitupun denganku, kalo kemarin gak mampir ke rumah Mamak, dan pecicilan mampir kebun belakang rumah, gak bakalan tahu apa itu jenitri. Trus ya biasa brosing ke rumah Mbah gugel, dari sanalah tentu menemukan pencerahan.

Yup, jenitri atau nama lainya ganitri / rudraksha /Elaeocarpus ganitrus adalah sejenis pohon atau tanaman c dengan iri-ciri batang pohon dan cabang-cabangnya berkayu, dengan tinggi pohon sekitar 10-15 meter untuk Jenitri jenis lokal dan sekitar 4-6 meter untuk Jenitri jenis super setelah tanaman mencapai umur kurang lebih 4 tahun.

Pohon Jenitri dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, dari dataran rendah hingga lereng perbukitan. Pohon Jenitri yang tumbuh di tanah yang subur akan tumbuh dengan cepat dengan cabang dan daun yang rimbun.

Daun Jenitri mempunyai ujung agak runcing, bergerigi, tangkai daun sekitar 0.5 cm lebar daun sekitar 4 cm dan panjang hingga 16 cm, berwarna hijau ketika masih segar dan secara bertahap akan berubah menjadi hijau kemerahan hingga merah seluruhnya setelah daun menjadi tua dan kemudian gugur.

Bunga Jenitri bunga majemuk, bentuk malai, di ketiak daun, mempunyai tangkai 0,5 cm, daun kelopak bulat telur memanjang, agak runcing, warna hijau pucat atau kemerahan, dari luar berambut, daun mahkota warna kuning atau putih kehijauan.

Buah Jenitri pada umumnya mempunyai bentuk bulat bola, kulit buah halus warna hijau ketika masih muda dan biru tua ketika buah sudah tua. Besar kecilnya buah bervariasi, dengan diameter buah antara 0,5 cm hingga 2 cm. Bila kulit buah terkelupas, tampak biji Jenitri dengan batok yang bergerigi bagian luarnya, mempunyai relief seperti biji pepaya. Biji Jenitri yang sudah tua dan kering.

Pohon jenitri yang di tanam oleh Bapak di kebun belakang rumah ini, adalah hasil iseng – iseng Bapak yang tertarik dengan nilai ekonominya yang katanya termasuk tinggi. Bapakku cerdas finansial ya ? Hehehe…Karena biji jenitri ini selain di jual di dalam negeri juga untuk di ekspor, harga jualnyapun di hitung perbiji, di sesuaikan dengan kualitasnya. Bila kualitas bagus tentunya harganya mahal..haaaaa… ! Asik bukan ?

biji jenitri kering, harga juga ditentukan oleh jumlah lekukan ( mukhi) juga loh ! ajaib ya ?

biji jenitri kering, harga juga ditentukan oleh jumlah lekukan ( mukhi) juga loh ! ajaib ya ?

Lebih jauh, sebenarnya buat apa sih biji jenitri itu ? Jebulnya alat penghitung doa seperti tasbih yang kita pakai, atau rosario buat umat Nasrani danΒ  Mala itu terbuat dari biji jenitri. Ada juga yang di buat untuk alat kesehatan misalnya untuk alas kaki kesehatan, atau untuk bantal sandaran mobil.

Itu baru kegunaan bijinya, belum lagi kegunaan pohonya yang tentu saja cocok untuk penghijauan lingkungan, kayunyapun berkualitas setara dengan kayu mahoni. Daunnya di olah untuk menjadi minyak jenitri untuk keperluan farmasi dan kosmetik.

Sahabat blogger, adakah yang tertarik dengan budidaya tanaman jenitri seperti Bapakku ? Boleh tuh saling bertukar pikiran… πŸ™‚

#notes :

sumber : http://jenitri-group.blogspot.com/ dan berbagai sumber lainya.

Iklan

65 pemikiran pada “JENITRI

  1. Saya baru tau tumbuhan ini …
    dan saya pun baru tau bahwa ini bisa dijadikan biji tasbih / rosario …

    Terima kasih infonya Bu LIes

    salam saya

  2. Bagus buahnya warnanya biru ya Mbak hehehe
    Wow ekonomis banget Mbak kalo banyak manfaat dan kegunaannya gitu apalg yg utk industri kosmetik dan farmasi itu ya πŸ™‚

  3. biasane orang india yang nyari buat upacara pemakaman
    okeh di kebumen tapi masih jarang yang bisa bikin buahnya sekecil mungkin biar harga jualnya lebih mahal

  4. Suka dengan penampilan tumbuhan jenitri ini, daun kemerahan, bunga putih cantik serta buah kebiruannya. Sukses tuk bisnis jenitri ayahanda ya Jeng. salam

  5. bila rekan rekan ada yg minat biji ganitri bisa call hp [081`327917423] saya ada berbagai bentuk dan ukuran dari ukuran 4mm ampe 50mm harga laen laen

    • hallo mbak melisa …sya punya ready stock jenitri papuan versi mukhi 6-10 size 20mm up….. jikalau…mbak berminat call contact:081558531367 atau email (readone009@gmail.com) …slam sukses

  6. Beli biji jenitri :

    Ukuran 20-25mm harganya 250.000 perkilo
    Ukuran 26-30mm harganya 10.000 perbutir

    Kualitas bagus dan sesuai kriteria saya, barang saya angkut semua.

    Hubungi
    Denny
    085213872782
    Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s