JAWABAN TESNYA UDAH TAHU !


Hari ini Senin, 8 Desember 2014, kedua bocah saya menjalani tes semester, gak ada yang aneh sih, seperti tes – tes semester yang lain. Pagi hari seperti biasa juga rempong ngurusin kedua bocah yang satu SMP yang satu masih SD. Keduanya semalam sudah belajar, meski sesekali, emaknya memergoki si Sulung bolak – balik ganti status BBM. Pas emaknya masuk kamarnya tanpa ketok pintu dan memperingatkanya, cuma di balas dengan nyengir di balik buku yang sedang di bacanya. Dalam hati berharap dia belajar beneran, gak cuma untuk mengelabuhi emaknya.

Menghadapi anak remaja sekarang yang tak bisa lepas dari gadget itu susah, di larang keras,  salah terlalu permisif juga fatal. Jadi emaknya cuma bisa elus dada, dan bergumam lirih..woles..woles.. :D. Sedang si Adek bukan duduk manis belajar di mejanya, tapi pecicilan kesana – kemari. Emak – Bapaknya cuma geleng – geleng kepala, dan sempet ribut kecil, ini pada tiru siapa sih ? 😀

Di sela menyiapkan sarapan dan bekal makanan sekolah mereka, iseng saya tanya, sudah siapkah dengan tes hari ini. Keduanya mengangguk yakin, malah si Adek nyeletuk, “Adek, kan udah les di Bu Guru, kemarin jawaban soalnya udah di kasih, “Hah!”, asli sendok yang masih saya pegang hampir meloncat.”Adek, kalo ngomong yang bener dong, masak iya jawaban A,B,Cnya udah di kasih tahu Bu Guru?”. Dengan wajah tanpa dosa dan tak peduli dengan berondongan pertanyaan emaknya, diapun menjawab,”Iya, yang soal romawi 3 ( III ), cara njawabnya di kasih tahu, yang jawabanya panjang – panjang itu, lho Buk”.

Adek yang masih 8 tahun itu, tetap asyik dengan sarapan paginya, sedang kepala emaknya tiba – tiba kliyengan, apa bener nih, kata si Adek, cuma di kasih tahu cara menjawabnya atau justru  jawabanya. Trus, apa gunanya tes segala kalau begitu ya, apa manfaatnya dengan kurikulum 2013, yang ‘heboh’ itu! Karena membuat guru dan murid – muridnya juga kliyengan seperti saya tadi pagi.

Apapun kata Adek, saya tetap penasaran dan tak sabar menunggu hasil tesnya yang biasanya di bagikan setelah tes berakhir, jika nanti jawabanya betul semua  dan sempurna perlu saya tanyakan lebih lanjut, tapi jika jawabannya salah dan tak sempurna justru itu yang saya harapkan, dengan demikian memang betul kata Adek,  Bu Gurunya cuma memberitahu cara menjawabnya, bukan jawabannya.

Iklan

19 pemikiran pada “JAWABAN TESNYA UDAH TAHU !

  1. Mudah2an begitu ya… mbak Lies , adek hanya salah mengartikan maksud ibu guru…:)

    Kalaupun betul jawabannya, bisa jadi juga adek memang pinter mbak Liees… Jd hrs cek und recek teaaa hehe

    Mudah2an ibu gurunya mementingkan proses belajar mengajar yg baik tinimbang hasil yg instan..

  2. Mungkin harus dirujuk dulu keterangannya. apa benar yang dikatakan adek dengan informasi bu guru. Saya yakin semua guru ingin muridnya cerdas, bukan hanya bernilai (berangka) tinggi saja

  3. Waduh …
    Mohon maaf saya mau tanya Jeng … itu anak-anak les ke guru … ditarik iuran les nggak ?

    Mudah-mudahan yang dikasih tau itu cara menjawabnya … bukan jawabannya ya Jeng

    salam saya Jeng
    (8/12 : 15)

  4. sebetulnya kejadian guru sekolah yang memberi jawaban soal ujian kepada murid2 yang ikut lesnya itu udah cukup sering saya dengar. Tidak hanya saat kurikulum 2013 aja. di jaman kurikulum2 sebelumnya juga begitu.

    Tapi, saya sebatas mendengar aja, sih. Itupun kejadiannya bukan di sekolah anak-anak saya. Jadi, gak bisa membuktikan juga, Cuma, pertanyaan saya juga mirip kayak Om NH, ditarik iuran untuk les, gak? Karena kalau yang sering saya dengar, yang ikut ujian dan mendapat kisi jawaban itu lesnya berbayar. Ya, walopun gak semua begitu, ya. Sekali lagi saya cuma dengar2 hehe

    • Bener Mak aku juga sering dengar, dan kejadian pagi itu menohok banget..

      Adek les di Bu Gurunya enggak di pungut bayaran, dan tadi pagi saya tanya dengan hati2 sama Adek, Ibu Gurunya ngasih tau jawaban atau cara menjawabnya…alhamdulillah cuma ngasih tau cara menjawab pertanyaan esai, yg kadang2 memang untuk seusia Adek memang belum mudeng 😀

  5. Selamat tes ya mutiara2 Bunda Lies
    Semoga kekhawatiran Jeng Lies dan kita semua tak terjadi, para pendidik mengedepankan proses belajar mengasah kelantipan siswa.
    Salam hangat

  6. Nah lhoooo…
    Mudah2an sih gak begituh yah mbaaaak…
    Aku kan jadi ikutan sedih bacanya kalo sampe kejadian

    Semoga aja para pendidik anak2 kita dapat lebih mementingkan proses pembelajarannya daripada sekedar nilai yah mbaaak…

  7. Ping balik: KALENDER KEGIATAN LIBURAN ANAK – ANAK | Lieshadie's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s