Keluarga & Anak, Kesukaan, Kuliner

RESEP ES KRIM HUNKWE COKELAT


Kedua buah hati saya,  sangat menyukai es krim terutama yang rasa coklat. Si Bungsu Raihan ( 7 tahun ) hampir setiap hari mengkonsumsi es krim, baik yang beli di minimarket ataupun beli di abang – abang yang berjualan keliling. Karena saya ibu yang bekerja penuh waktu, jadi agak susah mengontrol makanan ataupun jajan yang dia konsumsi pada siang hari. Rasa kuatir akan jajanan tidak sehatpun sering mampir dalam benak saya.

Untuk itulah setiap hari libur atau waktu luang, sebisa mungkin untuk membuat cemilan sehat buat anak – anak.

Karena mereka menyukai es krim, maka cemilan yang sering saya buat tentu saja kesukaan mereka. Membuat es krim yang mudah, murah dan sehat adalah sebuah tantangan bagi saya yang tidak begitu jago di dapur. 😦

Setelah mengobrak – abrik kumpulan  berbagai macam resep makanan dan minuman dari beberapa tabloid, yang saya kliping. Akhirnya menemukan juga resep es krim yang menurut saya sesuai kriteria, yaitu mudah, murah dan tentu saja sehat, karena berbahan baku susu yang jelas asupan makanan paling sehat bagi anak – anak. Resep saya utak – atik sendiri, sesuai kemampuan memasak saya yang di bawah standar ini.  Hehehe

Ini dia resep hasil kreasi saya :

BAHAN :

  • Susu Cair Frisian Flag rasa cokelat           500 ml
  • Tepung hunkwe putih                                  1,5 sendok makan
  • Kacang hijau direbus  sampai empuk            50 gram
  • Gula pasir                                                200 gram (  bisa dikurangi 50 gram, karena susu Frisian Flag sudah manis )
  • Garam secukupnya
  • Wafer krim coklat secukupnya
  • Wafer stik cokelat secukupnya

bahan es krimCARA MEMBUAT :

  1. Rebus 450 ml Susu Cair Frisian Flag, gula dan garam hingga mendidih.
  2. Larutkan tepung hunkwe dengan sisa susu hingga larut.
  3. Tuang perlahan ke dalam rebusan susu sambil terus di aduk hingga mendidih. Angkat.
  4. Masukan kacang hijau rebus, aduk rata.
  5. Tuang dalam wadah plastik, masukan dalam freezer hingga beku.
  6. Keluarkan es krim, keruk dan masukan dalam gelas saji. Sajikan dengan toping wafer cokelat.
hmmm..yummy !!!
hmmm..yummy !!!

Hmmmmm…yummyyyyy…..!!!        Bagaimana ? Membuat cemilan sehat itu mudah bukan ? Selamat mencoba….o, iya ini untuk  4 porsi saja ya…

es krim buatan Ibuku enak dan sehat lhoo !!! :)
es krim buatan Ibuku enak dan sehat lhoo !!! 🙂

25 tanggapan untuk “RESEP ES KRIM HUNKWE COKELAT”

  1. Cemilan buatan Mama rasanya pasti lebih istimewa ketimbang beli di luar. Satu lagi rahasianya, bisa makan sepuas2nya..Kalau beli, habis kan mesti minta duit dulu untuk beli lagi ya Mbak Lies 🙂

Tinggalkan komentar