LOMBOK SAMA BERAS PENTING MANA ?


Hayooo..buat para emak – emak bin ibu – ibu, jawab pertanyaan saya di atas ? Penting semuanya bukan ? Tapi hari Minggu kemarin Pak suami saya menggerutu begini,

“Wong umah – umah kok ra duwe lombok!” ( baca : Orang berumah tangga kok, gak punya lombok/cabe! ) mukanya yang harusnya ganteng itu tiba – tiba jadi jelek bingit, pas ngomong begitu saat nemenin saya di dapur. πŸ˜€

Saya cuma mecucu (manyun) doi protes begitu, lha wong harga lombok sekarang kan bukan naik lagi tapi ganti harga bukan ? Kek ganti menteri trus ganti peraturan juga, demikian juga dengan khasanah perlombokan ! Saya pikir daripada uang buat beli lombok kan mending dibelikan beras, lomboknya bisa nanem sendiri di kebun belakang rumah. Namun, ya sutralah saya tetap menyanggupi permintaan suami untuk dibikinin sambel goreng buat di ‘batle’ sama sayur lodeh nangka mudaΒ  dengan lauk ikan asin untuk menu siang itu.

Tapi ya, nasib memang lagi apes, tadi pagi masih bisa lihat kebun lombok saya ada satu – dua yang merah – merah, siang itu udah amblas entah kemana. #efeklombokmihiljadimengundangselerauntukdipetikgaktausiapa :D. Ya, sud, saya mesti kabur ke pasar sebentar demi pak suami tercinta, takut tar gantengnya ilang digondol tikus!

Eh, ssttt…tapi saya juga mau cerita tentang irit dan pelitnya saya mengenai dunia perdapuran, lihat dulu foto – foto di bawah ini yah ! πŸ˜€

Tuh, lomboknya tinggal yg masih ijo !

Tuh, lomboknya tinggal yg masih ijo !

demi dapur tetap ngebul, harus irit bin hemat, sawi nanem sendiri, buat bikin mie ayam kan leker ! :D

demi dapur tetap ngebul, harus irit bin hemat, sawi nanem sendiri, buat bikin mie ayam kan leker ! πŸ˜€

Suka ca kangkung atau plecing kangkung ? Assedaaap, makanya aku nanem dewe ! :D

Suka ca kangkung atau plecing kangkung ? Assedaaap, makanya aku nanem kangkungΒ  dewe ! πŸ˜€

Nah, kan sudah jelas banget kan, tanpa saya ceritapun udah pada tahu, ayayayayayaya…untuk memenuhi segala kebutuhan dapur, inginnya saya apa – apa nanem sendiri, meski pak suami bilang saya orangnya ‘tangannya panas’ karena kalau nanem apa – apa suka gak hidup, buktinya tanaman terong, tomat dan lain dan lain lain mati tak tersisa. Tapi kan saya bandel tetep aja rajin nanem – nanem, eh bukan rajin ding ! Kepepet tepatnya. Hihihihihi. Biar irit bin hemat, emak blogger kan mestinya smart kan ya? Halaaaahhhh ! Preeet !

Karena itu sayang aja, melihatΒ  pinggiran kolam ikan di biarkan polos gitu aja, di taruh beberapa polybag kan jadi lumayan bermanfaat, kalo mau nyiram – nyiran juga mudah tinggal ‘nyiduk’ air dari kolam ikan.

O, ya itu yang di kolam ituΒ  ikan bawal dan gurami di situ, kalo kolam ikanΒ  lele ada di sebelahnya, so kalo sahabat blogger mau main ke rumah dan pengin bakar – bakar ikan tinggal nyerok aja yah ! πŸ˜€

Kembali ke kisah ‘sambel goreng’ yang nyaris gagal, akhirnya saya ke pasar cuma beli lombok doang seperempat kilo seharga Rp. 16.000,- , sebelum pengsan di tempat saya keburu ngacir balik ke rumah dan memenuhi permintaan suami,Β  demi keluarga aman tentram harmonis dan damai, siang itu kami menikmati makan siang komplit nasi, sayur lodeh nangka muda, goreng ikan asin ditepungin, ayam goreng (tapi yg ini malah gak laku) terus sambel goreng ! #sayang saya lupa motret ! Keburu kami laper, teman – teman ! πŸ˜€

Iklan

34 pemikiran pada “LOMBOK SAMA BERAS PENTING MANA ?

  1. Mba Liiis. Sama kayak sayah *sok nyama-nyamain. Di rumah lomboknya sueger. Kangkung juga. Pohon belimbing lagi buah. Jambu biji juga. Belom punya sawi nih saya Mba Lies. Hihuhi

  2. Tapi beneran lho mbak Lies, ngga ada cabe itu ko rasanya hambaaar… pokoknya harus ada yg pedes-pedes deh… Makanan bule pun wajib gigit cabe rawit atau pake sambel hehe

    Saya juga nanem kangkung, tomat, timun… Cabe rawit, habanero dll kalau musim panas mbak Lies… Eeeh lupaaa kangmas yang naneeeem hihi

    Jadi emak itu harus cerdas yoo…
    Saya sekarang jualan tiap akhir pekan, dan alhamdulillah laku πŸ˜€

  3. Hahaha…
    Di rumahku ga ada yang bahas harga cabe =))
    Karena jarang bikin sambel πŸ˜›
    Aku bahkan ngga makan cabe samsek πŸ˜› πŸ˜›
    Tanganmu sepanas apa Mbak?

  4. cara nanemnya gimana ya mba? Sudah punya niat dari lama nih pengen punya kebun sayuran, meski lahannya sempit. Tapi kelupaan terus. Bingung mulai dari mana. hehe…
    Seger banget liatnya…

    • Aku pake campuran tanah subur + pupuk kandang + kulit padi ( beli di penggilingan padi ) perbandinganya kira2 1:1/2:1/2 aja Mak, trus diamkan dulu selama 3 hari, kemudian baru deh tanam bibit cabe, tomat, terong, sawi, kangkung dll..beli di toko pertanian banyak pilihan Mak..beli bibitnya yang kualitas terbaik, pengalaman aku beli bibit beberapa kali ada yg susah tumbuh dan jelek..

  5. Aku sekarang jarang masak Mak Lies.. jadi nggak terlalu terpengaruhi harga cabe. Mak, coba cipinggir kolamnya ditaruh paralon gede dibagi 2, biar keliatan rapih nanemnya dan bisa buat pinggiran kolam juga.. πŸ™‚

    • Sibuk ya MakFit….lho kalo beli sayur matengan kan mihil lho….
      Iya pake pralon emang rapih, cuma aku punya banyak polyback dan karung bekas beras raskin, sayang klo gak diberdayakan….Mak aku di rumah punya kebun bibit pohon buah macem2, jadi punya banyak polyback, nah itu limbahnya aku pake nanem sayur mayur….hehehe

  6. Ping balik: Belajar Bercocok Tanam | pitaloka89

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s